Peluang Beasiswa Kuliah di Bidang Media Kreatif SAE Indonesia

Kamu lulusan SMA tahun 2021, 2020, atau 2019? Aktif, bersemangat, dan suka bidang kreatif? Jika jawabannya YA, kamu berpeluang untuk mendapatkan beasiswa SAE Indonesia 2021. Bersama Rencanamu.id, SAE Indonesia sedang mencari calon mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa kuliah.  Simak informasi lengkapnya.

SAE Indonesia mencari mahasiswa yang aktif, bersemangat, dan berjiwa kepemimpinan untuk diberikan beasiswa. SAE sendiri merupakan lembaga pendidikan internasional yang fokus di bidang media kreatif. Nah, beasiswa SAE Indonesia ini bekerja sama dengan Rencanamu. Jadi, pendaftaran dilakukan di laman Rencanamu.id.

Prodi yang Ditawarkan

Bentuk beasiswanya ada yang berupa biaya kuliah penuh serta parsial. Prodi yang membuka kesempatan beasiswa adalah:

  • D3 Music Business
  • D4 Audio Production,
  • D4 Digital Film Production,
  • D4 Visual Effects & Animation

Jadwal Beasiswa

  • Pendaftaran beasiswa: 1 Mei – 26 Mei 2021
  • Mengisi tes online: 27 - 28 Mei 2021
  • Pengumuman lolos tahap I (seleksi berkas): 7 Jui
  • Tes Akademis virtual (Academic Practical Test): 14 – 15 Juni
  • Wawancara Scholarship Committee secara virtual: 28-30 Juni

Tips & Cara Mendaftar Beasiswa SAE Indonesia

a. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi data di laman SAE yang ada di Rencanamu.id.

b. Menyertakan portofolio yang berhubungan dengan program studi pilihanmu. Kalau bidang studi yang kamu pilih seputar musik, maka nggak perlu portofolio olahraga atau Seni Rupa, ya.

c. Menyertakan motivation letter atau surat motivasi berbentuk esai dengan ketentuan:

  • Tema: “Apa yang memotivasi kamu untuk mendaftar beasiswa?”
  • Sekitar 1000 kata, diketik dengan font Arial, ukuran 11, dan spasi 1.5.
  • Sebagai catatan. usahakan untuk tidak menulis tentang keuntungan pribadi yang akan didapat atau masalah finansial pada motivation letter.

Tip dalam membuat esai motivation letter adalah mesti memuat mengenai dirimu serta alasanmu memilih program studi dan juga kampus SAE Indonesia. Kemudian, apa tujuan kamu mengikuti program beasiswa ini, apa saja manfaat yang bisa didapatkan seandainya kamu berhasil mendapatkan beasiswa. serta apa kontribusi yang bisa kamu berikan pada masyarakat dan pada SAE Indonesia.

Niat, semangat, dan kegigihanmu akan dinilai dalam surat motivasi ini. Selain itu dilihat pula sejauh mana kamu mengetahui dan memahami prodi yang dipilih dan juga SAE Indonesia.

d. Surat rekomendasi yang berasal dari individu atau lembaga yang terasosiasi dengan bidang yang diminati. Surat rekomendasi ini minimal satu (1) ya. Misalnya, kamu mau ambil kuliah prodi Film. Kamu bisa meminta surat rekomendasi dari pengajar ekskul film atau dari juri yang pernah menilai filmmu. 

e. Fotokopi sertifikat pencapaian yang dimiliki, bisa berupa penghargaan, sertifikat partisipasi dalam  training/workshop, dan lainnya.

f. Iijazah atau Surat Keterangan Kelulusan atau Raport kelas 12

g. Fotokopi kartu identitas (Kartu Pelajar/ KTP/ Passport)

h. Mengerjakan tes (non akademis) di TALENTICS. Secara umum tes ini untuk mengetahui dirimu. Nggak ada yang perlu dipelajari dan dihafal untuk tes ini. Jawab saja dengan jujur dan konsentrasi.

i. Jika lolos tahap pertama, maka kandidat peraih beasiswa akan menghadapi tes akademik. Yang ini jelas harus belajar, ya.

j. Proses terakhir adalah wawancara dengan komite beasiswa SAE Indonesia. Jawab pertanyaan dengan menjelasakan, jangan cuma bilang ‘ya’ dan ‘tidak’. Kendalikan rasa degdegan. Wajar jika kamu sedikit gugup, namun jangan biarkan persaan tersebut menguasai dirimu.

Dalam wawancara, pihak SAE Indonesia ingin mengenali dirimu. Mereka mencari kandidat peraih beasaiswa yang berani, aktif, kreatif, dan penuh semangat. Maka tonjolkanlah hal tersebut dalam wawancara dengan menceritakan pengalamanmu.

Mereka juga ingin tahu apakah kamu benar benar berminat belajar di SAE Indonesia, khususnya di prodi yang dipilih.

Jadi, apakah kamu adalah orang yang tepat untuk beasiswa ini? Buruan daftar di sini.

LATEST COMMENT
Ade Siip | 1 jam yang lalu

Gimana, caranya saya bisa kuliah, nya.?

8 Hal yang Nggak Diajarkan di Bangku Perkuliahan Tapi Bermanfaat untuk Kesuksesan
Dieva M | 1 hari yang lalu

Kak itu kakak ambil jurusan sastra apa kak, dan di universitas mana? Dan untuk matkul mintologi Yunani itu ambil jurusan sastra apa kak?

8 Mata Kuliah Paling Seru di Jurusan Sastra
Ignatius Yulianda Adi Prakasa | 2 hari yang lalu

Terimakasih ka....

Keuntungan Mencatat di Kelas
Naufal | 3 hari yang lalu

kalo gua sih suka olahraga dan fotografi nya ya. Apalagi main futsal, lebih bisa bonding dan bisa reunian aja gitu sama temen tongkrongan jaman SMA hehehe :D. Tapi makin kesini makin nyari hobi yang bisa menghasilkan uang sih, kayak dari artikel ini http://www.hobiberuang.com/hobi-yang-menghasilkan-uang/…

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Alivia Salsabila | 4 hari yang lalu

Kalau tulisan tangan jelek, kira" masih bisa masuk ngga ya?

7 Hal yang Dialami Mahasiswa Jurusan Sejarah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1