Kamu Perlu Mempertimbangkan Kembali Pilihan Jurusan Kuliah, Jika…..

Sudah punya pilihan jurusan kuliah? Yakin program studi tersebut tepat untukmu? Saatnya kamu mempertimbangkan kembali jurusan pilihanmu, jika…..

1. Kamu nggak tahu pasti apa yang dipelajari di program studi tersebut. Ini ibarat beli hape dalam kardus, tapi kardusnya di dalam karung *eaaak! Kamu juga nggak bisa sekadar menebak-nebak dari nama jurusannya.

2. Masih suka tertukar antara jurusan A dan jurusan B. Misalnya, kamu nggak bisa membedakan prodi Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknologi Informasi. Atau antara Sosiologi dan Kesejahteran Sosial. Padahal itu semua adalah jurusan yang berbeda. Kamu perlu tahu mengenai masing-masing jurusan. Jangan menganggapnya sama, karena memang nggak sama.

3. Belum punya pengetahuan mengenai mata kuliah di prodi tersebut. Ya, nggak perlu tahu semuanya sih, tapi setidaknya tahu beberapa mata kuliah penting. Sehingga kamu punya bayangan mengenai perkuliahannya.

4. Alasan kamu memilih prodi tersebut semata-mata karena disuruh. Karena kamu lah yang akan menjalaninya, kamu nggak bisa hanya pasif dan membiarkan orang lain menjodohkan, eh memilihkan. Jangan salah, kamu boleh kok menuruti saran ortu atau mentor dalam memilih prodi. Tapi kamu sendiri juga harus berminat. Jangan cuma asal memilih, tanpa pengetahuan apapun mengenai jurusan tersebut dan mengenai dirimu sendiri.

5. Belum yakin dengan minat dan kemampuanmu serta kekuatan dan kelemahanmu. Mengenali dirimu sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan jurusan kuliah dan masa depan. Kamu nggak bisa skip tahap ini.

6. Prinsipmu adalah 'yang penting lolos masuk kampus A'. Jadi kamu nggak benar-benar berminat dengan prodi tersebut.

7. Alasan memilih prodi tersebut adalah karena “masuknya gampang”. Situ yakin, nanti “keluarnya" gampang? Ingat, berhasil masuk jurusan anu atau kampus anu bukan lah tujuan kuliah. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menjalani perkuliahan dan mendapatkan ilmu. Jangan salah, banyak mahasiswa yang mengambil suatu prodi dengan alasan persaingannya rendah (masuknya mudah), ujung-ujungnya malah DO karena nggak mampu menjalani perkuliahan.

8. Memilih karena tren. Ternyata nggak cuma fashion dan batu akik aja yang ada tren-nya, tapi juga jurusan kuliah. Yup, nggak sedikit orang yang Youthmanual temui memilih prodi lantaran sedang hype di masanya. Jadi semacam kebawa arus atau terpengaruh opini yang bilang bahwa jurusan tersebut bagus.

Memiliki pengetahuan soal prodi yang lagi banyak diminati atau ngetren itu bagus. Kamu juga perlu tahu soal prodi dengan peluang karier cerah di masa depan. Tapi jangan sampai memilih sekadar karena jurusan tersebut “favorit”. Tanpa punya landasan pilihan kuat dari dalam diri sendiri, ujung-ujungnya kamu jadi “tersesat” saat kuliah.

9. Nggak nyambung sama cita-citamu. Memang sih, kenyataannya nggak semua orang bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Namun, di masa depan dengan segala kemajuan teknologi serta globalisasi, persaingan kerja (dan usaha) bakalan makin ketat, gaes. Penting banget memiliki skill dan pengetahuan yang mumpuni. Jika memang kamu bercita-cita jadi desainer, ya masuk lah jurusan yang mendukung, bukan mengambil prodi Akuntansi yang nggak nyambung. Makanya, cek-ricek lagi deh, peluang kerja yang bisa dimasukin prodi pilihanmu dan apakah profesi/bidang tersebut nyambung dengan dirimu.

10. Kamu memilih prodi tersebut karena ikutan teman. Dikira ke mal kali ya pake “ngikut” segala! Gaes, pilihan jurusan kuliah merupakan hal serius yang ngaruh untuk masa depanmu. Kamu nggak bisa pakai rumus ikutan teman dalam menentukan jurusan kuliah.

***

Lantas di mana kamu bisa mendapat info lengkap sebagai modal dalam memilih jurusan kuliah?

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1