Cara Menjadi Dokter Anak: Pendidikan dan Tahapannya

Bercita-cita menjadi dokter anak? Jangan hanya sekadar impian, rencanakan dan berusahalah sejak masih sekolah. Begini cara dan tahapan untuk menjadi dokter anak.

Latar belakang pendidikan

* SMA jurusan IPA. Yup, perjalanan harus dimulai dari sini. Sebab untuk masuk perguruan tinggi prodi Kedokteran, kamu harus dari jurusan IPA.

* S1 Kedokteran. Udah jelas lah, harus masuk prodi Kedokteran. Seleksi masuk Kedokteran relatif sulit, standar nilai tinggi dan persaiangan ketat. Namun, semua itu belum ada apa-apanya ketimbang ketika menjalani perkuliahan.

* S1 Kedokteran sendiri bisa ditempuh selama 3.5 hingga 4 tahun. Lulusannya memperoleh gelar S.Ked (Sarjana Kedokteran). Selain S1 Reguler, beberapa perguruan tinggi juga memiliki program S1 Kedokteran Kelas Internasional. Jadi, mahasiswa nggak hanya kuliah di kampus Indonesia tetapi juga di kampus luar negeri. Mereka akan mendapat 2 gelar dari kedua kampus tersebut.

*Kelar S1 reguler belum menjadikan kamu dokter, lho. Kudu kuliah lagi mengambil program profesi Kedokteran selama 1.5  hingga 2 tahun. Tahap ini dikenal dengan koas. Di akhir akan ada tes kompetensi praktik dan tertulis. Jika lulus, baru disumpah menjadi dokter.

* Setelah resmi menjadi dokter, ada internship atau praktik magang selama 1 tahun.

*Setelah itu langsung mengambil spesialisasi Dokter Anak? Tunggu dulu! Pendidikan Spesialis Anak umumnya mensyaratkan pengalaman praktik.

* Setelah punya pengalaman praktik, kamu mendaftar program spesialis Anak. Ini ada tesnya juga lho. Jika diterima, kamu akan kuliah Spesialis Anak atau Pedriatri. Kuliahnya kebanyakan praktik, tapi ada juga kelasnya. Tahap ini akan menyita waktu, pikiran, tenaga, dan materi. Dan karena kamu Kembali jadi pelajar, kamu bukan lagi pekerja professional dengan penghasilan tetap. Di sisi lain, biaya kuliah spesialis juga lumayan tinggi. 

* Pendidikan spesialis anak bisa menghabiskan waktu 4 tahun.

* Setelahnya, kembali melakukan program wajib kerja untuk spesialis anak yang mirip seperti internship sepanjang 1 tahun.

Aktivitas dan Hal Lain yang Mendukung

* Sejak kuliah S1 berusahalah terlibat di berbagai proyek dan penelitian kedokteran, terutama yang berkaitan dengan anak. Pengalaman ini akan menjadi nilai yang sangat bagus.

* Kamu juga bisa menyusun jurnlal ilmiah.

 Quick Tips:

* Menjadi dokter anak bukan perkara seberapa tinggi pendidikan dan seberapa jago skill, tetapi juga empati dan kepedulian tinggi terutama dengan anak-anak.

*Jika nggak punya biaya untuk program spesialis, kamu bisa mencari beasiswa seperti beasiswa LPDP.

(Sumber gambar: Karolina Grabowska from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1