Tips Belajar SBMPTN untuk Kamu yang Gap Year

Nggak masuk PTN tahun ini? Nggak masalah, sob!

Kalau kamu memang ingin masuk perguruan tinggi negeri, kesempatan kamu nggak terbatas hanya satu kok. Seperti yang sudah diketahui, kamu bisa mengikuti SBMPTN hingga 3 tahun setelah kamu lulus, which means kamu punya 3 kesempatan nih untuk mencoba peruntungan kamu masuk PTN.

Nah, kalau kamu belum lulus SBMPTN tahun ini, salah satu alternatif yang bisa kamu pilih adalah dengan mengambil gap year. Yup, satu tahun ‘beristirahat’ untuk menyiapkan diri bertempur di SBMPTN tahun berikutnya.

Berniat mengambil gap year untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN tahun depan? Yuk simak di sini tips-tips belajar SBMPTN untuk kamu yang mengambil gap year!

1. Tentukan target

Saat kamu memutuskan untuk mengambil gap year, kamu harus udah memiliki target—baik itu target jurusan, kampus maupun nilai yang ingin kamu capai. Dengan menentukan target, kamu jadi bisa menyesuaikan strategi belajar mana yang paling tepat untuk kamu lakukan.

Misalkan, kamu memiliki target pilihan pertama jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu keketatan persaingan di jurusan tersebut pada SBMPTN tahun sebelumnya, setelah itu ukur kemampuan kamu melalui latihan soal dan try-out dan perkirakan nilai yang kamu dapatkan setelah mengerjakan hal tersebut.

Sekiranya masih kurang dengan apa yang ditargetkan, berarti kamu harus meningkatkan lagi usaha belajar kamu atau mengubah strateginya.

2. Atur jadwal belajar

Mengatur jadwal belajar menjadi penting saat kamu memutuskan untuk mengambil gap year dan ikut SBMPTN di tahun berikutnya. Tahu sendiri, yang namanya gap year kita berarti nggak lagi memiliki kewajiban untuk datang ke sekolah tiap hari. Kalau kamu nggak disiplin dalam mengatur jadwal belajar, bisa-bisa kamu hanya menghabiskan masa gap year untuk leyeh-leyeh seharian.

Nggak mau ‘kan setahun kamu jadi sia-sia?

Menyusun jadwal belajar sebaiknya disesuaikan dengan waktu-waktu di mana kamu merasa paling produktif. Ada beberapa orang yang merasa bahwa belajar di tengah malam lebih efektif dibandingkan  belajar di pagi atau siang hari. Nah, untuk membangun kebiasaan belajarnya kamu bisa menggunakan metode Seinfield X.

Metode ini hanya mengharuskan kamu untuk memiliki kalender dan spidol merah, kok. Jadi caranya adalah kamu menentukan jadwal belajarmu, misalkan setiap malam pukul 8 sampai pukul 10. Setiap kali kamu kamu selesai belajar, berikan tanda silang di kalendermu dengan spidol merah. Motivasi untuk melanjutkan rangkaian tanda silang agar nggak bolong bisa mendorong kamu untuk membangun kebiasaan belajar yang rutin.

3. Pilih support system yang tepat

Nggak kalah penting, kamu juga harus memilih lingkungan alias support system yang tepat. Achmad Rendy, alumni Universitas Indonesia yang gap-year sebelum mengikuti SBMPTN dulu. Menurutnya, lingkungan yang memotivasi kamu untuk belajar dan berkompetisi secara sehat penting untuk menjaga semangat belajar kamu selama gap year. Kalau kamu kebetulan memiliki teman sejawat yang juga lagi mengambil gap year, itu bahkan lebih baik! Kalian bisa mengatur waktu belajar bersama dengan lebih mudah dan saling menyemangati satu sama lain.

Kamu juga bisa menerapkan buddy system dengan teman kamu yang juga tengah mengambil gap year untuk mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya. Buatlah syarat dan ketentuan seperti apa yang akan kalian terapkan selama menjalankan buddy system, dan pastikan bahwa masing-masing kalian dapat menaruh kepercayaan terhadap satu sama lain selama menjalankan buddy system.

Baca lebih lengkap mengenai buddy system di sini.

4. Inisiatif belajar sendiri

Sure, memilih untuk ikut bimbel selama gap year bisa membantu kamu untuk mendalami materi-materi yang sekiranya akan keluar di SBMPTN nanti. Tapi, jangan hanya bergantung pada bimbel yang ‘menyuapi’ kamu materi-materi yang perlu kamu kuasai. Usahakan kamu juga menyediakan waktu untuk melakukan pendalaman materi sendiri tanpa bantuaan guru di tempat bimbel. Coba deh ikuti metode belajar SBMPTN super efektif berikut ini buat kamu yang bingung harus mulai belajar dari mana kalau mau memulai latihan soal SBMPTN secara mandiri.

Oh ya, metode belajar SBMPTN ini juga bisa kamu terapkan lho seandainya kamu sama sekali nggak berminat untuk ikut bimbel selama gap year. Asalkan kamu niat dan sungguh-sungguh dalam melakukannya, pasti kamu bisa kok menguasai.

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1