Karakter Mahasiswa di Berbagai Jurusan Kuliah dalam Ilustrasi Komik

Tiap jurusan memiliki stereotipe tertentu alias anggapan umum. Stereotipe ini bisa sesuai dengan kenyataan, bisa juga salah total. Ada juga sih, yang setengah benar, alias sebagian mahasiswanya begitu, tapi sebagian lagi nggak.

Nah, @kekomukan, akun komik Instagram yang usil dan kocak, nggak mau ketinggalan. Melalui coretan tangannya, Winda, pemilik akun kekomukan yang masih SMA, mereka-reka karakter dan stereotipe kakak-kakak mahasiswa dari berbagai jurusan kuliah. Ada jurusan pilihanmu di bawah ini?

1. Jurusan Ilmu Kedokteran

kedokteranTeliti, sabar, rapi dan bersih, plus calon dokter pula! Tipe pasangan idaman banget, 'kan? Ahey! Soal kepribadian, sebenarnya relatif juga, sih. Yang jelas mahasiswa Kedokteran harus tekun, cekatan, dan punya kepedulian tinggi. Pengen tahu lebih banyak tentang gimana kuliah Kedokteran, simak cerita mahasiswanya di sini.

2. Jurusan Psikologi‍ 

psikologi

Yup. mahasiswa psikologi sering dimintain membaca karakter orang lain, memecahkan masalah, hingga menjawab psikotes. Memang sih, mahasiswa Psikologi mempelajari mengenai perilaku dan pemikiran manusia, tapi bukan berarti mereka tahu segalanya. Apalagi baca pikiran kamu, sob! Kalau mau tahu apa lagi hal yang salah kaprah, baca Miskonsepsi tentang mahasiswa Psikologi.

3. Jurusan Biologi‍ 

jurusan biologi

"Bakteri yang kecil aja diperhatiin, apalagi kamu." Eaaaaa! Yang jelas kalau tertarik masuk jurusan Biologi, kamu bakalan akrab dengan kegiatan praktikum.  Yang namanya praktikum  ternyata bukan hanya di laboratorium lho, tapi bisa juga outdoor. Yup, belajar langsung dari alam. Serba-serbi serunya kuliah di jurusan biologi bisa kamu lihat di artikel ini.

4. Jurusan Manajemen Perbankan‍ / Keuangan Perbankan

perbankan

Hitung-hitungan memang akrab dengan mahasiswa Perbankan. Tapi, lulusannya nggak harus kerja di bank bagian front office atau client service. Bisa juga di back office sebagai karyawan bagian keuangan, menjadi analis kredit, hingga konsultan bisnis.

5. Jurusan Ilmu Gizi‍ 

ilmu gizi

Mahasiswa jurusan Ilmu Gizi mempelajari mengenai kandungan makanan dan kaitannya dengan kesehatan manusia. Mungkin ada di antara mahasiswanya yang jago bikin makanan. Tapi kuliah Ilmu Gizi bukan belajar masak atau tata boga, sob. Yang dibahas di jurusan Ilmu Gizi antara lain adalah diet (pola makan) yang baik. Salah satu profesi yang bisa ditekuni lulusannya adalah Ahli Diet dan Nutrisi‍, seperti yang dijalani salah satu alumni Ilmu Gizi lulusan Politeknik Kesehatan Bandung. Simak cerita Irna ini.

6. Jurusan Ilmu Komunikasi‍ 

komunikasi

Kalau soal begadang, kayaknya hampir semua jurusan merasakannya, deh.Hehehe Tapi soal kreativitas dan update dengan fenomena terkini memang diperlukan mahasiswa Komunikasi. Kalau pengen tahu lebih banyak tentang mahasiswa jurusan Komunikasi, cek di sini

7. Jurusan Sejarah 

sejarah

Kamu suka politik, menganalisa berbagai berita dan isu, membaca, menulis, serta mempelajari budaya dan pemikiran manusia? Artinya kamu perlu mempertimbangkan jurusan Sejarah. Anak jurusan sejarah juga mempelajari Bahasa Belanda, lho. Apalagi yang dilakukan mahasiswa Sejarah? Simak cerita alumninya di sini.

8. Jurusan Hubungan Internasional‍ 

jurusan hi

Gambaran di atas ada benarrnya juga, sih. Jurusan HI merupakan salah satu jurusan IPS yang banyak diincar. Lancar berbahasa Inggris biasanya nggak jadi syarat untuk masuk jurusan ini. Tapi untuk survive sebagai anak HI, kamu perlu belajar Bahasa Ingris. Sebab kebanyakan materi pelajarannya memang dalam bahasa Inggris. Pelajar yang pengen bercita-cita jadi Diplomat‍ biasanya semangat ingin mengambil jurusan HI. Selain diplomat, ini nih profesi yang bisa ditekuni lulusan jurusan HI.

(sumber gambar: IG @kekomukan)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 22 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1