50 Beasiswa S1 Luar Negeri Terpopuler Bagian 2: Australia, Timur Tengah, dan Eropa

Informasi penting buat kamu yang mau kuliah di luar negeri. Berikut daftar beasiswa untuk kuliah ke Australia, Timur Tengah, dan Eropa. Sayang banget kalau sampai kelewatan!

Australia

26. Australia Award Scholarship

Masa pendaftaran: Mei - Juni

26

Australia Award Scholarship (AAS) adalah salah satu beasiswa internasional yang paling populer. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa di seluruh penjuru dunia yang ingin melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi terbaik di Australia. Beasiswa ini tersedia mulai dari untuk jenjang diploma, sarjana (S1), master (S2), dan doktor (S3).

27. Monash International Merit Scholarship

Masa pendaftaran: Oktober - Juni

Monash University Australia membuka kesempatan kepada pelajar internasional untuk menempuh pendidikan ke jenjang S1 dan S2 di universitas tersebut dengan gratis. Serunya, pendaftaran untuk beasiswa ini dilaksanakan dalam 6 periode dari bulan Oktober sampai Juni, yang artinya kamu nggak perlu sampai takut kelewatan!

28. The Endeavour Scholarship and Fellowship

Masa pendaftaran: Mei - Juni

Pemerintah Australia menyelenggarakan program beasiswa yang terbuka bagi para pelajar seluruh dunia, termasuk Indonesia, sejak tahun 2003. Dari kelima program beasiswa yang disediakan, program yang bisa diikuti oleh para lulusan SMA/sederajat adalah program Endeavour Vocational Education and Training (VET) Scholarship dan program Endeavour Excecutive Fellowship.                               

29. Adelaide International Undergraduate Scholarship

Masa pendaftaran: Mei - Juni

Beasiswa ini diselenggarakan oleh University of Adelaide dan ditujukan bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan S1 ke Australia atau New Zealand. Program beasiswa ini dilaksanakan setiap tahun dan hanya memiliki kuota sebanyak 45 orang per tahunnya. Hampir semua program studi bisa diambil dengan beasiswa ini, kecuali program studi Kedokteran, Kesehatan Mulut, dan Biosains.

30. The Macquarie University Vice-Chancellor’s International Scholarship

Masa pendaftaran: Januari (gelombang 1), Juni (gelombang 2)

Beasiswa ini menyediakan pembiayaan studi parsial bagi mahasiswa internasional yang ingin menyambung studi ke jenjang S1 di Macquarie University North Ryde, yang nominalnya tergantung dengan biaya studi di program studi kamu. Tentunya, beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang berprestasi dalam hal akademis.

Timur Tengah

31. Qatar University Undergraduate Scholarship (Qatar)

Masa pendaftaran: Januari - April

31

Qatar University menyelenggarakan program beasiswa penuh ke jenjang S1 bagi pelajar internasional. Terdapat 11 program beasiswa yang bisa dipilih oleh calon pendaftar sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi yang dapat dipenuhi. Meskipun kuota per tahunnya sangat banyak, persaingan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini termasuk sangat ketat, lho!

32. Visiting Students Research Program (Arab Saudi)

Masa pendaftaran: September - November

King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) menyediakan program magang riset di bidang sains dan teknik bagi para mahasiswa S1 dan S2 yang ingin melakukan penelitian singkat selama 4-6 bulan di universitas yang bersangkutan. Selain syarat-syarat umum, syarat utama untuk bisa mendapatkan beasiswa ini adalah usulan/proposal riset pada program studi yang diambil.

33. Beasiswa Pemerintah Arab Saudi (Arab Saudi)

Masa pendaftaran: Februari - April

Pemerintah Arab Saudi melalui Shunduq al-Khariy at-Ta’ilmiy menyediakan banyak program beasiswa bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi 23 universitas terbaik yang ada di Arab Saudi ke jenjang S1, S2, dan S3. Ada 2 cara untuk mendaftar diri ke beasiswa ini, yaitu dengan mendaftar secara langsung di salah satu universitas yang terdaftar, atau mengajukan permohonan kepada kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kerajaan Arab Saudi yang ada di negara asal.

34. Beasiswa ke Sudan, Mesir, Maroko dan Lebanon dari Kementerian Agama

Masa pendaftaran: Februari - April

Kementerian Agama bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan pemerintah Sudan, Mesir, Maroko, dan Lebanon menyediakan program beasiswa bagi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan studi S1 ke negara-negara terkait. Tujuan program ini adalah untuk menyaring bibit-bibit unggulan yang memiliki bakat minat yang besar dalam pendidikan agama Islam dan bahasa Arab untuk bisa memaksimalkan potensinya.

Eropa

35. Italian Government Scholarship (Italia)

Masa pendaftaran: Februari - April

Setiap tahunnya, pemerintah Italia menyelenggarakan program beasiswa bagi para pelajar di seluruh penjuru dunia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Italia. Beasiswa ini tersedia untuk berbagai jenjang dengan 8 jenis program. Program yang dapat diikuti oleh lulusan SMA/sederajat adalah program Courses of Higher Education in Art, Music, and Dance.

36. Bocconi Scholarship for International Students (Italia)

Masa pendaftaran: Desember - Mei

36

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Bocconi University yang berlokasi di Milan, yang ditujukan untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1 dan S2. Untuk jenjang S1 sendiri, penerima beasiswa berhak mendapatkan beasiswa penuh sebesar 11.000 euro/tahun dalam jangka waktu 3-5 tahun.

37. Endowed Scholarship INSEAD Syngenta (Prancis)

Masa pendaftaran: Sepanjang bulan Oktober, Januari, April, dan Juni

Endowed Scholarship adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh INSEAD Syngenta, yaitu sekolah bisnis ternama di Prancis. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang berasal dari negara berkembang, yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Total dana beasiswa yang akan didapatkan oleh penerima adalah sebesar 22.500 euro.

38. Webster Vienna Scholarship (Austria)

Masa pendaftaran: April - Juni

Webster Vienna Private University merupakan cabang dari Webster University Amerika Sertikat, yang membuat perguruan tinggi ini memiliki dua akreditasi (AS dan Austria). Universitas ini menawarkan beasiswa untuk pelajar internasional ke jenjang  pendidikan S1 untuk program studi yang termasuk dalam Bachelor of Arts (BA) da Bachelor od Science.

39. ITH Scholarship (Austria)

Masa pendaftaran: April - Mei

Kamu tetarik untuk mendalami dunia hospitality management? Institute of Tourism and Hotel Management di Austria membuka kesempatan untuk pelajar dan mahasiswa internasional untuk mendapatkan beasiswa belajar manajemen, pengembangan, dan penggunaan teknologi terkini secara intensif bagi kamu yang berasal dari negara berkembang dan memiliki dasar dan pengalaman di pariwisata dan hospitality.

40. Sir Thomas Sutherland Scholarship (Inggris)

Masa pendaftaran: Mei - Juni

University of Aberdeen bekerjasama dengan HSBC menyelenggarakan program beasiswa Sir Thomas Sutherland Scholarship, yang membiayai pelajar dari Indonesia, India, Thailand, dan Malaysia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di universitas terkait. Terdapat 27 program studi yang dapat dipilih yang biaya studinya akan ditangung penuh oleh beasiswa ini.

41. The Jardine Foundation Scholarship (Inggris)

Masa pendaftaran: Agustus - Oktober

41

Program beasiswa ini diselenggarakan oleh Jardine Foundation dan ditujukan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi ke University of Cambridge atau University of Oxford. Selain untuk jenjang S1, beasiswa ini juga tersedia untuk jenjang S2 dan S3. Sebelum mendaftarkan diri, sangan disarankan bagi calon pendafta untuk menanyakan informasi ke universitas masing-masing, karena Jardine Foundation hanya bekerjasama dengan universitas/instansi tertentu.

42. Cardiff University Scholarship for International Students (Inggris)

Masa pendaftaran: Juni - Oktober

Cardiff University menyediakan beasiswa bagi para pelajar internasional dengan prestasi akademik yang gemilang yang tertarik untuk menyambung pendidikan tinggi di universitas terkait. Jenis beasiswa adalah beasiswa penuh, yang meliputi penanggungan biaya kuliah, uang saku, akomodasi, dan tanggungan lainnya.

43. Program Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia (Rusia)

Masa pendaftaran: Januari - Maret

Pemerintah Rusia setiap tahunnya menyelenggarakan program beasiswa bagi pelajar Indonesia yang berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan S1, S2, dan S3 di Rusia. Akan tetapi, beasiswa ini adalah beasiswa parsial yang hanya menutupi biaya studi. Untuk biaya-biaya lainnya harus ditanggung sendiri oleh pendaftar atau boleh mencari sponsor dari lembaga lain.

44. Orange Tulip Scholarship (Belanda)

Masa pendaftaran: Februari - April

OTS adalah program kerjasama antara beberapa universitas dan perusahaan di Belanda dengan Pemerintah Indonesia yang disediakan untuk para pelajar Indonesia yang ingin meneruskan pendidikan tinggi di Belanda. Ada 2 skema pembiayaa dalam beasiswa ini, yaitu beasiswa parsial berupa potongan biaya kuliah, atau penyediaan biaya asuransi dan visa.

45. Utrecht Excellence Scholarship (Belanda)

Masa pendaftaran: April - Mei

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Utrecht University yang ditujukan bagi pelajar/mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S1 atau S2 di universitas terkait. Beasiswa ini termasuk beasiswa parsial, dan diadakan hampir setiap tahun dengan total kuota penerima sebesar 55 orang per tahunnya.

46. Holland Scholarship (Belanda)

Masa pendaftaran: November - Mei

46

Berkat kerjasama antara Kementrian Pendidikan, Budaya, dan Ilmu Pengetahuan Belanda dengan beberapa universitas ilmu terapan di Belanda, Holland Scholarship dapat terselenggara dan diikuti oleh pelajar dari negara-negara di luar Area Ekonomi Eropa. Beasiswa ini bernilai kurang lebih 5.000 euro untuk setiap penerima, yang didapatkan pada tahun pertama berkuliah.

47. Turkiye Burslari Scholarship (Turki)

Masa pendaftaran: April - Mei

Beasiswa ini adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Turki melalui Kementrian Luar Negeri Turki dan diadakan setiap tahun bagi pelajar dan mahasiswa Internasional yang berminat melanjutkan studi di Turki. Beasiswa ini rutin diselenggarakan setiap tahun dan merupakan beasiswa penuh yang tidak bersifat mengikat penerimannya.

48. DAAD Scholarship (Jerman)

Masa pendaftaran: April - Juni

DAAD adalah organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman. Organisasi ini menyediakan berbagai bantuan dana studi yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelajar dan mahasiswa seluruh dunia yang ingin menyambung pendidikan tinggi di Jerman. Karena jenis beasiswa yang tersedia bisa berbeda setiap tahunnya, lebih baik jika kamu selalu meng-update informasi seputar beasiswa yang diinginkan di laman web terkait.

49. Quota Scheme (Norwegia)

Masa pendaftaran: Mei - Juni

Pemerintah Norwegia menyediakan beasiswa yang dikenal dengan nama Quota Scheme kepada para pelajar dan mahasiswa internasional dari negara berkembang termasuk Indonesia. Tujuan dari Quota Scheme adalah untuk mempromosikan internasionalisasi pendidikan tinggi dan memberikan siswa untuk mengembangkan pendidikan yang relevan dan menguntungkan siswa setelah mereka selesai studi di Norwegia.

50. ISS Scholarship (Norwegia)

Masa pendaftaran: Januari - Februari

International Summer Scholarship (ISS) adalah program pertukaran pelajar selama musim panas yang diselenggarakan oleh Pemerintah Norwegia di University of Oslo. Calon penerima beasiswa harus sedang menjalani pendidikan tingkat sarjana atau magister untuk dapat mendaftarkan diri ke beasiswa ini.

(sumber gambar: babble.com, educationone-indo.com, armacad.info, galedu.com, international.hu.nl)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1