6 Hal yang Menandakan Kalau Kamu Jenuh Kuliah

Apa kamu pernah merasakan bosan dan jenuh? Well, yang namanya menjalankan aktivitas sehari-hari dan rutin dilakukan tentu saja bikin bosan. Bener nggak, gaes?

Sama seperti halnya dengan kuliah—dimana kuliah adalah salah satu fase pendidikan yang cukup berat bagi sebagian mahasiswa. Mulai dari masuk pagi, mengerjakan tugas yang numpuk, baca jurnal, jadwal kuliah dan organisasi yang padat serta berbagai urusan lainnya. Singkat kata, rutinitas kuliah yang begitu-begitu sajalah yang terkadang bikin mahasiswa merasa bosan dan jenuh.

Akan tetapi, pada kenyataannya banyak mahasiswa yang nggak sadar bahwa dia sedang di fase jenuh, lho, gaes. Untauk mengantisipasi hal tersebut, yuk kenali tanda kamu mulai jenuh kuliah berikut ini.

1. Malas berangkat kuliah

Saat masih menjadi mahasiswa baru, berangkat kuliah adalah salah satu hal yang selalu membuatmu bersemangat. Kamu akan berangkat 15 menit lebih awal sebelum kelas di mulai dan hal itu sudah menjadi kebiasaan yang nggak bisa kamu tinggalkan.

Sayangnya, saat kamu mulai jenuh dengan kuliahmu, kebiasaanmu yang berangkat 15 menit lebih awal tadi bisa-bisa hilang begitu saja. Jangankan berangkat lebih awal, untuk sekadar tepat waktu saja sepertinya sangat sulit, bahkan kamu akan merasa malas berangkat kuliah setiap harinya.

2. Sering ambil jatah bolos

For your information, setiap kampus biasanya menerapkan standar absen tersendiri—dimana mahasiswa harus hadir dengan presentase tertentu untuk bisa mengikuti ujian. Misalnya, untuk bisa mengikuti ujian dari mata kuliah A yang punya 2 SKS, seenggaknya kamu harus mempunyai 80% kehadiran dan jatah bolos yang dipunya hanya 2 kali saja.   

Nah, kalau kamu mengambil jatah bolos lebih dari 2 kali, bahkan untuk hal-hal yang nggak penting. Hati-hati, hal tersebut bisa menandakan kamu mulai jenuh kuliah.

3. Mulai kesulitan memahami materi kuliah

Kamu ngerasa nggak, sih, gaes? Semakin tinggi semester yang kamu jalani, maka semakin sulit juga materi yang kamu hadapi. Akan tetapi, ini bukan alasanmu untuk nggak berusaha memahami materinya bukan?

Nah, kalau kamu sudah berusaha memahami , tapi masih tetap merasa kesulitan menyerap materi kuliah. Mungkin konsentrasi dan minat belajarmu mulai menurun sekaligus hal tersebut bisa jadi tanda bahwa kamu sedang merasa jenuh sama perkuliahan.

4. Cuek sama nilai IPK

Saat masih menjadi mahasiswa baru, kamu pasti akan mematok nilai tertentu sebagai standar keberhasilanmu bukan? Kamu pun bersemangat sekali buat mempertahankan IPK 3.80 itu, bahkan berniat untuk mendapatakan IPK 4 di semester depan (wah!).

Tapi, kalau kamu sudah merasa kesulitan menyerap materi kuliah dan nggak peduli lagi sama nilai-nilai mata kuliah atau IPK-mu. Hati-hati mungkin kamu saat ini sudah mulai jenuh menjalani kuliahmu. Cobalah bangkitkan lagi semangatmu dan sadari bahwa nilai mata kuliah serta IPK itu juga penting dengan berbagai tips di: 7 Tips Jitu untuk Meningkatkan IPK.

5. Lebih fokus ke organisasi

Hayoo ngaku! Siapa disini yang lebih aktif sama organisasi daripada ikut materi kuliah di kelas?

Well, mengikuti sebuah organisasi adalah hal yang positif. Akan tetapi, memberi porsi yang berlebihan pada organisasi dan melupakan perkuliahan juga nggak baik.

Biasanya, mahasiswa yang lebih fokus sama organisasi adalah mahasiswa yang sudah mulai jenuh dengan kuliahnya. Buat mereka, kegiatan di organisasi terasa lebih menarik daripada mendengarkan materi kuliah yang diberikan dosen.

6. Liburan adalah sesuatu yang paling ditunggu

Yap, bener banget! Liburan semester adalah hal yang paling kamu tunggu-tunggu—dimana hal tersebut menandakan bahwa kamu mulai merasa jenuh dengan dunia perkuliahan.

Kamu lebih sering menghitung mundur kalender daripada memperhatikan materi kuliah serta deadline tugas yang menumpuk. Sayangnya, tanpa disadari, selalu menantikan jadwal liburan semester juga bisa berakibat buruk sama kuliahmu, lho. Kamu jadi nggak konsentrasi saat perkuliahan berlangsung serta melalaikan tugas-tugas kuliahmu karena sibuk menghitung hari. (Waduh, jangan sampai seperti itu, ya!)

***

Itu dia 6 tanda bahwa kamu mulai jenuh dengan dunia perkuliahan, gaes. Well, merasa bosan dan jenuh kuliah itu wajar, kok. Tapi, jangan sampai hal tersebut menghambat masa kuliahmu. Tetap semangat, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: pintrest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 17 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1