6 Tips Supaya Berat Badanmu Nggak Naik Gila-Gilaan Saat Puasa

Oleh Riza Dian Kurnia

Siapa bilang puasa sebulan penuh lamanya bakal bikin badan singset, lantaran jatah makan dan minum berkurang?

Justru sebaliknya, berat badanmu berpotensi naik di bulan puasa ini, kalau kamu nggak pintar-pintar mengatur pola makan dan gaya hidup.

Kalau selama bulan puasa kamu kalap makan ini-itu—terutama saat buka puasa—tanpa pikir panjang soal lemak yang menggelambir di perutmu, wah, nggak kebayang berapa kenaikan berat badanmu saat Lebaran nanti!

Sebelum nanti menyesal gara-gara berat badan naik nggak kira-kira, halau kenaikan berat badan drastis di bulan puasa, dengan tips-tips berikut ini.

1. Banyak minum air putih

Jangan sepelekan air putih, ya, gaes, karena air putih bisa mencegah tubuh jadi melar. Masa’ sih?

Iya. Banyak minum air putih nggak hanya bisa mencegah dehidrasi, tetapi juga menghilangkan racun dan lemak di tubuh, serta menjaga keseimbangan asupan selama puasa. Bahkan banyak minum air putih bisa membakar 800 kalori setiap harinya, lho. Lumayan ‘kan?

Kamu bisa, kok, minum air putih 8 gelas sehari (atau lebih) meskipun sedang berpuasa. Caranya, bagi dua aja! Minum 4 gelas air putih saat sahur, dan 4 gelas air putih saat berbuka.

2. Ganti ta’jil penuh gula dengan buah-buahan yang berserat dan nggak kalah manis

Biasa berbuka puasa dengan makanan yang manis-manis? Waduh, ini bukan kebiasaan yang baik, gaes. Memang, sih, tubuh kita butuh makanan yang manis saat berbuka puasa, demi mengembalikan energi. Sunnah nabi aja berkata, “berbukalah dengan yang manis.”

Tapi bukan berarti kamu boleh langsung kalap makan semua makanan yang manis, bergula, dan banyak lemak saat buka puasa. Dengan kebiasaan ini, bisa-bisa kamu nggak hanya jadi gemuk, tapi juga kena diabetes!

Lebih baik ganti camilan dan dessert manis nan bergula yang biasa kamu makan saat berbuka dengan buah-buahan yang manis dan berserat, seperti kurma, pisang, buah naga, atau alpukat. Energi tubuh kembali, tapi lemak di tubuh nggak bertambah.

3. Jangan kalap makan gara-gara mau “balas dendam” nggak makan seharian

Ngaku, deh. Saat berbuka puasa, pasti kamu sering lapar mata dan ingin makan “balas dendam”, dengan berusaha melahap semua makanan yang terhidang?

Jangan, gaes. Kebiasaan ini tentunya bisa bikin berat badan kamu melonjak. Usahakan supaya tetep kalem saat buka puasa dan tahan keinginan makan makanan yang sekiranya kurang bagus buat kestabilan berat badan.

4. Atur nutrisi yang seimbang

Meski puasa, bukan berarti kamu boleh tutup mata soal kalori dan nutrisi, lho. Justru bulan puasa adalah saat yang tepat untuk menjaga pola makan.

Catat ya, gaes. Dalam setiap porsi makan, komposisi yang antara lain 50 persen karbohidrat kompleks, 40-45 persen protein, dan 5-10 persen lemak sehat.

5. Usahakan tidur cukup

Menurut penelitian dari dr Phaidon L. Torua, seorang pakar kesehatan yang dikutip dari Detik Health, kurang tidur bisa membuat nafsu makan jauh meningkat. Maka ketika kamu kurang tidur saat berpuasa, tubuh akan mengeluarkan sinyal untuk lapar terus sepanjang hari. Hasilnya, kamu pun kalap makan saat buka dan sahur. Bisa bayangin ‘kan, apa yang terjadi selanjutnya?

So, usahakan untuk tidur cukup dan teratur supaya kamu masih bisa mengontrol nafsu makan, saat sahur dan berbuka.

6. Olahraga teratur

Mentang-mentang puasa, bukan berarti kamu nggak perlu berolahraga! Olahraga justru bakal bikin kamu tetep fresh dan bersemangat menjalankan ibadah puasa.

Pilih olahraga yang ringan seperti jalan-jalan, jogging kecil, atau bersepeda. Kamu bisa berolahraga setelah Subuh atau sore menjelang buka puasa. Kalau kamu melakukannya secara teratur, dijamin nggak ada kata “gendut” pasca puasa.

Nah, kalau kamu udah nyobain tips-tips di atas dan akhirnya berhasil, jangan lupa kasih komentar di sini, ya!

(sumber foto: myfavoritehijabstore.com, motiveweight.blogspot.com, shape.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 21 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1