Menu

Youthmanual Weekly: Jurusan Kuliah Terbaik, Hari Sarjana Nasional, Sampai Kupas Tuntas Mitos dan Fakta SBMPTN

Menyambut bulan Oktober, Youthmanual mendukung kamu yang akan menjadi pejuang SBMPTN di tahun depan untuk mempersiapkan diri dari sekarang. Iya, dong. Kalau masuk PTN udah jadi harga mati buat kamu, nggak ada ceritanya memulai persiapan terlalu cepat demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Makanya, nih, banyak banget artikel-artikel berfaedah untuk kamu simak sebagai bagian dari persiapan diri menembus PTN, mulai dari 25 pilihan jurusan terbaik untuk kamu anak IPA dan IPS dengan prospek karier yang gemilang, pentingnya memaknai Hari Sarjana Nasional sebagai calon sarjana, sampai mitos dan fakta seputar SBMPTN yang harus kamu tahu agar nggak salah kaprah.

Simak rangkuman artikel pilihan nan hitz (yang tentunya juga menambah wawasanmu) di Youthmanual Weekly. Untuk membaca artikel lengkapnya, silakan klik judul, ya!

1. 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA dan 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS

1

Nggak ada artinya kalau kamu bertekad untuk masuk PTN tanpa terlebih dahulu menentukan jurusan kuliah yang paling tepat dan terbaik untuk kamu, gaes. Ingat, kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bukan karena gengsi, tapi karena minat dan bakatmu untuk mendalami bidang tertentu untuk mencapai cita-cita di masa depan. Aih.

Dalam dua artikel terpisah ini, kamu bisa melihat berbagai pilihan jurusan yang terbaik untuk kamu—baik anak IPA maupun IPS—yang bisa kamu sesuaikan dengan minat dan bakatmu dalam pelajaran SMA yang kamu sukai. Nggak cuma itu, kurasi jurusan-jurusan tersebut pastinya juga memiliki prospek karier yang kece punya!

2. Pentingnya Brainstorming, Gimana Supaya Kegiatan Ini Lebih Efektif dan Nggak Sia-Sia

2

Kalau menurut wikipedia, curah pendapat atau brainstorming yang sering kita dengar (dan mungkin sudah sering kita lakukan) adalah teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok. Kita berkumpul untuk membahas suatu masalah dan mencari jalan keluarnya besama-sama, gaes.

Siswa atau mahasiswa yang sering brainstorming, pastinya terbiasa dengan diskusi. Sehingga, mereka jadi piawai mengungkapkan pendapat dan menerima pendapat orang lain. Pastinya kegiatan ini selain bermanfaat kepentingan kelompok juga memiliki dampak positif dalam pengasahan soft skill. Kudu banget dilatih, nih!

3. Mau Jadi Sarjana Berkualitas yang Nggak Cuma Modal Ijazah? Lakukan Hal-Hal Ini Sejak Statusmu Masih Mahasiswa Baru

3

Buat yang belum tau, tanggal 29 September didedikasikan untuk mengapresiasi para sarjana yang dianggap sebagai individu yang remarkable, karena mereka dianggap sebagai kaum intelek yang menjadi generasi penentu masa depan bangsa. Dengan kata lain, jadi sarjana itu keren. Titik.

Sayangnya, makin kesini, titel sarjana rasanya nggak se-“wah” dulu. Lihat aja fenomena pengangguran terdidik sampai praktik jual beli ijazah yang menghasilkan ribuan “sarjana bodong”. That’s why di peringatan Hari Sarjana Nasional kali ini Youthmanual ingin mengajak kamu para calon sarjana (amin!) untuk mengevaluasi diri agar bisa menjadi sarjana yang berkualitas dan nggak cuma bermodal ijazah aja dengan cara-cara berikut.

4. Inilah Startup Inspiratif Karya Anak Muda yang Berfaedah Untuk Sesama

4

Nggak hanya bikin usaha buat mencari keuntungan, anak muda berikut ini bikin startup yang bermanfaat bagi sesama dan masyarakat. Karena kiprah mereka di dunia startup, para founder ini pun didaulat sebagai 30 Forbes Under 30 Asia. Ini adalah penghargaan untuk anak muda di bawah 30 tahun yang menginspirasi dan memiliki pencapaian yang keren.

Adalah Mesty Ariotedjo, Gibran Huzaifah, dan Muhammad Alfatih Timur yang muncul dengan ide-ide yang nggak cuma brilian, tapi juga berani untuk mewujudkannya demi memberikan kefaedahan untuk sesama. Buat yang penasaran dengan startup karya mereka yang sangat menginspirasi, langsung cus kunjungi artikelnya, ya!

5. Menuju SBMPTN 2018: Menyingkap 10 Mitos, Hoax, dan Fakta Seputar SBMPTN!

5

Berniat ikutan SBMPTN 2018? Untuk bisa lolos SBMPTN, kamu harus mempersiapkan diri dan mengumpulkan informasi—dari sekarang. Jangan sampai kerancuan seputar mitos dan fakta SBMPTN menghalangi kamu dari kesuksesan menembus SBMPTN 2018 mendatang. Yup, banyak banget info yang beredar, namun nggak semuanya tepat. Ada juga detail seputar SBMPTN yang sering terlewat, padahal penting.

Nah, sebagai pejuang SBMPTN yang bakalan menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, kamu wajib meluangkan waktu  untuk menyimak informasi penting soal mitos, fakta, hingga hoax SBMPTN berikut ini.

(sumber gambar: youthmanual, uwplatt.edu, publicbroadcasting.net)

LATEST COMMENT
Fasyni Sirojuddarori | 10 jam yang lalu

menarik! ikutan nanya... hehe

Ini, Lho, 5 Jurusan Buat Kamu yang Nggak Suka Matematika!
Rika Pratiwi | 15 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©