5 Tips Biar Kamu Fokus Menggapai Mimpi di Usia 20-an

Usia 20-an emang jadi usia yang paling cocok untuk kita menata masa depan yang lebih baik. Tentu saja, di usia 20-an kita harus menjadi manusia yang produktif. Meski akan banyak gangguan yang membuat kamu sulit untuk fokus menggapai impian, namun jika ada tekad dan usaha keras tentu saja semua bisa dilalui dengan mudah, gaes.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa fokus menggapai impian di usia yang masih sangat muda, bahkan di saat teman-teman seusia kita masih santai-santai? Yuk, cari tau 5 tips-nya berikut ini.

1. Yakini apa yang ingin kamu capai

Yakini apa yang ingin kamu capai

Usia 20-an identik dengan mereka yang berjiwa bebas. Sekarang mau ini, bisa jadi besok sudah berbeda. Semua bisa berubah tergantung dengan kemampuan dan lingkungan sekitar. Mau baik atau buruk yang mempengaruhi, semua bisa mengubah apa yang sudah diimpikan.

Tapi kalau emang kamu mengikuti keinginan dan ambisi tanpa tau tujuan awal, maka semua akan sulit untuk dijalani. Kamu akan menjadi manusia yang mudah terombang-ambing. Ingin ini itu tapi nggak jelas apa yang sebenarnya harus digapai.

Dengan mengetaui apa yang sebenarnya ingin kamu capai, akan lebih memudahkan kamu menentukan langkah awal untuk meraihnya.

2. Cari tau gangguan apa yang akan muncul

Cari tau gangguan apa yang akan muncul

Banyaknya gangguan bisa menjadi faktor yang mengubah mimpimu dan membuatmu sulit fokus menggapainya, lho. Baik itu yang bisa diprediksi ataupun yang di luar kendali—yang harus kamu cari tau adalah kemungkinan dari setiap kendala yang muncul.

Nah, dengan mencari tau kemungkinan gangguan yang akan muncul, kamu bisa menentukan tindakan preventif apa yang harus kamu lakukan untuk kendala di kemudian hari. Selain menyiapkan sejak dini, kita pun bisa mencari cara untuk mengubah arah agar lebih mudah melalui setiap tahapan yang ada di depan mata.

3. Pelajari hal yang mendekatkanmu pada mimpi

Pelajari hal yang mendekatkanmu pada mimpi

Saat kamu sudah tau apa yang ingin kamu capai, kamu juga akan lebih mudah mencari tau apa saja yang harusnya kamu persiapkan. Mulai dari rencana, tindakan, sampai apa saja yang harus kamu pelajari.

Tentu saja semua itu nggak mudah dan nggak dengan cepat kamu bisa pelajari. Tapi, ‘kan, seenggaknya ada jalan buat kamu untuk mengarah ke tujuan awalmu.

Mempelajari semua yang kamu butuhkan juga nggak harus kamu lakukan sendiri, kok. Kamu bisa belajar dengan atau dari orang lain. Kamu bisa belajar dari banyak sumber yang kamu tau.

Soalnya ilmu itu nggak ada yang salah atau benar, gaes. Cuma kamunya saja yang harus pandai memilih dan memilah mana yang bisa diterapkan dan bermanfaat untuk kamu.

4. Jangan melihat orang lain

Jangan melihat orang lain

Mimpimu adalah urusanmu. Saat kamu berjuang menggapai impian, maka di situlah semua tekad dan jalan yang kamu ambil adalah urusanmu.

Bukan berarti kamu nggak boleh meminta bantuan orang lain, ya, cuma kamu harus lebih fokus pada apa yang sudah kamu yakini benar.

Menggapai mimpi adalah tentang menaruh rasa percaya diri yang besar pada kemampuan diri sendiri. Pastinya, akan ada banyak orang yang menegurmu bahkan meremehkanmu. Mereka bisa dengan mudahnya membuatmu lemah dan nggak bersemangat lagi.

Tapi yang harus kamu tau bahwa nggak selamanya kamu harus mendengarkan mereka. Kamu berhak mengabaikan mereka dan memilih untuk lebih fokus pada dirimu sendiri, gaes.

5. Selipkan doa pada setiap niat yang kamu ucapkan

Selipkan doa pada setiap niat yang kamu ucapkan

Nggak ada mimpi yang terwujud tanpa ada doa yang terucap. Setelah niat yang kamu miliki dan usaha yang sudah kamu lakukan, maka berdoalah agar semua yang kamu lakukan adalah jalan terbaik untukmu.

Jangan meremehkan doa, gaes. Jangan sombong dan menganggap dirimu paling benar. Kamu cuma perlu berusaha. Tapi semua keputusan tetap ada di tangan Sang Pemilik Semesta.

***

Itulah tips biar kamu fokus menggapai mimpimu. Bermimpilah setinggi-tingginya. Tapi jangan lupa semua ada waktunya masing-masing.

Jika suatu saat mimpimu belum terwujud, bukan karena kamu nggak mampu dan nggak layak. Kamu cuma perlu bersabar. Ingat, semua usaha itu butuh waktu untuk bisa menjadi tawa dan bahagia.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: qsdyslexiatest.com, psychologies.co.uk, longroom.com,

blogs.studyinsweden.se, stopatnothing.com, wccalbany.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1