Liburan di Rumah Aja? Ini 11 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan di Rumah

Liburan akhir tahun udah tiba! Kamu ada rencana ke mana nih? Atau kamu nggak ada rencana ke mana-mana, aka hanya di rumah. Tenang, jangan berkecil hati! Nggak perlu iri sama postingan teman-teman atau kerabatmu yang lagi liburan ke luar negeri atau luar kota.

Liburan nggak harus pergi travelling, lho, gaes. Liburan itu saat di mana kamu berhenti sejenak selama beberapa hari atau beberapa minggu dari aktivitas sekolah, kuliah maupun kerja.

Kamu juga tetap bisa kok liburan dengan ngelakuin hal-hal keren ini! Gimana tuh caranya?

1. Bermain

bermain

Saat liburan di rumah aja, kamu bisa bermain bersama teman atau keluarga. Permainan sejenis board game cocok untuk dimainkan bersama teman ataupun keuarga saat liburan. Contohnya uno, monopoli, stacko, scrabble, atau Othello.

2. Menonton acara TV favorit

acara TV favorit

Karena aktivitas sehari-harimu yang sibuk, kamu mungkin jarang menonton TV. Tapi terkadang kamu bosan sama acara TV yang itu-itu saja. Nah, kamu bisa menonton konten-konten yang menarik di Youtube.

3. Maraton film atau serial

maraton movie

Setiap hari nggak sempat me time? Nah, liburan adalah waktu yang tepat untuk leyeh-leyeh tanpa merasa berdosa. Lakukan apa yang nggak bisa kamu lakukan saat sibuk, misalnya maraton nontonin film atau serial-serial favoritmu misalnya drama Korea.

4. Melakukan hobi atau kegiatan yang kamu gemari

baca buku

Kesibukan sehari-hari membuatmu jarang melakukan hobi seperti berolahraga, membaca buku, menggambar, menyanyi, memasak, dan lainnya. Melakukan hobi di hari libur bisa membantumu menghilangkan kejenuhan dari aktivitas dan kesibukan sehari-hari, lho.

5. Membuat benda-benda unik atau kerajinan

DIY

Daripada nganggur, mending kamu membuat benda-benda Do It Yourself (DIY) seperti membuat kerajinan, gantungan kunci, boneka, atau benda-benda lainnya. Selain bisa dibuat koleksi, kamu juga bisa mengembangkan kreativitasmu.

Oya, kamu bisa melihat tutorial DIY kekinian di Instagram atau di Youtube, ya, gaes!

6. Dekorasi kamar

dekorasi kamar

Bosan sama suasana kamar yang itu-itu aja? Saat liburan, kamu bisa manfaatkan untuk mendekorasi kamar atau menata ulang barang-barang yang ada di kamarmu. Seperti pasang wallpaper baru, mengecat ulang, mengubah posisi tempat tidur atau lemari, sampai menghias kamar biar lebih cozy. Meskipun kamu nggak kemana-mana, dijamin bakalan betah di rumah, deh!

7. Membuat aneka makanan dan jajanan

membuat kue

Buat kamu yang suka makan, kamu bisa membuat sendiri makanan atau jajanan tersebut untuk keluarga atau teman-teman. Membuat dan memakannya bersama kerabat akan menambah nilai kebersamaan, lho. Dengan begitu, kamu tidak perlu pergi ke restoran atau café dan menghemat uang, ‘kan?

8. Meluangkan waktu untuk belajar

belajar

Nah, kalo kamu anak SMA (yang mau ujian) atau mahasiswa. Kamu bisa mencuri start dengan mempelajari materi pelajaran berikutnya atau materi yang belum dipahami. Kalau semua orang di Indonesia seperti ini, Indonesia pasti bakal menjadi negara yang lebih maju, deh. Hihihi.

9. Berkebun di halaman rumah

berkebun

Selain menghias area rumah, dengan berkebun, kamu telah membantu menambah jumlah kadar oksigen di area rumahmu, lho. Tanaman seperti bunga-bunga, tanaman hias, dan tanaman buah cocok untuk ditanam di halaman rumah. Kalo tanaman di halaman rumahmu udah penuh, kamu bisa sekedar menyiram tanaman.

10. Membersihkan ruangan

bersihkan ruangan

Adakalanya, kamu jarang membersihkan ruangan karena kesibukan sehari-hari. Ruangan yang bersih pastinya membuat suasana di rumah menjadi nyaman saat liburan. Nggak cuma itu, ruangan yang bersih menghindarkan kamu dari debu atau kotoran yang menjadi sarang bagi nyamuk.

11. Produktif untuk mendapatkan keuntungan tambahan

preloved baju

Banyak peluang usaha yang bisa kamu lakukan seperti menjual barang bekas ataupun menjual makanan dan minuman saat Car Free Day (CFD). Ya, meskipun hasilnya nggak seberapa. Tapi keuntungan yang kamu dapatkan bisa kamu tabung untuk ke depannya, gaes.

***

Waah, ternyata ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat liburan, ya? Jadi, nggak bingung lagi menentukan mau ngapain saat liburan nanti, dong? Biar nggak mati gaya, kamu harus variasikan kegiatan kamu selama liburan. Tenang aja, liburan di rumah juga bisa bermanfaat kok, gaes!

Baca juga:

 

 

(Sumber gambar: juiceworks.com.my, picjumbo.com, bandt.com.au, theodysseyonline.com, cnbc.com, darbysmart.com, .dekoruma.com, food-hacks.wonderhowto.com, sporteluxe.com, heysigmund.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1