Menu

Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS di Sampoerna University

Di SMA, IPS merupakan jurusan yang spesial, sebab anak IPS dituntut untuk memiliki wawasan yang luas, kemampuan analisa yang tajam, serta kepekaan sosial yang tinggi. Sejak awal masa SMA pula anak IPS perlu mengeksplorasi program studi yang sejalan dengan kemampuan tersebut.  Coba deh, cek pilihan jurusan kuliah yang cocok untuk siswa IPS di Sampoerna University. Siapa tahu klop dengan minat dan kemampuanmu.

1. Entrepreneurship /Kewirausahaan

Program studi Kewirausahaan atau Entrepreneurship termasuk jurusan yang semakin digemari di Indonesia. Hal ini nggak terlepas dari bermunculannya usaha kreatif dan startup. Selain menjadi pengusaha, lulusan prodi ini bisa berkarier sebagai manajer bisnis, konsultan bisnis, manajer investasi, manajer produk, atau analis bisnis.

Sampoerna University sendiri sangat mendukung studi Kewirausahaan. Selain melalui materi di kelas, SU juga memiliki inkubator bisnis, alias tempat pengembangan bisnis untuk mahasiswa. Kampus ini juga menggelar kompetisi kasus bisnis serta menjadi kerja sama dengan  perusahaan modal ventura yang sering memberi suntikan dana untuk startup. Nggak cuma itu, mereka juga rutin mengundang pebisnis sukses untuk menjadi pembicara dalam program CEO Talks and Founders in Action. Alhasil, mahasiswa bisa mendapatkan ilmu dari praktisi.  

Jika mengambil kuliah Kewirausahaan di SU, kamu bisa memilih kelas reguler atau kelas internasional. Nah, kelas internasional bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat di mana mahasiswa akan menempuh sebagian masa studi di sana. Mata kuliah yang akan kamu temukan di jurusan Kewirausahaan SU antara lain Prinsip-Prinsip Makroekonomi, Prinsip-Prinsip Mikroekonomi, Metode Analisa Bisnis, Problem Solving & Decision Making, Analytical Methods for Business, Using and Managing Information Systems, Business Plan, dan lainnya. Sedangkan materi dan keahlian yang dipelajari selama bangku kuliah antara lain mencakup crowdfunding, social entrepreneurship, manajemen tim, serta financial technology atau fintech yang lagi booming.

2. Perbankan dan Keuangan/ Keuangan dan Perbankan 

Kalau kamu tertarik bekerja di bank, bagian finace perusahaan, berkarier sabagai analis keuangan atau menjadi perencana keuangan, maka prodi ini tepat banget. Di sini mahasiswa mempelajari bagaimana pengelolaan bank dan investasi serta pengelolaan  keuangan perusahaan dan pribadi. Bedanya dari kampus lain, SU mengembangkan jurusan ini barengan perusahaan perbankan multinasional HSBC. Alhasil prodi Perbankan dan Keuangan SU nggak hanya membekali mahasiswa dengan ilmu dan teori, namun juga mempersiapkan mereka untuk dapat memenuhi kebutuhan industri perbankan dan keuangan.

Di Sampoerna University kamu bisa mengambil jurusan Perbankan dan Keuangan Reguler atau double degree yang bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat. Durasi pendidikan S1 ini adalah 4 tahun.

Gambaran perkuliahannya kira kira begini. Dalam 1 semester terdapat 6 sampai 8 mata kuliah dengan total 153 SKS.  Mahasiswa akan bertemu kelas Personal Finance & Wealth Management, Econometrics, Total Wellness, Intro to Managerial Accounting, Business Simulation, dan lainnya. Di akhir perkuliahan, mahasiswa juga akan bertemu skripsi dengan bobot 6 SKS.  Cakupan keahlian yang dipelajari antara lain corporate finance, manajemen kredit dan peminjaman, manajemen risiko keuangan, venture finace, dan lainnya.

3. Pemasaran Digital 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga memperngaruhi bidang pemasaran. Maka Pemasaran Digital pun menjadi ilmu relevan dengan perkembangan industri dan penting dipelajari. Nggak heran kalau prospek lulusan prodi ini pun cerah. Menurut data Sampoerna University, pada tahun 2017 seluruh lulusan Faculty of Business (FoB) termasuk prodi Pemasaran Digital berhasil memperoleh pekerjaan dalam jangka waktu 2 bulan setelah kelulusan. Wih!

Profesi yang sejalan dengan jurusan ini antara lain digital marketer, humas, pengelola brand, peneliti pasar, dan lainnya. Oya, calon mahasiswa bisa juga memilih prodi Pemasaran Digital dengan gelar ganda University of Arizona. Durasi kuliahnya sendiri adalah 4 tahun.

Di dua tahun pertama perkuliahan, mahasiswa akan mendapat banyak materi dasar ekonomi dan ilmu lainnya, seperti kelas Principles of Accounting I dan II, Entrepreneurship, Introduction to Business, dan General Psychology. Di semester-semester selanjutnya kamu akan bertemu mata kuliah Macroeconomic and Global Institution Policy, Using and Managing Information System, Consumer Behaviour, dan Integrated Marketing Communications.

4. Akuntansi 

Dari tahun ke tahun Akuntansi termasuk dalam program studi favorit yang banyak diminati calon mahasiswa. Nggak heran sih, mengingat lulusan Akuntansi dibutuhkan baik di sektor publik maupun di perusahaan swasta. Peluang kariernya di antaranya adalah menjadi akuntan, analis keuangan, auditor, konsultan pajak, analis kredit, serta lainnya. Seorang lulusan Akuntansi juga bisa bekerja sendiri sebagai akuntan. Nah, prodi Akuntansi SU disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik.

Selain jurusan akuntansi reguler, calon mahasiswa SU juga bisa memilih program dua gelar yang bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat. Durasi kuliah keseluruhan jurusan ini adalah 4 tahun dengan total 148 SKS.

Mata kuliah yang akan diambil mahasiswa Akuntansi antara lain Auditing, Income Tax Individual & Corporate, International Accounting, serta Advanced Financial Accounting. Seperti di jurusan Fakultas Bisnis lainnya, akan ada program magang dengan boot 3 SKS di semester 7 dan skripsi 6 SKS di semester akhir.

5. Pengajaran Bahasa Inggris (Pendidikan Bahasa Inggris)

Kalau kamu suka bahasa Inggris, aktivitas sosial dan berbicara di depan orang banyak, bisa jadi Pengajaran Bahasa Inggris merupakan jurusan kuliah yang tepat untukmu. Program studi ini mempersiapkan mahasiswanya untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar bahasa Inggris berkualitas di Indonesia. Lulusannya bisa berkarier sebagai pengajar SD dan SMP, bekerja di NGO yang bergerak di bidang pendidikan, Departemen Pendidikan, hingga membuka usaha/startup bidang pendidikan.

 Untuk menjadi pengajar yang kompeten, nggak hanya skill bahasa Inggris aja lho, yang mesti digenjot di perkuliahan. Mahasiswa juga harus belajar bagaimana teknik pengajaran yang tepat, punya pengetahuan soal kurikulum, dan yang nggak kalah penting update dengan teknologi yang mendukung pengajaran. Nah, SU memperhatikan hal-hal tersebut dalam propgram studi mereka.

Mata kuliah di prodi Pengajaran Bahasa Inggris antara lain Language Teaching Methodology, Admin And Management in Education, Advanced Instructional Technology, dan lainnya. Kalau menurut Syifa Tsamara alumni Sampoerna University mata kuliah paling menarik sekaligus penting adalah Theoritical and Pedagogical Grammar, “Karena matkul ini benar-benar mempelajari dasar grammar, dan (kemampuan) ini perlu dimiliki seorang guru bahasa Inggris. Di kelas ini, aku banyak menyadari hal-hal yang sebelumnya aku tau, tapi nggak tau namanya (istilah grammar/teorinya). Atau semula aku nggak tahu sama sekali, namun ternyata gampang banget.” Selain mata kuliah, pada semester 8 mahasiswa akan mengambil Kuliah Kerja Nyata dengan bobot 4 SKS.

(sumber gambar: .vsb.bc.ca)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©