5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Ketika Kamu Sudah Bekerja

Menurut saya, kantor merupakan suatu tempat yang unik. Kenapa begitu? Karena ketika kamu memasuki kantor dan dunia kerja, kamu akan belajar banyak hal. Hal yang bisa kamu pelajari diantaranya ialah belajar soft skills seperti komunikasi, public speaking yang baik, bagaimana bernegosiasi yang baik dan sebagainya. Selain itu, kamu pun akan belajar hard skills pula seperti menggunakan komputer, menyelesaikan pekerjaanmu, mencari jalan keluar atas semua masalah dan sebagainya.

Jadi, bekerja nggak selamanya kamu akan mengerjakan semua tugas-tugasmu. Dengan bekerja, kamu pun akan mengalami proses belajar pula. Nggak hanya proses belajar, nih, gaes, mau nggak mau kamu pun akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang.

Nggak hanya berbeda latar belakang, nih, gaes, orang-orang ini pun memiliki berbagai macam sifat. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang pendiam tapi sebenarnya ambisius, ada yang suka ngobrol kesana-kesini dan banyak teman tetapi nyatanya ia memiliki banyak pending-an pekerjaan dan sebagainya.

Nah, karena kamu akan bertemu dengan banyak orang dan orang-orang tersebut memiliki berbagai macam kepribadian dan juga sifat, maka dari itu gaes, kamu harus memerhatikan beberapa kebiasaan berikut ini agar kamu bisa bekerjasama dengan semua orang dengan baik. Hmm… Kebiasaan apa yang harus diperhatikan, ya?

1. Memelihara komunikasi yang baik

menjaga komunikasi

Yes! Sebagai karyawan dan kolega yang baik, kamu harus memiliki dan memelihara komunikasi yang baik dengan semua orang di kantormu. Kenapa begitu? Well, jawabannya sangat sederhana, kamu harus memelihara komunikasi agar semua pekerjaanmu dapat diselesaikan dengan baik.

Coba bayangkan kalau kamu nggak memiliki komunikasi yang baik dengan teman-teman satu tim-mu, yang ada pekerjaan tersebut selesai dengan hasil yang kurang memuaskan, bisa saja, pekerjaanmu malah nggak selesai-selesai.

Ketika kamu berkomunikasi dengan tim-mu, kamu nggak hanya berkomunikasi tentang hal-hal yang remeh saja, namun, kamu juga akan berkomunikasi untuk hal-hal yang penting juga seperti cara pemecahan masalah yang tim-mu temui, memikirkan dan menjalankan instruksi dari atasan dan sebagainya. Maka dari itu, gaes, komunikasi yang baik pasti akan memberikan hasil yang baik juga.

2. Kenali teman kerjamu

Nah, selain komunikasi yang baik, kamu pun harus mengenali teman kerjamu. Kamu harus mengenali teman kerjamu agar kamu bisa memilih cara pendekatan apa yang baik untuk bekerjasama dengan teman kerjamu. Kamu nggak bisa menyamakan caramu komunikasi antara satu temanmu dengan temanmu yang lainnya.

Misalnya, kamu memiliki teman yang lebih suka mencari caranya sendiri untuk menyelesaikan tugasnya, maka, kamu nggak perlu mendiktenya untuk melakukan cara yang selalu kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kamu cukup memercayai temanmu bahwa ia akan menyelesaikannya. Namun, kamu pun akan bertemu dengan teman bekerja, yang mungkin butuh bantuanmu untuk menjelaskan cara bagaimana untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Nah, ketika kamu telah mengenali teman kerjamu, kamu akan menggunakan cara yang berbeda kepada kedua temanmu. Untuk teman dengan tipe yang pertama, mungkin kamu akan lebih diam saja dan mepercayai bahwa ia bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Nah, ketika kamu memiliki teman dengan sifat yang kedua, maka, kamu harus memberitahunya bagaimana cara untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi, mengenali teman kerjamu merupakan suatu hal yang penting, ya!

3. Terbuka dan selalu berusaha

Kadang, ketika kita nggak suka sama suatu sifat dari seseorang, kita suka menutup diri dengan orang tersebut. malahan, kita jadi malas untuk bekerjasama dengan orang tersebut. Tapi, perlu kamu ketahui, gaes, hal tersebut bukanlah suatu hal yang baik, lho.

Meskipun kamu nggak suka dengan sifat dari teman kerjamu, kamu nggak boleh malas bekerjasama dengan orang tersebut. Kamu harus memiliki sifat yang profesional. Kamu harus tetap menyelesaikan tugas tim-mu bersama-sama.

Nah, maka dari itu, gaes, sifat terbuka dengan semua orang dalam mengerjakan semua pekerjaan, merupakan suatu hal yang sangat diperlukan ketika kamu masuk dunia kerja. Dengan sifat terbuka, kamu akan melakukan berbagai macam hal dengan mudah. Jangan persulit dirimu dengan semua label atau cap yang kamu berikan kepada seseorang hanya karena kamu nggak suka dengan sifatnya.

Mungkin, banyak dari kamu yang akan merasa sulit melakukan hal tersebut namun kamu pun harus tetap berusaha melakukan yang terbaik. Jangan sampai perasaan pribadi yang kamu rasakan malah mengganggu proses kerja yang harus dilakukan oleh kamu dan juga tim-mu.

4. Tahu kapan saatnya mengalah dan mempertahankan pendapat

Terkadang, kamu akan menemui kolega kerja yang keras kepala. Mau bagaimana pun, apa yang ia bicarakan harus diikuti dan juga disetujui oleh semua orang. Terkadang, ketika bertemu dengan orang yang seperti ini, kita malah jadi ikut-ikutan banyak berargumentasi menggunakan nada suara yang tinggi dan malah menjadi sama keras kepalanya.

Nah, daripada kamu dan teman kerjamu nggak menemukan jalan keluar, kamu harus perhatikan dulu apa yang dibicarakan atau disarankan oleh temanmu. Jangan emosi dulu, ya, gaes, coba untuk singkirkan rasa emosi tersebut untuk mengetahui apakah pendapat yang ditujukan merupakan suatu pendapat yang bagus atau nggak.

Kalau menurutmu pendapat dari temanmu ialah suatu pendapat yang bagus, maka, ikutilah pendapat tersebut. Tetapi, jika sebaliknya, cobalah berikan pendapat dengan fakta dan data yang mempertahankan pendapatmu. Nah, ketika kamu memiliki data dan fakta, pasti, kamu akan lebih mudah dalam mempertahankan pendapatmu.

5. Rendah hati

rendah hati

Kalau kamu ketemu dengan teman yang keras kepala, selalu ingin didengar, merasa paling benar, merasa paling hebat dan sebagainya, apa yang akan kamu rasakan? Kesal? Bete? Sudah pasti kamu akan merasa nggak senang dengan orang tersebut.

Maka dari itu, gaes, kalau kamu nggak suka denga orang yang tinggi hati, maka, biasakan diri kamu untuk selalu rendah hati, ya. Ketika seseorang memiliki sifat rendah hati, saya yakin, pasti kamu akan disukai oleh banyak orang. Ketika kamu disukai oleh banyak orang, pastinya juga pekerjaanmu akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu, gaes, selalu pertahankan dirimu untuk rendah hati, ya.

***

Yap! Itulah beberapa kebiasaan yang harus kamu miliki ketika kamu masuk di dunia kerja! Dengan memiliki kebiasaan-kebiasaan di atas, saya yakin banget, nih, kalau kamu akan mendapatkan berbagai manfaat.

Manfaat yang akan kamu temui ketika kamu memiliki kebiasaan di atas ialah kamu akan memiliki banyak teman, kamu bisa bekerjasama dengan orang banyak dan dengan berbagai sifat, kamu memiliki sifat yang nggak baperan, kamu bisa bekerja secara profesional dan sebagainya.

Maka dari itu, gaes, daripada kamu di cap sebagai pegawai yang kurang profesional karena kamu sulit bekerjasama dengan orang lain, lebih baik kamu biasakan dirimu untuk selalu rendah diri, menjaga komunikasi sesama teman kerja, mengenal teman kerjamu, terbuka dan selalu berusaha, menghargai pendapat orang lain dan sebagainya agar kamu bisa lebih profesional dalam lingkup dunia kerja. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: nextiva.com, wordpress.com, tinobusiness.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1