Berbagai Pilihan Lokasi Belajar yang Tepat Sesuai Gaya Belajar Kamu

Kalau kamu sudah menyelesaikan modul gaya belajar Youthmanual, pastinya kamu sudah paham dengan tipe pelajar seperti apakah kamu dan gaya belajar seperti apa yang efektif untuk tipe seperti kamu. Beda pelajar, beda gaya belajarnya, sob!

Berhubung suasana dalam lokasi belajar adalah salah satu faktor penting yang dikondisikan agar kamu lebih fokus dan dapat menyerap materi pembelajaran dengan optimal, berikut berbagai lokasi belajar yang bisa kamu pilih sesuai gaya belajar yang kamu miliki.

1. Kamar kamu sendiri

kamar sendiri

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri, lingkungan yang tenang.

Kalau kamu nggak berbagi kamar dengan saudara/teman, nggak ada tempat yang paling nyaman untuk belajar selain kamar kamu sendiri. Semua hal yang kamu butuhkan—mulai dari bahan belajar sampai printilan yang bisa menghibur kamu pas lagi suntuk—udah tersedia di sana.

Selain itu, agar lebih nyaman dan fokus belajar, kamu bisa customize sendiri suasana kamar kamu sesuka hati. Mau belajar pakai baju belel, pasang stiker warna-warni atau muter musik metal (sambil pakai headset) biar makin semangat belajar? Boleh banget!

Minusnya, rasa nyaman yang kamu dapatkan bisa jadi distraksi terbesar kamu. Ketika kamu bosen dan merasa bebas melakukan apa aja di kamar sendiri, bisa-bisa fokus kamu terbuyarkan gara-gara keasyikan nonton youtube, ngemil sambil baca komik, bahkan melipir ke kasur!

2. Perpustakaan

perpustakaan

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri/berkelompok, lingkungan yang tenang.

Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin fokus belajar 110%. Nggak cuma itu, perpustakaan (terutama perpustakaan kampus) menyimpan SEMUA sumber informasi yang kamu butuhkan, mulai dari buku sampai layanan internet. What’s not to love?

Selain nyaman (meskipun nggak senyaman kamar sendiri), suasana perpustakaan bisa memberikan pressure yang baik untuk kamu.

Pressure di sini memiliki arti bahwa kamu bisa merasakan sendiri sekeras apa usaha mereka belajar di area perpustakaan sambil menjaga ketenangan agar tidak mengganggu konsentrasi orang lain. Secara nggak langsung, kamu jadi nggak mau kalah dan ingin belajar setekun mereka, ‘kan?

3. Coffee shop

coffee shop

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri/berkelompok, lingkungan yang ramai, pencahayaan redup.

Ada beberapa orang yang nggak bisa belajar di ruangan yang terlalu terang. Mereka adalah orang-orang yang belajar menggunakan gadget, sehingga mata mereka terasa pedih setelah melototin layar gadget terlalu lama.

Kalau kamu termasuk pelajar yang seperti ini, coffee shop/café adalah yang tempat buat kamu.

Meskipun cenderung ramai, namun coffee shop tetap terasa nyaman karena ambience-nya yang remang-remang syahdu. Kamu juga bisa enjoy belajar sendirian atau dengan teman-teman kamu tanpa takut mengganggu orang lain. Poin bonusnya, kebanyakan coffee shop menyediakan fasilitas wifi gratis, musik yang keren, dan kamu bisa makan sepuasnya ataupun cuma sekadar mesen es teh tawar tanpa takut “diusir” gara-gara kelamaan di sana.

4. Taman

taman

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri/berkelompok, lingkungan yang ramai, pencahayaan terang.

Kalau kamu suntuk sama suasana dalam ruangan yang terlalu sepi dan gitu-gitu aja, bisa banget, lho, sesekali kamu coba untuk belajar di ruangan terbuka. Nah, taman adalah tempat yang tepat untuk kamu jadikan lokasi belajar sekaligus bersantai di cuaca yang bersahabat.

Belajar di ruang terbuka seperti taman memang paling asyik kalau bersama teman-teman, tapi belajar sendirian pun nggak masalah selama kamu nggak merasa awkward. Pemandangan yang hijau juga membuat mata kamu juga nggak cepat merasa lelah. Pepohonan yang rindang, angin sepoi-sepoi dan cerahnya matahari dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama belajar di sana.

Kota kamu nggak punya taman yang kece untuk belajar? Nggak masalah! Belajar di halaman rumah sendiri juga nggak kalah asyik, kok. Hati-hati digigit nyamuk, ya!

5. Rumah/kosan teman

rumah teman

Cocok untuk kamu yang: suka belajar berkelompok, lingkungan yang tenang.

Kalau kamu nggak bisa fokus kalau belajar sendirian, samperin temen kamu ke rumah/kosannya aja, gaes! Tentunya jika kalian memiliki niat dan objektif pembelajaran yang sama, ya.

Serius, deh, efeknya beda banget dibanding kamu ngajakin mereka belajar di tempat kamu. Di tempat mereka, kamu nggak akan menemukan “distraksi dari kenyamanan” seperti belajar di kamar sendiri. Trus, kamu juga bisa mengajak teman kamu untuk berdiskusi alih-alih googling informasi yang terkadang kurang memuaskan.

Psst, belajar di tempat temen kamu terasa paling oke ketika lagi low budget, sob! Siapa tau di sana kamu ditawarin makanan gratisan! Hihihi.

***

Meskipun kamu merasa cocok belajar di satu lokasi, ada kalanya kamu ngerasa suntuk dan ingin mencoba suasana belajar baru. Maka nggak ada salahnya kalau kamu nyobain belajar di tempat-tempat lainnya—atau bahkan mencari spot baru yang nggak kalah cozy dan lebih cocok untuk gaya belajar kamu.

So, lokasi mana yang paling tepat untuk kamu, gaes?

Baca juga:

(sumber gambar: amazonaws.com, picdn.net, cetking.com, goodhope.com, ingeniusprep.com, sharkattackol.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Indhar Wirajaya | 22 jam yang lalu

Duolingo emang ngebantu banget. Aku pake Duolingo + belajar bahasa spanyol online di https://www.estudia.id. semoga tahun ini bisa sampe level intermediate

Disiplin Belajar Bahasa Asing dengan Duolingo
Rafli Ali Rabani | 9 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 20 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 21 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1