Menu

Youthmanual Weekly: Hobi, Jurusan, dan Peluang Kerja Generasi Muda

Apa hobi dan tongkrongan kekinian yang seru buat anak muda? Apa pula rekomendasi jurusan SMK serta lowongan kerja untuk lulusan SMA? Dan gimana peluang kerja untuk lulusan perguruan tinggi di Indonesia? Apa permasalahannya?

Simak rangkuman artikel pilihan seputar anak muda di Youthmanual Weekly. Untuk membaca artikel lengkapnya kamu bisa klik judul.

Tentang Kamera Analog dan Seni Menikmati Proses

kamera analog

Di zaman yang serba instan ini, proses menjadi sesuatu yang mewah. Salah satunya adalah hobi fotografi dengan menggunakan kamera analog. Tahun ‘90an hingga awal 2000-an, sebelum bekennya kamera dengan sistem digital, kamera analog dipakai di mana-mana. Secara umum kamera analog adalah kamera yang menggunakan media film untuk menangkap gambar, dan bukannya sensor digital serta memory card seperti kebanyakan kamera saat ini. Film tersebut berbentuk lembaran klise yang digulung ke dalam kanister atau roll.

Kalau pada kamera digital kita bisa melihat hasil foto, menghapus, dan mengulan foto sebanyak-banyaknya, maka pada kamera analog nggak bisa begitu. Umumnya, hanya ada 36 atau 38 jepretan dalam 1 roll film. Nggak bisa diulang atau dihapus. Makanya, tiap jepretan pun jadi sangat berharga. Untuk bisa melihat hasil foto pun kudu pakai perjuangan, roll film harus dibawa ke tempat cetak untuk dicuci kemudian dicetak, baru deh bisa dilihat. Mau upload? Scan dulu, sob! Hasilnya bisa kamu nikmati di Instagram dengan hashtag #indo33m5

Rekomendasi Tempat Makan di Solo yang Hits dan Kekinian (Tapi Tetap Terjangkau!)

panties pizza kuliner solo

Youthmanual kembali memberikan rekomendasi tempat nongkrong dan jajan yang pas buat pelajar dan mahasiswa nowadays. Kali ini, kami ngubek venue kekinian namun tetap terjangkau di sekitaran Kota Solo. Ada Smile Kitchen, Shawarmanis, Killing Mie, Panties Pizza, Yellow Truck Coffee, dan Kedai Kopi 543. Apa saja menunya, gimana suasananya, berapa harganya, dan apa yang bisa dilakukan di sana? Simak deh, penelusuran kami.

Bercermin dari Pernyataan Menaker Soal Sarjana di Indonesia “Nggak SIap Pakai”: Anak Muda Harus Gimana?

wisuda oga tulisan

Ngomongin anak muda, nggak melulu soal tongkrongan dan hobi. Kamu juga udah harus mikirin masa depan. Optimis itu perlu, tapi tetap kudu waspada. Termasuk waspada dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja baru-baru ini.

Menaker menyebutkan bahwa setiap tahunnya Indonesia menghasilkan sekitar 2 juta angkatan kerja, yang 700-800ribuan di dalamnya merupakan fresh grad perguruan tinggi. Ngenesnya, kuantitas yang tinggi ini nggak menjamin kualitas mereka yang ternyata sangat "nggak siap pakai" di dunia kerja, terutama sektor industri.

Nah, kamu sudah harus memikirkan tuh, apa yang bisa kamu lakukan supaya nantinya kamu jadi lulusan yang siap kerja, dan bisa bekerja alias nggak nganggur.

Tahun Ini Pendaftaran CPNS Dibuka Untuk Lulusan SMA/SMK dan Sederajat, Ini Daftar Lowongannya

cpns

Oke, kita tahu bahwa mendapatkan pekerjaan nggak gampang. Lapangan pekerjaan yang tersedia belum cukup untuk angkatan kerja. But hey, here’s the good news! Tahun ini, pemerintah membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA, SMK, dan sederajat. Itu artinya, pelajar yang berniat bekerja setelah lulus, atau mau kerja sambil kumpulin uang buat kuliah, punya kesempatan untuk menjadi pegawai negeri. Cek instansi mana saja yang membuka lowongan serta posisi apa yang ditawarkan. Perhatikan juga persyaratannya. Bocorannya ada di artikel ini.

Prospek Cerah 4 Jurusan Teknologi di SMK dan Tips Sukses Untuk Mendalaminya

smk teknologi

Kalau kamu atau adik kamu tertarik masuk SMK dan suka sama bidang teknologi informasi, 4 jurusan bidang Teknologi ini perlu kamu lirik, sebab prospeknya di masa depan bagus. Kelar dari situ, kamu bisa lanjut kuliah yang sejalan, atau menjadi pekerja di bidang teknologi. Tapi tunggu dulu. Ada hal yang perlu kamu perhatikan supaya bisa sukses di SMK dan jadi lulusan berdaya saing tinggi.

 

blog.xpertxone.com, Instagram Panties Pizza, bisnis.liputan6.com, wp.com, pancabudi.sch.id,)

LATEST COMMENT
Fasyni Sirojuddarori | 10 jam yang lalu

menarik! ikutan nanya... hehe

Ini, Lho, 5 Jurusan Buat Kamu yang Nggak Suka Matematika!
Rika Pratiwi | 16 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©