Cara Menjaga Kebugaran Tanpa Berolahraga

Nggak ada yang bisa menyangkal bahwa kesehatan dan kebugaran tubuh adalah hal penting. Masalahnya, banyak juga orang yang selalu mengeluh ketika disuruh berolahraga. Apakah kamu salah satu orang tersebut? Trust me, you are not alone. Memang, walaupun kita sudah punya tekad baja untuk rutin olahraga, selalu ada aja hal-hal yang bikin tekad itu runtuh. Malas bangun pagi lah, nggak ada waktu lah, gym membership mahal lah, keringat bikin kecantikan luntur lah... alasannya sejuta!

Trus gimana, dong?

Tanpa kamu sadari, ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa bikin kamu tetap fit (walaupun tetap nggak bisa benar-benar menggantikan fungsi olahraga, ya). Apa aja?

Jalan kaki kemana-mana

jalan kaki

Karena sistem transportasi sekarang sudah sangat maju, orang-orang cenderung malas berjalan kaki. Mau ke warung seberang rumah aja musti naik sepeda motor! Kalau kamu masih punya kebiasaan seperti ini, coba dihentikan, ya. Kalau tujuannya dekat, lebih baik kamu utamakan jalan kaki kemana-mana. Jauh lebih sehat, sob!

Buat cewek-cewek yang hobi window shopping keliling mal, pertahankan, sis! “Olahraga” jalan kaki keliling mal, tuh, lumayan, lho. Asal jangan jadi kebablasan belanja terus, ya.  Pokoknya jangan online shopping melulu, deh. Itu, mah, jarinya doang yang olahraga!

Naik-turun tangga

Kalau kamu anak muda yang sehat walafiat dan nggak punya masalah berat dengan kaki, haram banget hukumnya untuk lebih memilih eskalator atau lift daripada tangga! Selain karena naik tangga itu lebih sehat, juga karena mendingan kamu memberikan kesempatan bagi ibu hamil, anak-anak kecil, atau orang yang sudah sepuh untuk menggunakan eskalator atau lift. Gunakanlah eskalator hanya jika kalau kamu sedang membawa beban yang cukup berat (bukan beban kehidupan, ya) atau kalau sedang terburu-buru banget.

Asal tahu aja, naik-turun tangga itu hampir sama dengan latihan kardio, lho. Jadi, daripada mahal-mahal ikutan kelas kardio, mendingan kamu naik-turun tangga rumah atau kosan aja. Tapi jangan naik-turun di tangga tempat umum seperti mall atau gedung kampus juga, sih. Takut dikira gila. Hihihi.

Bersih-bersih sana-sini

bersih-bersih

Suntuk dan bosan gara-gara nggak ada kerjaan di rumah atau kosan? Coba lihat sekeliling kamu. Lantai kotor? Lemari berantakan? Meja belajar sarat muatan? Mobil kotornya nggak ketulungan? Got rumah mampet dengan sampah? Segera ambil peralatan bersih-bersih kamu dan mulailah beberes. Ketika selesai, kamu akan mendapat dua keuntungan sekaligus. Pertama, badan yang sehat karena bergerak kesana kemari. Kedua, lingkungan yang rapi, kinclong, dan enak dilihat. Syukur-syukur kamu dipuji orang tua, trus dikasih uang jajan ekstra. Menang banyak, sob!

Perbaiki postur tubuh

Kamu tahu nggak, kalau postur tubuh yang buruk bisa bikin kamu gampang pegal? Jadi, kalau kamu merasa pegal-pegal, jangan langsung nyalahin bantal atau kasur kamu yang mungkin sebenarnya inosen. Coba perbaiki dulu postur tubuh kamu.

Misalnya, jangan biasakan mencondongkan badan ke depan alias bongkok, karena ini bakal bikin pundak dan punggung kamu super pegel bak habis nguli seharian. Tarik bahu kamu ke belakang dan luruskan tulang punggung, saat lagi berjalan maupun duduk. Niscaya kamu nggak bakal ribet nempel-nempel koyo cabe lagi di pundak dan punggung kamu tiap hari.

Beraktivitas fisik dengan teman-teman

Sekali-sekali, kalau hang-out sama teman-teman, jangan cuma ngopi atau makan cantik aja. Ajak mereka melakukan kegiatan yang menantang, seperti hiking atau main tenis.

Lah, ujung-ujungnya olahraga, dong? Katanya ini tips bugar tanpa olahraga?

Iya, sob. Tapi coba pikirin, deh. Karena kamu berolahraganya bareng teman-teman, jadi muncul rasa kompetitif yang bikin kamu terpacu menikmati kegiatan-kegiatan tersebut, meskipun kamunya kecapekan. Sehingga biarpun capek, kamu dan teman-teman tetap senang. That’s the point anyway, right? Atau kalau kalian hobi travelling bareng, coba selipkan agenda rock climbing ataupun snorkeling di travelling-nya. Badan fit iya, kekinian juga iya!

Buat proyek DIY

diy

Ketika kamu sedang dilanda “ombak kreativitas”, cobalah bikin sesuatu yang DIY. Nggak perlu yang susah-susah, kok. Kalau kamu punya kucing, mungkin kamu bisa bikinin kandang atau tempat bermain untuk do’i. Atau kalau kamu suka robot-robotan, kamu bisa coba bikin kostum robot dari kardus bekas. Terserah imajinasi kamu, deh! Mungkin hasilnya nggak penting, tapi kalau kamu melakukan sesuatu yang kamu suka, kamu nggak akan berpikir apakah hasilnya berfaedah apa nggak. Dan karena badan kamu terus bergerak saat melakukan proyek DIY tersebut, kamu jadi makin sehat, deh!

Bermain bersama anak-anak

Anak-anak umur 3-12 tahun itu terkenal dengan energi mereka yang luar biasa. Nggak bisa diem! Jadi, untuk melatih stamina kamu, coba main bareng mereka. Mainnya “main fisik”, ya, seperti misalnya petak umpet, tak benteng, galasin, naik sepeda keliling kompleks, atau sekedar lari-larian. Selain jadi bisa mengenang masa kecil, kamu juga jadi bisa membantu mereka beralih sejenak dari gadget atau permainan elektronik. Tunjukkan kepada mereka kalau bermain di lapangan sampai keringetan itu jauh lebih seru!

Kalau kamu nggak punya adik atau keponakan yang  bisa diajak main bareng, kamu bisa gabung sama anak tetangga atau anak SD di sekitar rumah kamu, asalkan kamunya juga cuek dilihatin orang-orang gabung main galasin sama anak-anak SD, hihihi.

Dance it out!

dance it out

Nggak ada yang bisa bikin kamu hepi maksimal selain cuek jadi diri sendiri, termasuk saat joget-joget. Bikin, deh, playlist yang isinya lagu-lagu nge-beat, pasang di kamar dengan volume paling keras—atau pakai earphones kalau takut ganggu tetangga—trus menarilah sesuka hati! Gayanya bebasin, deh, shay. Salsa, zumba, hip-hop, freestyle, apapun. Yang penting badan kamu gerak sampai keringetan.

Harus diakui, anak dugem boleh berbangga hati, karena secara nggak langsung, dugem bisa bikin sehat! Tentunya kalau tujuan utama dugemnya joget-joget maksimal, ya, bukan untuk mabok, pakai narkoba, atau berantem. Apalagi ngedugem abal seperti yang biasa kamu lihat di sinetron yang tujuannya melebay-lebaykan kehidupan. Ah.

***

Tuh, nggak susah, ‘kan, hidup sehat tanpa berolahraga? Selain melakukan hal-hal di atas, maksimalkan stamina kamu dengan teratur makan sehat serta banyak minum air putih, ya. Meskipun bermanfaat, olahraga bukan cuma satu-satunya solusi hidup sehat, kok!

(sumber gambar: express.co.uk, dailymail.co.uk, elmercurio.com, fotolia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 16 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1