Dari Animoji Hingga Soal Pajak: Semua Hal yang Perlu Kamu Tau Soal iPhone X

Tanggal 12 September lalu, perusahaan teknologi terkemuka, Apple, kembali mencuri perhatian dunia dengan meluncurkan seri iPhone terbarunya. iPhone X. The future of smartphone—begitu ponsel ini digadang-gadang. Weits!

Kalian penasaran nggak sih, gaes, apa yang membuat smartphone teranyar Apple ini begitu mencuri perhatian banyak orang? Well, selain fakta bahwa harganya nggak beda jauh sama harga motor matic, tentunya.

Nah, kalau kalian penasaran, simak daftar fitur unggulan dan inovasi teknologi yang diusung oleh iPhone X di bawah ini. 

1. iPhone X memiliki desain layar tanpa batas (bezel-less screen) berukuran 5.8 inch. Dibekali teknologi OLED dengan resolusi 2436 x 1125, membuat iPhone X menjadi seri iPhone yang punya resolusi layar terbaik saat ini. 

2. Bye bye home button! Untuk mendapatkan pengalaman layar bezel-less  yang sempurna, Apple memang mengorbankan tombol home button yang udah bertahun-tahun jadi ikon dari beragam produk iPhone. Tapi, sebagai gantinya, iPhone X menerapkan fitur swipe-to-home dan rise-to-wake buat ‘membangunkan’-nya dari mode sleep.

3. Nggak ada home button, berarti nggak ada Touch ID. Nggak ada Touch ID berarti… it’s time for Face ID! Yes, Apple meng-upgrade sistem keamanan di seri iPhone ini dengan menggunakan Face ID, sebuah teknologi pengenalan wajah canggih yang memungkinkan penggunanya buat me-lock dan unlock perangkat ini dengan wajah mereka. Nggak perlu ketik password atau tempelin jempol lagi, kini cukup dengan melihat ke arah handphone kamu udah bisa ngebuka kuncinya dengan mudah.

5. Beralih ke kamera, iPhone X dilengkapi dengan fitur dual camera beresolusi 12 megapixel yang pastinya mantep banget buat foto-foto. Lebih lagi, ada pengaturan Lighting Potrait yang membuat kualitas foto dari iPhone X nyaris setara dengan hasil foto studio. Efek dari pengaturan ini pun bisa macem-macem nih, gaes! Ada efek cahaya natural, cahaya panggunng, studio light, sampai contour light

iphone x

6. Animoji! Fitur yang satu ini sebenarnya nggak penting-penting amat sih, tapi menarik buat dibahas. Apple mengembangkan teknologi animated emoji yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan dalam bentuk animasi yang gemesin. Didukung oleh fitur Face ID, animasi tersebut bahkan bisa menirukan ekspresi dan ucapan dari penggunanya. Lucu, ya?

7. Nggak seperti ponsel-ponsel android keluaran pesaingnya (ekhem… Samsung), Apple emang termasuk telat dalam menerapkan fitur wireless charging. Nah, iPhone X ini jadi produk perdana Apple yang menggunakan teknologi tersebut. Meski begitu konon, wireless charging ini juga bisa dipakai buat nge-charge perangkat Apple lainnya lho, kayak Airpods dan Smart Watch. Hmm…

8. Canggihnya, fitur-fitur yang udah disebutkan di atas tentu butuh ‘otak’ yang gak kalah canggih, nih, untuk mengoperasikannya. Otak ini bernama Apple A11 Bionic, prosesor khusus buatan Apple yang disisipkan ke dalam tiap perangkat iPhone X. Prosesor inilah yang bikin iPhone X punya power dan kecepatan yang jauh lebih unggul dibanding smartphone lain di kelasnya seperti. Ditambah dengan RAM 3 GB dan iOS 11.0, iPhone X bahkan disinyalir sanggup mengalahkan performa dari sebuah MacBook Pro. 

***

Itu dia tadi fitur-fitur unggulan yang dibanggakan Apple dari smartphone keluaran terbarunya ini. Udah mupeng pengen beli? Sabar, sabar. Ada beberapa hal nih yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengadopsi si iPhone X ini.

Pertama, tentu soal harganya yang cukup bikin kita mengelus dada. Tau nggak, di Amerika sendiri, satu buah iPhone X dibandrol dengan harga mulai dari US$ 999. Whew... sebuah harga yang fantastis ya untuk ukuran smartphone. Belum lagi kalau nanti iPhone X ini masuk ke Indonesia, harganya bisa-bisa naik 50% dari harga aslinya. Psst, dari desas-desus yang beredar, harga iPhone X di Indonesia nantinya diprediksi bisa mencapai 21 juta rupiah lho, gaes. Hm... kalau saya sih uang segitu mending buat beli motor matic yah. Hehe.

Kedua, soal fitur. Percaya nggak kalau saya bilang, fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas sebenarnya bukan sebuah inovasi baru lagi di dunia smartphone. Face ID misalkan, teknologi pengenalan wajah ini udah pernah lho dikeluarkan oleh Samsung tahun lalu melalui fitur Iris Scanner yang pertama diperkenalkan di Samsung Galaxy Note 7. Ya.. memang nggak sama persis, tapi dengan harga yang jauh lebih murah kayaknya masih worth it untuk membeli ponsel android Samsung dibandingkan iPhone X.

Ketiga, belum lama ini ditjen pajak mengumumkan bahwa pemilik iPhone X di Indonesia nantinya wajib melaporkan kepemilikannya ini di dalam SPT pajak mereka.  Meski ini nggak berarti pajak yang dibayarkan akan bertambah, tapi kamu harus tetep menjadikan hal ini pertimbangan ya sebelum mengadopsi si iPhone X. 

So... kamu pilih beli motor atau tetap tertarik mencoba iPhone X nih, gaes?

Baca juga:

(sumber gambar: wired.com, theverge.com, businessinsider.com, cnbc.com, cnet.com

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 7 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 18 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 19 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1