6 Tips Buat Kamu yang Sedang Merasa Jenuh dengan Kegiatan yang Monoton

Ketika kamu harus melakukan sesuatu secara berulang-ulang setiap harinya, hal yang sering kamu temukan ialah rasa jenuh. Jenuh, tuh, sebenarnya apa, sih? Jenuh adalah suatu rasa bosan yang disebabkan suatu kegiatan yang terus berulang setiap harinya. Rasa jenuh ini bisa ditemukan oleh semua orang, lho, mulai dari kamu yang masih sekolah hingga yang sudah bekerja.

Biasanya, rasa jenuh ini bisa mempengaruhi produktivitas kamu, lho. Misalnya, nih, kalau kamu anak sekolahan atau anak kuliahan, yang biasanya kamu semangat pergi ke sekolah atau ke kampus, karena rasa jenuh, akhirnya kamu merasa malas pergi ke sekolah atau pergi ke kampus. Setelah sampai, pun, kamu lebih biasa bengong daripada mendengarkan guru atau dosen saat sedang mengajar. Hasil yang kamu terima ialah kamu nggak mengerti apa yang sedang dipelajari dan bingung ketika kamu diberikan tugas terkait mata pelajaran tersebut.

Rasa jenuh yang dibiarkan, lama-kelamaan akan membuatmu merasa nggak nyaman, kesal dengan kegiatan yang itu-itu saja, nggak semangat menjalani hari dan sebagainya. Nah, kalau kamu sudah merasa jenuh, kamu harus banget, nih, re-charge dirimu sendiri. Hmm... Apa yang harus dilakukan, ya, untuk re-charge diri dari rasa jenuh sehingga biar tetap semangat? Yuk, lakukan hal-hal berikut ini!

1. Pergi ke suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya

Ketika kamu merasa jenuh, pastinya dikarenakan oleh kegiatan yang monoton itu-itu saja. Nah, kenapa saya sarankan untuk pergi ke suatu tempat yang baru, karena, dengan mengunjungi tempat yang baru kamu akan menemukan sesuatu yang nggak pernah kamu temukan sebelumnya.

Misalnya, nih, kamu sudah jenuh dengan kegiatan kuliahmu berserta kegiatan organisasnya, coba deh untuk tarik dirimu dari kegiatan tersebut yang membuatmu jenuh. Cobalah pergi ke suatu pegunungan atau pantai yang belum pernah kamu datangi sebelumnya untuk menentramkan pikiranmu dan mengistirahatkan tubuh lelahmu. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti tiduran di pinggir pantai, berenang di laut dan sebagainya. Setelah kamu selesai dari short escape-mu, saya yakin kamu akan merasa dirimu seperti terisi kembali dan merasa semangat untuk menjalani hari-hari!

2. Berolahraga

olahraga

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sehat dan murah. Dengan lari-lari kecil mengelilingi komplek perumahanmu, kamu sudah berolahraga. Kamu nggak perlu, kok, untuk harus ke sarana olahraga kalau ingin berolahraga. Kamu bisa memanfaatkan tempat di sekitarmu.

Selain sehat dan murah, tahukah kamu bahwa dengan berolahraga, kamu dapat merasa bahagia? Yap, ketika kamu berolahraga, ada empat hormon yang meningkat, lho, gaes, hormon tersebut adalah hormon endorfin, dopamin dan serotonin. Hormon endorfin adalah hormon yang dapat mengurangi rasa stres. Sedangkan hormon dopamin ialah hormon yang membuatmu merasa lebih senang dan bahagia. Hormon serotonin merupakan hormon yang dapat mengatur emosimu, meningkatkan daya ingat dan mengurangi stres karena kelelahan fisik. Nah, hormon-hormon ini akan bekerjasama untuk membuatmu bahagia dan mengurangi stres karena kegiatan-kegiatan yang monoton.

3. Kulineran

Makan merupakan kegiatan yang pastinya menyenangkan. Kalau kamu merasa jenuh, coba, deh, eksplor tempat-tempat makanan di sekelilingmu. Lho, kenapa harus mengeksplor? Kan ada tempat makan yang menjadu langganan. Eits... Jangan salah, gaes, mencari tempat makan baru justru bikin kamu lebih excited. Kenapa begitu? Karena ketika kamu menemukan suatu hal yang baru, kamu akan merasa penasaran untuk mencoba tempat kuliner dan makanannya yang baru.

Kamu nggak perlu, kok, untuk pergi ke tempat yang serba mahal atau pergi ke mall untuk merubah suasana. Kamu bisa mendatangi tempat-tempat seperti angkringan, warung tenda, warung kopi dan sebagainya. Intinya, cari dan cobalah makanan-makanan yang baru, ya, gaes!

4. Jangan takut untuk mengubah jadwal kegiatanmu

ganti jadwal

Terkadang, ketika seseorang telah memiliki pola kegiatan, pasti orang tersebut akan terus mengikuti pola kegiatannya walau pun ia merasa jenuh. Banyak juga orang-orang yang merasa bahwa untuk merubah pola tersebut merupakan suatu hal yang sulit dan ada juga yang takut karena adanya perubahan.

Misalnya, nih, kamu sudah terbiasa dengan pola kegiatanmu yaitu pagi-pagi pergi ke sekolah, siang sampai sore belajar di sekolah, malam main game dan akhirnya kamu selalu begadang untuk mengerjakan tugasmu. Karena kegiatan ini sudah terpola karena dilakukan lagi dan lagi, ketika kamu harus mengubah pola tersebut pasti kamu akan kesulitan pada awalnya. Misalnya kamu harus menarik jam belajarmu menjadi di pagi hari. Saya yakin kamu merasa kesulitan pada awalnya.

Namun, menurut saya, nih, gaes. Kamu perlu banget sesekali mengatur pola kegiatan ini. Kenapa? Karena agar kamu nggak merasa jenuh dengan kegiatanmu yang monoton. Yuk, mulai dari besok coba perhatikan pola kegiatanmu dan cobalah untuk mengaturnya!

5. Menyendiri

Untuk sebagian orang, bekerjasama dengan orang banyak, bertemu dengan orang banyak, berinteraksi dengan orang banyak dan sebagainya merupakan suatu hal yang dapat membuat rasa jenuh muncul pada dirinya. Nah, kalau kayak gitu, hal apa yang harus orang tersebut lakukan? Yap! Ambil langkah mundur, berbalik badan dan menyendirilah!

Menyendiri bukanlah suatu aktivitas yang buruk, kok, gaes. Sesekali, seseorang pun membutuhkan waktu untuk sendiri, baik itu hanya diam saja sambil merebahkan badan, baca buku, nonton film, main game dan sebagainya. Menyendiri dipercayai dapat mengisi kembali tenagamu, lho. Jadi, kalau kamu memang merasa butuh waktu untuk menyendiri, maka, lakukanlah. Kamu bisa menyendiri di kamarmu, di perpustakaan dan sebagainya.

6. Datangi teman baikmu

bertemu teman lama

Mendatangi orang yang menurutmu menyenangkan, dapat mengurangi rasa jenuhmu, kok. Saya pernah mengalami rasa jenuh yang cukup parah karena aktivitas yang monoton setiap harinya. Hari Sabtu dan Minggu pun terasa sangat cepat berlalu, sehingga hal ini sedikit membantu saya mengatasi rasa jenuh. Namun, pada suatu hari, saya memutuskan untuk pergi ke rumah salah satu teman baik saya.

Saat di rumah teman, saya nggak punya banyak kegiatan. Saya hanya mengobrol seharian dengan teman baik saya. Namun, dengan mengobrol seharian tersebut, saya sadar bahwa saya telah mengisi ulang diri saya sehingga saya menjadi lebih semangat menjalani hari saya ke depannya. Nah, buat kamu yang sudah terlalu sibuk dengan kegiatan, cobalah datangi teman baikmu yang sudah lama nggak kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu pasti akan merasa lebih terhibur, memiliki teman untuk bercerita dan lain sebagainya. Perlu banget dicoba, nih, gaes!

***

Ketika kamu sudah mulai merasa jenuh, jangan dibiarkan saja, gaes. Kamu harus mencari cara yang pas untuk menghilangkan rasa jenuhmu. Kalau rasa jenuh hanya didiamkan, yang ada, kamu akan merasanya setiap saat. Nah, coba, deh, dari ketujuh tips di atas, pasti kamu akan menemukan salah satunya yang cocok buat kamu untuk mengusir rasa jenuh yang kamu rasakan. Yuk, segara dicoba ketika kamu merasa jenuh!

Baca juga:

(Sumber gambar: internations.org, woodbineia.com, time.com, id.techinasia.com)

LATEST COMMENT
Nisa Nuraisyah | 22 menit yang lalu

Ada di univ mana? Saya cari itu adanya soshum

6 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik yang Bisa Kamu Ambil di Bidang Pendidikan
Yulika Aprianiii | 16 jam yang lalu

Saya jurusan IPS dari 5 hal di atas kemungkinan saya bisa masuk hi tapi masih takut gk bisa caranya agar lebih muda di terima di universitas gimna caranya

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Fatimah Ibtisam | 23 jam yang lalu

Bukan, Asesmen Nasional bukan untuk mengukur prestasi individu siswa, tetapi semacam penelitian untuk mengetahui capaian pendidikan di sekolah dan daerah. Yang ikutan hanya sebagian murid yang dipilih secara acak sebagai responden.

Info Lengkap Asesmen Nasional 2021, Bukan Sekadar Pengganti UN
Fatimah Ibtisam | 23 jam yang lalu

Setahu kami, kelas 12 ujian sekolah (UAS) seperti biasa. Tidak ada Ujian Nasional.

Info Lengkap Asesmen Nasional 2021, Bukan Sekadar Pengganti UN
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1