Berbagai Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur

Pagi hari memang waktu yang penting ya, gaes. Youthmanual sering menulis serba-serbi tentang pagi hari, mulai tentang sarapan, sampai tentang kebiasaan pagi para tokoh sukses.

Tetapi sebenarnya, hal-hal yang kita lakukan pada malam hari, sebelum tidur, juga nggak kalah penting, karena bisa memberikan dampak yang sangat besar terhadap mood kita keesokan harinya.

Yuk, tengok beberapa kebiasaan sebelum tidur orang-orang sukses di dunia. Mereka mungkin sama-sama sukses, tetapi kebiasaan sebelum tidur mereka berbeda-beda banget, lho!

Bill Gates
Penemu Microsoft

* Bill Gates hobi banget baca buku sebelum tidur, terutama buku biografi yang menarik, buku sejarah, dan buku-buku filosofis. Ia mengaku selalu membaca satu jam setiap malam sebelum tidur

* Bill Gates selalu pasang target untuk bisa tidur 7 jam setiap malam. Katanya, “Saya bisa, kok, memberikan pidato atau mengerjakan beberapa pekerjaan tanpa banyak tidur. Tetapi saya nggak bisa berpikir kreatif, kalau hanya tidur kurang dari 7 jam semalam.”

Barack Obama
President Amerika Serikat

* Presiden Amerika Serikat yang seru dan outgoing ini biasanya melek sampai jam 11 malam untuk melakukan conference calls dengan staf-staf seniornya.

* Presiden Obama juga suka begadang sampai lewat tengah malam, untuk membaca dan menulis.

* Pada akhirnya, Presiden Obama biasanya tidur jam 1 pagi, dan bangun jam 7 pagi.

Elon Musk
Co-founder dari perusahaan PayPal dan Tesla Motors

* Elon Musk mengaku seorang “night owl”, alias orang yang lebih bisa produktif di malam hari. Sehingga ia biasanya baru tidur jam 1 pagi, lalu bangun lagi jam 7 pagi.

* Dengan pola tidur seperti itu, Elon Musk mengaku baru bakal sangat melek dan bertenaga setelah minum delapan kaleng Diet Coke plus dua gelas kopi per hari! Itulah rahasianya supaya bisa terus semangat sampai jam 1 pagi.

* Tetapi karena hal tersebut adalah kebiasaan buruk, ia akhirnya menguranginya jadi 1-2 kaleng Coke per hari saja.

Arianna Huffington
Co-founder Huffington Post

* Pada tahun 2007, Arianna Huffington pernah kolaps karena keletihan. Sehingga sejak itu, ia selalu berkampanye bahwa tidur yang baik dan berkualitas sangatlah penting.

* Arianna terkenal selalu menyingkirkan gadget dan benda elektronik dari kamarnya, mulai dari iPad, Kindle, apalagi laptop. Ia hanya mau menyimpan setumpuk buku untuk dibaca sebelum tidur.

* Arianna tidur 8 jam tiap malam tanpa terputus, tanpa terkecuali.

Stephen King
Penulis

* Stephen King punya ritual sebelum tidur yang sangat spesifik, yaitu harus sikat gigi dan cuci tangan. Hmmm, memang wajib bukan? :)

* Tetapi kalau kebiasaan yang ini unik, nih, gaes. Bantal Stephen King juga harus spesifik menghadap ke arah tertentu, dengan sarung bantal yang terbuka menghadap sisi lain tempat tidurnya. Alasannya? Stephen sendiri nggak tahu!

Michael Lewis
Pengarang

* Pengarang buku best-seller Moneyball ini dulu selalu menulis dari jam 7 malam sampai jam 4 pagi, sebelum ia berkeluarga

* Lewis melakukan hal tersebut karena kalau di malam hari, minim gangguan. Menurutnya, “Larut malam hari tuh sangat damai tenang dan menyenangkan.”

Sheryl Sandberg
COO Facebook

* Walaupun dia bekerja untuk perusahaan medsos raksasa sebesar Facebook, seorang Sheryl Sandberg masih membatasi diri, lho, dan tahu kapan harus mematikan gadgetnya.

* Jadi, Sheryl selalu mematikan smartphone-nya sebelum tidur, walaupun ketika bangun tidur, ia langsung cek emailnya lagi, sih!

Kate White
Mantan editor-in-chief majalah Cosmopolitan

* Dulu, Kate White biasa menulis fiksi di siang hari, sebelum akhirnya ia begadang atau tidur larut malam, untuk mengedit artikel-artikel Cosmopolitan dan nge-blog

* Kate bahkan pernah menulis sambil berdiri di meja dapurnya, supaya ia nggak ketiduran! Kate bilang, “Kedengarannya memang parah banget ya. Tapi saya anggap aja malam-malam itu saya seorang bartender di bar… bar ide!”

Baca juga:

(sumber gambar: sleepypeople.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 24 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1