Jurusanku: Hukum Universitas Sahid, Oik Ramadlani

Di rumpun soshum, prodi Ilmu Hukum termasuk salah satu favorit. Peminatnya nggak hanya pelajar IPS, tapi juga Bahasa dan IPA. Nah, Oik Ramadlani, alumnus Universitas Sahid Jakarta (Usahid) angkatan 2015 membagi cerita mengenai pengalamannya kuliah di prodi Hukum. Penting dibaca untuk kamu yang berminat mengambil prodi ini.

Jurusanku:

“Prodi Hukum mempelajari berbagai ilmu tentang Hukum, mulai dari teori sampai beracara. Kita diajarkan pula mengenai hukum yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Sebab Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan daerah yang memiliki aturan tersendiri.

Saya memilih jurusan ini karena mempelajari ilmu Hukum adalah passion saya. Saya tidak menyukai pelajaran menghitung, rumus, dan semacamnya. Saya lebih senang membaca, memahami, serta menghafal. Saya ingin mengetahui bagaimana hukum dan sistem hukum yang ada di Indonesia. Dan nantinya, saya ingin menjadi seorang advokat sukses.”

mahasiswa hukum sahid

Di kampus, Oik juga aktif sebagai Ketua Senat Mahasiswa 2018/2019.

Mata kuliah penting dan menarik:

“Hukum Pidana dan Acara Pidana. Sebab saya senang beracara atau turun langsung ke lapangan dan menghadapi kasus dalam persidangan.”

Tugas kuliah dan ujian:

“Di prodi Hukum Universitas Sahid ada tugas praktik dan tugas tertulis, sehingga mahasiswa bisa menguasai teori maupun praktik. Tugas kuliah yang berbeda-beda tersebut menjadikan saya harus teliti dan disiplin (dalam mengerjakannya).

 Pada saat ujian, soal yang diberikan mendorong mahasiswa untuk berpikir lebih luas, namun harus tetap sesuai aturan dan undang-undang.”

jurusan hukum

Peminatan/konsentrasi studi:

"Di prodi Hukum Universitas Sahid, ada 2 peminatan yang dipilih pada semester 7, yaitu: 

1. Hukum Bisnis : Lebih mempelajari hukum tertulis, seperti membuat perjanjian, (dokumen) legal, akta, dan lainnya.

2. Hukum Acara : Mahasiswa belajar untuk beracara dalam persidangan atau dalam mengahadapi sebuah kasus/permasalahan hukum."

Peluang karier:

"Pekerjaan yang dapat dimasuki lulusan studi Hukum nantinya adalah advokat (Pengacara), Notaris, Hakim, penuntut umum, konsultan hukum, divisi legal perusahaan, dan pekerjaan dalam bidang hukum lainnya.

Sejauh ini alumni Usahid ada yang menjadi konsultan hukum dalam suatu perusahaan dan ada pula yang  menjadi advokat."

Karakter dan kemampuan yang perlu dimiliki:

“Mahasiswa hukum perlu memiliki sikap kritis dan peka terhadap permasalahan yang ada dalam masyarakat sehingga mampu membantu menyelesaikan. Selain itu, ia juga harus berani berbicara dan mengambil keputusan, serta bersikap tegas dan cermat.

Hal lain yang membantu perkuliahan adalah kemampuan memahami dan mengolah informasi (bacaan), daya hafal, kreativitas, serta karakter toleran dan fleksibel.”

Di samping kegiatan akademik dan organisasi kemahasiswaan, Oik juga tergabung dalam tim paduan suara kampus, sering diundang menyanyi solo di berbagai acara, serta berpengalaman bergabung dalam tim marketing kampus.

Jurusan yang memiliki kesamaan dengan prodi Hukum:

“Jurusan bidang Sosial dan Politik, karena ada sangkut pautnya juga dengan hukum.”

Kekhasan prodi Hukum di Usahid:

“Kuliah Hukum di Usahid pasti akan menjadikan mahasiswanya kritis dan berani berbicara. Dari pengalaman kuliahku, informasi dan ilmu yang disampaikan dosen kepada mahasiswa sangat jelas. Sehingga kita enjoy menerima dan mengikuti mata kuliah.”

Salah kaprah mengenai prodi Hukum:

“Banyak orang yang takut masuk jurusan Hukum karena menganggap orang (yang bekerja di bidang) hukum atau politik pasti tidak bersih dan tidak adil. Padahal tidak benar. Mengambil studi Hukum justru menyenangkan dan menjadikan kita orang yang open minded.”

Pesan untuk pelajar yang ingin kuliah prodi Hukum:

“Jadilah orang yang berani, memiliki sikap kritis terhadap apapun, dan jujur. Kritis dan jujur adalah sifat mendasar yang harus dimiliki.”

Oik dalam acara orientasi studi mahasiswa baru. Ia kerap menjadi pembicara dan MC di berbagai acara. Btw, kemampuan berbicara merupakan salah satu kualitas penting untuk dimiliki mahasiswa Hukum.

Baca juga:

(sumber gambar: pixabay.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1