Susah Fokus? Inilah 10 Trik Agar Kamu Konsentrasi Belajar dan Bekerja

Sering nggak kamu merasa susah fokus saat melakukan sesuatu, terutama saat belajar dan menyelesaikan tugas? Kayaknya adaaaa aja distraksi yang mengalihkan perhatian kamu!

Nggak cuma kamu, kok. Saya dan sekitar 95 persen orang lainnya mengalami problem yang sama, yaitu susah fokus. Palingan yang beda adalah level masalah yang dialami dan kemampuan buat mengatasinya.

Jangan syedih, sob. Cobain, deh, 10 trik yang bisa bikin kamu jadi fokus berikut ini.  Nggak pakai sulap, apalagi sihir, tapi cukup ampuh untuk menambah konsentrasi. Yuk!

1. Rapikan meja atau tempat belajar kamu

Saat belajar, pastikan kamu memiliki space yang cukup. Jangan sampai area belajar kamu kebanyakan barang dan kertas yang menumpuk. Tempat belajar yang penuh, sumpek, dan kebanyakan barang bikin kamu susah untuk berkonsentrasi.

meja belajar

2. Pilih tempat duduk yang nyaman

3. Matikan/jauhkan gadget yang nggak berhubungan dengan pelajaran

Terutama yang berkaitan dengan medsos, Youtube dan game. Hal-hal tersebut cuma bakal menggoda kamu buat “main-main” dan lupa sama pelajaran dan tugas.

Lagipula, kalau setiap 5-10 menit sekali kamu cek hape dan medsos, kamu bakal makin susah konsen. Tugas kamu nggak kelar-kelar, deh!

4. Kondisi perut jangan lapar, dan jangan kekenyangan

Dua-duanya bikin nggak konsen, sob! Buat kondisi perut sedang-sedang aja, deh.

5. Cukup istirahat

Makanya, Youthmanual berkali-kali menjelaskan, belajar dengan gaya sistem kebut semalam sebenarnya sama sekali nggak efektif, karena hanya akan bikin kamu ngantuk dan capek.

Tapi gimana kalau rasa kantuk muncul setiap belajar, padahal kalau nonton TV segar-segar aja? Ini adalah “penyakit” yang memang sering muncul, dan sebenarnya wajar aja. Toh belajar memang membutuhkan energi dan konsentrasi ekstra dibandingkan kegiatan yang santai dan pasif, seperti menonton TV.

6. Pilih waktu dan gaya belajar yang paling pas untuk kamu

Soalnya cara belajar yang efektif untuk tiap orang bisa berbeda-beda banget, sob. Sebagai contoh, mungkin kamu lebih suka belajar dengan suasana agak ramai, seperti di kafe, sementara saya lebih suka belajar dengan keadaan hening di kamar.

Kalau kamu bingung sama gaya dan waktu belajar yang cocok untuk kamu sendiri, coba cari tahu lewat tes Youthmanual di sini.

waktu belajar

7. Atur dan beri batas waktu belajar

Hal ini bertujuan supaya terpacu dan nggak berleha-leha. Soalnya belajar atau mengerjakan tugas dengan terlalu santai jadi bikin kamu sukses konsentrasi. Salah satu metode belajar/bekerja dengan cara mengatur waktu adalah teknik Pomodoro. Tertarik nyoba?

8. Buat daftar

Daftar ini berisi target-target yang ingin kamu capai selama sesi belajar/mengerjakan tugas. Apalagi terkadang ada beberapa hal yang mesti dikerjakan bersamaan.

Pastikan to-do list kamu jelas dan jangan kepanjangan. Semakin simpel daftarnya, semakin besar peluang kamu untuk fokus menyelesaikannya.

9. Kerjakan/pelajari hal yang mudah atau berkaitan dengan kreativitas terlebih dahulu

Trik ini bisa dilakukan saat kamu berhadapan sama beberapa tugas/pelajaran sekaligus. Kerjakan dulu tugas yang “menyenangkan”, yaitu pelajaran/tugas yang lebih ringan atau berhubungan dengan bidang kreatif.

Dengan demikian, otak kamu masih bisa berkonsentrasi untuk tugas berikutnya yang lebih berat. Kalau kamu mengerjakan tugas yang berat duluan, energi dan fokus kamu jadi terkuras duluan.

Trik ini serupa dengan tips klasik untuk mengerjakan soal-soal ujian, yaitu kerjakan yang gampang duluan.

10. Berikan reward pada diri kamu, saat berhasil berkonsentrasi dan memenuhi target belajar/mengerjakan tugas.

Reward-nya nggak ribet kok. Bisa sesederhana mentraktir diri sendiri, nonton serial favorit, dan lainnya. Saya sendiri tipe orang yang menerapkan ini. Rasanya jadi lebih semangat untuk berkonsentrasi, saat tahu ada “hadiah” kecil yang menanti!

(sumber gambar: livelifewellconsulting.com, decoholic.com, source.ca)

LATEST COMMENT
Najmu Laila | 2 jam yang lalu

Doakan anak ips ini yang akan lintas ke oseanografi undip 2021

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Karen | 1 hari yang lalu

Apakah bisa anak IPA masuk HI jalur SNMPTN ?

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
dea | 2 hari yang lalu

Kalau misalnya maksimal ngambil 24 sks, tapi cuma ngambil 21 sks karna mata kuliah penuh, trs 3 sks nya gimana? Terima kasih

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Melati Putri | 2 hari yang lalu

Psikologi undip saintek atau soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©