Metode Eisenhower: Untuk Manajemen Waktu yang Lebih Efektif dan Efisien

Saya mau membuat pengakuan, saya adalah orang yang buruk dalam perihal manajemen waktu. Sebagai seorang seorang deadliner sejati, saya nggak bisa ngerjain tugas kalau belum H-1 batas akhir pengumpulan (jangan ditiru!). Berabe banget ‘kan tuh kebiasaan kayak gitu kalau dibiarkan berlama-lama, bisa-bisa saya nanti ber-evolusi jadi makhluk surem yang nggak produktif *merinding*.

Nah, untungnya saya menemukan satu metode yang berhasil mengubah semua itu. Yup, metode Eisenhower. Metode ini membagi tiap tugas yang harus kita kerjakan menjadi empat kategori utama: Penting dan Urgent, Penting tapi Tidak Urgent, Tidak Penting tapi Urgent, Tidak Penting dan Tidak Urgent.

Penting dan Urgent, Apa Bedanya?

Sebelum kita membahas bagaimana metode ini bekerja, tentunya kita harus tau dulu dong apa bedanya tugas ‘penting’ dengan tugas ‘urgent’ yang menjadi fondasi utama dari metode Eisenhower sendiri.

Apa itu tugas yang penting? Tugas-tugas ini ialah tugas yang secara kangsung memiliki kontribusi terhadap tujuan, misi, dan nilai-nilai hidup kita dalam jangka panjang. Ketika kita tengah mengerjakan tugas-tugas yang ‘penting’, maka secara psikologis kita akan berada dalam mode responsif yang membantu kita untuk tetap tenang, fokus, dan terbuka terhadap kemungkinan-kemungkinan baru.

Lalu, apa itu tugas yang urgent? Tugas yang urgent adalah tugas-tugas yang membutuhkan perhatian saat itu juga. Semua elemen dari tugas itu seolah berteriak “Kerjakan aku sekarang!”, dan ini membuat benak kita merespon dengan tindakan-tindakan yang defensif, cepat, dan dengan pola pikir yang cenderung lebih sempit.

Empat Kotak Sortir

Sudah paham soal perbedaan tugas ‘penting’ dan ‘urgent’? Sekarang saatnya kita bedah lebih lanjut mengenai bagaimana cara  metode ini bekerja.

Seperti yang udah sempat saya singgung tadi, metode Eisenhower membagi tugas yang harus kita kerjakan menjadi 4 kategori berdasarkan ingkat kepentingan dan level urgensinya.

Saya suka menyebutnya sebagai sebuah kotak sortir, karena untuk menggunakannya kita akan menyoritr semua tugas dan hal-hal yang harus kita lakukan untuk kemudian ‘dimasukkan’ ke dalam kotak-kotak tersebut.

1. Kotak 1: Penting dan Urgent

Kotak ini berisi tugas-tugas yang harus segera dilakukan sekarang juga. Misalkan deadline tugas. Nggak mau ‘kan kamu nunda-nunda ngerjain tugas dan berujung panik pada saat deadline tiba?

2. Kotak 2: Penting tapi Tidak Urgent

Hampir mirip dengan kotak sebelumnya, kotak ini berisi tugas yang harus dilakukan, tapi kamu masih punya banyak waktu untuk melakukannya. Jadwalkan waktu di kemudian hari untuk mengerjakanya. Contoh: menyusun rencana pilihan prodi untuk SNMPTN dan SBMPTN saat kamu masih duduk di kelas 11.

3. Kotak 3: Tidak Penting tapi Urgent

Tugas ini sebenarnya nggak penting-penting banget tapi kamu harus melakukannya saat ini juga agar nggak mengganggu tugas-tugas lainnya. Siasatnya, kamu bisa mendelegasikan orang lain untuk melakukan tugas tersebut. Contohnya adalah ketika kamu harus mengantarkan adik ke sekolah padahal kamu juga harus belajar untuk persiapan SBMPTN di bimbel. Nah, kamu bisa mendelegasikan tugas mengantar adik ini dengan memesankan ojek online untuknya. Teknologi, sob!

4. Kotak 4: Tidak Penting dan Tidak Urgent

Kayaknya saya nggak perlu menjelaskan isi kotak ini ya. Menonton film horror baru di bioskop, atau sekedar nyobain kafe-kafe hits demi mengisi feeds instagram tentunya nggak harus masuk skala prioritas. Pentingan mana, ikut Try-out SBMPTN atau nonton bioskop? Kalian pasti tau lah ya jawabannya.

***

Nah, sudah paham ‘kan mengenai metode ini? Jadi, sekarang nggak ada lagi ya alasan nggak ngumpulin tugas karena lupa ngerjain atau kelewatan deadline. Dengan metode Eisenhower, semua tugas dan kegiatan penting yang harus kamu lakukan bakal lebih terorganisir dan terencana dengan rapi. Selamat mencoba!

Baca juga:

(sumber gambar: thenextweb.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1