7 Alasan yang Sebenarnya Kenapa Orang Suka Terlambat (Bukan Gara-Gara Macet!)

Pernah datang telat? Atau memang hobi terlambat? Biasanya saat seseorang datang terlambat, yang dijadikan alasan adalah faktor macet. Padahal macet sudah ada sejak zaman kita orok. 'Yekan?

Telat--walaupun nggak terlalu lama--tetap saja merupakan kebiasaan buruk yang "membahayakan". Lho, kenapa? Setidaknya, kalau telat kita bakal.....

  • Kurang maksimal dalam melakukan sesuatu. Sebab waktunya 'kan, jadi kurang.
  • Mendapat imej nggak oke, kayak tukang molor, ratu telat, dan lainnya.
  • Jadi nggak bisa diandalkan oleh orang lain.
  • Dianggap nggak profesional. Di dunia kerja/bisnis, sikap telat bisa diasosiasikan dengan nggak profesional. Apalagi kalau telat pas proses melamar kerja. Beuh, bakal bikin nilai kamu jadi minus di mata perusahaan.
  • Menyusahkan orang lain yang sudah menunggu. Kemungkinan besar orang tersebut bakal sebal.
  • Menghilangkan banyak kesempatan. Misalnya, telat mendaftar beasiswa, telat datang ke suatu acara sehingga terlewat momen penting, hingga telat pedekate dan udah diduluin orang lain. Yahhhhh!
  • Kalau sering telat kita juga akan susah mengubah kebiasaan tersebut. Dan makin lama hobi telat akan menyusahkan diri.

Walaupun tahu kalau datang telat itu menyebalkan dan nggak profesional, tapi agak susah bagi saya untuk menghindari keterlambatan. Untuk mengatasi hobi telat, kita perlu mengenali (dan mengakui) penyebab telat yang sebenarnya. Ternyata (mostly) bukan karena malas, atau karena macet, tapi karena faktor lain. Yup, kalau mau jujur, kita terlambat karena.....

Saya terlambat karena..... suka adrenaline rush

Nyadar nggak, bahwa terlambat bisa memberikan kita adrenaline rush atau rasa tegang? Apalagi kalau sejak keluar rumah kita sudah terlambat. Sudah pasti kita bakal tegang sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan.

“Duh, bisnya bakal nyampe berapa menit lagi, nih?” “Kereta bakal datang on time nggak, ya?” “Gue bakal kecegat berapa lampu merah, nih?”

Nah, ternyata memang ada beberapa orang yang tanpa disadari “menikmati” adrenaline rush ini. Kalau kata sepupu saya yang juga tukang ngaret, “Travelling rasanya nggak lengkap kalau check-in dan boarding di bandaranya nggak pake lari-lari nyaris ditinggal pesawat!” Kurang adrenaline rush apa, coba, mau ditinggal pesawat?!

DeLonzor sendiri termasuk orang yang begini. Dia bilang, “Saya merasa aneh kalau berjalan menuju tempat tujuan dengan santai, sambil nyeruput kopi dan ngemil muffin. Tanpa disadari, ternyata saya lebih suka kalau harus lari-lari dikejar waktu menuju tempat tujuan.”

Tentu saja, ini bukan hal yang baik. Kalau mau nyari adrenaline rush mah naik rollercoaster aja kali. Jangan nyari adrenaline rush dengan datang terlambat dan ngerepotin orang lain!'

telat

Saya terlambat karena..... merasa mendingan telat daripada datang terlalu cepat

Menurut Huffington Post, orang-orang yang sibuk atau overloaded biasanya merasa gelisah kalau datang terlalu cepat, soalnya mereka merasa menunggu itu “membuang” waktu mereka sehingga mereka lebih baik ditunggu daripada menunggu. Apalagi budaya ngaret orang Indonesia ‘kan kencang sekali, ya, sehingga anyak orang berfikir, “Ngapain datang cepat-cepat? Temen gue juga pasti ngaret!”

Kalau kamu termasuk orang seperti ini, ingat, kamu bisa melakukan banyak hal, kok, sambil menunggu teman kamu datang. Misalnya, baca buku, bales-balesin e-mail, menyelesaikan pekerjaan di laptop, atau… ya, santai bengong aja! Pokoknya jangan merasa “takut” menunggu trus sengaja telat-telatin datang. Itu namanya kamu ikutan memperparah budaya ngaret orang Indonesia.

Saya terlambat karena.... nggak bisa membuat perkiraan waktu dengan tepat

Menurut majalah TIME, kebiasaan ngaret bisa timbul karena kita nggak bisa memperkirakan waktu dengan baik.

Coba, deh, cari tahu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan sesuatu yang biasa kamu kerjakan sehari-hari. Misalnya, mandi, dandan, nyetir dari rumah ke tempat beraktivitas setiap hari, dan sebagainya. Cari tahu waktu persisnya, ya. Diukur pakai jam! Soalnya perkiraan pribadi dengan kenyataan suka jauh berbeda.

Contohnya, saya selalu mengira bahwa saya cuma perlu 10 menit untuk mandi. Setelah diukur dengn jam, ternyata saya bisa mandi sampai 20 menit. Pantesan saya terlambat berangkat mulu! Nah, begini, nih, sifat kebanyakan orang tukang ngaret—nggak bisa memperkirakan waktu dengan baik!

Trus, ternyata orang-orang yang tepat waktu itu selalu mengalokasikan waktu dengan menggenapkan waktu ke atas. Misalnya, kalau jarak tempuh dari rumah ke kampus sekitar 20-25 menit, maka orang-orang yang tepat waktu akan mengalokasikan waktu 30 menit, untuk amannya.

Sebaliknya, orang yang biasanya datang terlambat akan membuat perkiraan waktu dengan membulatkan waktu ke bawah dengan ganjil. Misalnya, 23 menit.

Kebiasaan ini disebut DeLonzor sebagai “split second timing”, dan kebiasaan ini berbahaya karena nggak memberikan waktu luang untuk hal-hal mendadak. Misalnya, kalau di perjalanan tiba-tiba ada kemacetan tak terduga dan kamu cuma mengalokasikan waktu 23 menit, kamu bakal terlambat banget dibandingkan kalau kamu mengalokasikan waktu selama 30-35 menit.

Saya terlambat karena..... nggak pakai jam tangan!

Mengandalkan hape untuk ngecek waktu itu beresiko, soalnya perhatian kita jadi gampang teralihkan dan “kesedot” hape untuk chatting, baca-baca e-mail dan ngecek media sosial.

Lebih baik gunakan jam tangan untuk ngecek waktu demi menghindari berbagai distraksi, begitu kata New York Magazine.

waktu

Saya terlambat karena..... berusaha menyelesaikan terlalu banyak hal

Ada orang-orang yang puas dan hepi banget kalau bisa menyelesaikan semua hal dalam daftar to-do list mereka dalam satu hari. Pokoknya semakin banyak hal bisa mereka selesaikan dalam satu hari, semakin puas! Kata DeLonzor, “Mereka yakin mampu menyelesaikan banyak hal dalam jangka waktu sependek mungkin, padahal biasanya jumlah hal yang ingin mereka selesaikan itu nggak realistis dan ujung-ujungnya mereka cuma bisa melakukan 70-80% hal-hal yang ingin mereka selesaikan.”

Akibat lainnya? Mereka jadi terlalu sibuk dan rentan terlambat datang di tempat tujuan.

Punya ambisi menyelesaikan banyak hal dalam sehari itu bagus, gaes, tapi yang realistis, ya.

Saya terlambat karena..... terdistraksi saat lagi bersiap-siap pergi

Kamu pernah nggak, sih, ngecek e-mail atau medsos di hape sebelum berangkat beraktivitas, eh, tau-tau ujung-ujungnya kamu terlambat sampai di tempat tujuan? Itu adalah contoh bagaimana terdistraksi bisa membuat kamu telat.

Jadi jangan multitasking, ya. Kalau kamu harus berangkat beraktivitas, ya fokus berangkat aja. Jangan nyalain komputer dulu, liat-liat hape dulu, dan sebagainya.

Saya terlambat karena...... aktivitas terlalu padat!

Kita nggak mungkin sibuk non-stop dari bangun pagi sampai tidur malam lagi. Setiap orang pasti perlu downtime alias bersantai beberapa kali dalam sehari. Kalau dipaksain sibuk seharian, pikiran kamu bakal “protes” sendiri.

Maka luangkanlah waktu untuk leyeh-leyeh dalam sehari—main hape, baca majalah, atau apapun. Soalnya kalau kamu memaksakan diri sibuk seharian, pikiran kamu bisa kecapekan dan mendadak “minta” leyeh-leyeh sendiri. Bisa, lho! Nah, kalau pikiran kamu “minta” leyeh-leyeh pas kamu harus berangkat ketemuan sama orang gimana? Nanti malah jadi terlambat!

Jadi jangan biarkan dirimu terlalu sibuk dan bersantailah disaat kamu nggak ada kewajiban ketemu siapa-siapa!

Baca juga:

(sumber gambar: pauleannereid.com, travellers-autoban.au, alice in wonderland)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 17 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1