Profesiku: Asisten Kurator (Kurator Junior), Eleanor Clayton

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi kurator (asisten kurator).

Eleanor Clayton adalah seorang Kurator (Curators) yang berdomisili di Inggris. Ia merupakan lulusan Courtauld Institute of Art, University of London, mengambil program Modernism in Britain. Ia menceritakan pengalamannya bekerja sebagai asisten kurator (kurator junior) bagian pameran dan display kepada The Guardian. Berikut rangkumannya.

Profesiku:

“Asisten Kurator.”

Tugasku sehari-hari:

"Jika sudah ada ide dan tema pameran yang rencananya akan dilakukan, asisten kurator harus membaca dan mencari  tahu apakah pernah ada eksibisi dengan ide dan tema serupa, atau ini baru pertama kali diadakan. Bila pernah ada pameran serupa, cek seputar acara dan tema yang pernah diadakan.

Berikutnya, pikirkan karya yang ingin ditampilkan dalam pameran tersebut. Trus, Lakukan riset di mana karya seni itu berada (bisa jadi di berbagai belahan dunia).Setelahnya, buat surat untuk meminjam karya. Biasanya, kalau antara institusi, direktur museum/galeri akan mengirimkan surat.

Bisa juga meminjam karya seni yang dimiliki perorangan (kolektor). Biasanya, kami  bernegosiasi langsung dengan si kolektor.

Lama proses untuk mewujudkan satu eksibisi seni bisa berbeda-beda. Umumnya, sekitar 2 tahun. Tapi untuk pameran yang menampilkan seniman besar dunia seperti Turner, Monet dan Twombly, persiapannya bisa hampir 6 tahun.

Soalnya, seniman besar sangat berkomitmen dengan apa yang mereka lakukan. Selain itu, jadwal mereka juga dipenuhi  dengan berbagai pameran di seluruh dunia."

kurator profesi

Eleanor dan saat bekerja di Tate.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang kurator:

"Sekarang, banyak pelatihan untuk menjadi kurator. Namun menurutku yang terbaik adalah belajar (kuliah master) bidang sejarah seni dan sambil kuliah melakukan pekerjaan voluntary ( di bidang seni/museum).

Gelar di bidang sejarah seni akan lebih dibutuhkan jika kamu ingin bekerja sebagai kurator museum, ketimbang kurator galeri seni. Tapi seorang kurator akan banyak belajar dengan menjalankan pekerjaannya.

Selain itu, kemampuan berbahasa asing juga sangat membantu pekerjaan ini, terutama bahasa Perancis, Italia atau Spanyol. Soalnya, kurator akan berkomunikasi dengan banyak orang dan institusi. Jadi akan lebih memudahkan jika menguasai bahasa mereka.

Saya sendiri bisa sedikit berbahasa Prancis, dan ingin terus meningkatkan kemampuan bahasa tersebut.”

Tahapan untuk menjadi seorang kurator junior pameran dan display:

"Setelah lulus jurusan filsafat, aku baru menyadari ingin bekerja di museum seni. Aku memutuskan untuk meneruskan kuliah (S2) di bidang seni. Waktu kuliah, aku sempat terlibat di proyek eksibisi. Aku juga sempat magang di berbagai tempat. Setelahnya, aku diterima bekerja di Tate Britain (museum dan galeri seni publik), sebagai asisten kurator bagian program publik selama 2 tahun."

Apa hal yang nggak diketahui orang  mengenai profesi kurator:

Sometimes people think if you work in the art world, it's all parties and canapés, padahal kebanyakan pekerjaan saya justru berhubungan dengan administrasi.

Tiap pekerjaan yang dilakukan harus dengan surat-menyurat. Ada berbagai prosedur, perizinan beserta surat dan formulir yang harus saya kerjakan. Nggak banyak orang tahu mengenai pekerjaan administratif seorang kurator.”

Tips untuk anak muda yang ingin menjadi kurator:

My advice would be just to get as much voluntary experience as possible. Bagiku pengalaman bekerja sama pentingnya seperti pendidikan

Pengalaman akan sangat penting jika ingin bekerja di bidang ini. Karena pekerjaan ini sangat kompetitif. Nggak hanya berpengalaman, kamu juga harus menunjukka bahwa kamu berminat dan memiliki etika kerja (yang sesuai dengan bidang ini). Kamu juga harus membuktikan bahwa kamu tahan banting.”

***

Setelah bekerja sebagai asisten kurator pameran dan display di museum dan galeri seni publik Tate selama lebih dari 4 tahun, Eleanor Clayton kini menjadi kurator di galeri seni The Hepworth Wakefield.

(sumber gambar: www.pontefractandcastlefordexpress.co.uk, tote.org.uk, www.culture24.org.uk)

LATEST COMMENT
Fransiska Oktaviani | 4 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 4 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 6 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Lemon meringue | 6 hari yang lalu

Berapa jam kita belajar di kelas hukum ka? Penasaran

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1