8 Cara Mencintai Indonesia

Sudah 74 tahun berlalu, Indonesia masih terus berusaha menunjukan eksistensinya di mata dunia. Kalau disamakan dengan umur manusia, usia negara kita sudah begitu tua, ya.

Well, kita patut bersyukur karena nggak harus angkat senjata untuk menjaga perdamaian seperti para pejuang di masa lalu.  Apalagi negara kita ini memiliki angkatan muda terbesar, sehingga diperkirakan Indonesia bisa jadi salah satu negara maju yang patut diperhitungkan di masa depan.

Itulah kenapa, sebagai generasi muda, kita memegang peranan penting untuk menjaga negara ini, karena di tangan para anak mudalah masa depan Indonesia akan di emban. Nah, berikut ini 8 cara mencintai Indonesia yang bisa kita lakukan, gaes.

Menjaga dan merawat kebersihan lingkungan bersama

Hingga saat ini, menjaga kebersihan lingkungan masih susah susah gampang untuk kita lakukan. Bukti di lapangan menunjukan bahwa masih banyak orang-orang yang suka buang sampah nggak pada tempatnya serta masih banyak perusahaan yang membuang sampah limbahnya ke sungai atau laut tanpa peduli apa dampaknya ke depan.

Mungkin menurut kalian hal tersebut merupakan masalah yang sepele dan nggak perlu dibesarkan-besarkan. Tapi, menurut saya. Langkah pertama untuk mencintai negara Indonesia sendiri adalah dengan menjaga dan merawat negara ini. Ibarat sebuah rumah, kalian tentu nggak mau rumahnya kotor, bau dan banyak hewannya, ‘kan?

Sama dengan Indonesia yang merupakan negara yang kalian tempati.  Menjaga dan merawat lingkungan bukan tanggung jawab Bapak Presiden Jokowi dan pemerintah saja, gaes. Tapi kita semua juga harus berperan untuk menjaga dan merawat negara ini bersama-sama.

Yuk, mulai dari sekarang coba membentuk kesadaran diri sendiri untuk selalu menjaga kebersihan. Dimulai dari hal-hal sederhana seperti, jangan buang sampah sembarangan, cerdas dalam penggunaan plastik, hemat air, dan lain-lain.

Taat lalu lintas saat berkendara di jalanan

Suka kesel nggak, sih, kalian kalau ada orang yang bunyiin klakson mobil/motornya saat traffic light masih berwarna merah atau saat ada mobil/motor yang nyerobot sana sini atau saat ada sepeda motor yang menyalakan lampu sein kanan, tapi belok-nya ke kiri. Duh!

Menurut saya, hal-hal seperti di atas itu sebenernya menunjukan bahwa kesadaran para pengendara untuk taat terhadap aturan lalu lintas di jalanan juga masih sangat rendah. Demi sampai di tempat tujuan lebih cepat, banyak dari kita yang bersikap egois dan seenaknya melanggar peraturan tanpa memperdulikan keselamatan dirinya dan orang lain.

Well, sebagai generasi muda belum terlambat untuk berubah jadi lebih baik dan belajar menaati peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama. Seperti nggak bunyiin klakson mobil saat lampu merah, nggak menerobos sana sini, nggak menggunakan jalur busway, atau nggak naik ke trotoar bagi para pemotor. Gimana, gampang, ‘kan, gaes?

Nggak menyebarkan ujaran kebencian atau berita hoaks

Sebagai generasi muda yang lahir di era industri 4.0., kita pasti sudah akrab berat dengan yang namanya internet. Tapi internet itu layaknya pedang bermata dua (cielah…). Di satu sisi bisa memberikan dampak yang positif, tapi di sisi lainnya bisa jadi bencana kalau dipakai dengan cara yang salah.

Maksudnya gini, gaes. Internet bisa jadi sarana kita untuk menyalurkan rasa cinta kepada Indonesia. Contoh sederhananya dengan nggak melakukan ujaran kebencian yang menyinggung hal sensitif ke orang-orang di sekitar kita Trus, kita juga nggak boleh menyebarkan berita hoaks lewat akun sosial media.

Toh, masih banyak hal-hal positif yang bisa kita sebarkan lewat media sosial. Misalnya, menyebarkan prestasi-prestasi anak muda Indonesia yang berkompetensi di ajang internasional, bantu sebarin informasi mengenai prospek jurusan kuliah A B C D atau profesi kekinian yang sedang hits, dan sebagainya.

Oyaa, kalau kita mendapatkan informasi yang agak membuat kita resah, kita harus cek dulu sumber beritanya. Jangan langsung ditelan mentah-mentah, ya. Soalnya, dengan meminimalisir berita hoaks atau ujaran kebencian, kita akan lebih nyaman saat berselancar di dunia maya.

Intinya, jadilah generasi muda yang cerdas dan bijak saat menggunakan internet. Supaya nggak cuma smartphone kita aja yang pintar, tapi si pemakainya juga. Hihihi.

Menghargai para seniman dengan nggak membeli kaset bajakan

Siapa yang di sini masih suka mengunduh lagu atau film dengan gratisan?

Yaps! Kebiasaan kita mengunduh lagu atau film dengan gratisan sepertinya sudah berlangsung sejak dulu kala hingga sekaran. Kenapa bisa gitu? Soalnya, nggak bisa dipungkiri. Saya, kamu dan mereka lebih suka cara yang instan dan gratis daripada harus bayar.

Padahal membuat musik yang bagus itu nggak mudah, lho. Begitu juga dengan para sineas yang sudah bekerja keras demi menghasilkan film yang kece dan keren. Mulai sekarang, mari sama-sama belajar menghargai karya para seniman, yuk, gaes.

Caranya mudah kok. Misalnya dengan nggak membeli kaset bajakan. Menonton film yang ingin kita tonton di bioskop. Walau lebih mahal, seenggaknya sedikit demi sedikit kita bisa menghentikan pembajakan ilegal yang merugikan negara kita ini.

Menikmati indahnya Indonesia dengan traveling ke pelosok negeri

“Aku mau liburan ke Singapura.”

“Kalau aku mau ke Jepang.”

Well, kalau biasanya destinasi liburanmu itu ke luar negeri. Next time, cobalah traveling ke pelosok Indonesia. Nikmati pesona alam dan budaya negara Indonesia yang begitu mempesona di Raja Ampat, Bali, Jogja, Kalimantan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu akan amat disayangkan sekali kalau kita melewatkan keindahan ini begitu saja. Karena dengan kita mencoba untuk menikmati segala pesona Indonesia yang ada, rasa cinta dan sayang akan negeri ini akan tumbuh dengan sendirinya, kok.

Bangga memakai produk asli buatan Indonesia

Bangga memakai produk buatan dalam negeri adalah salah satu cara selanjutnya yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda untuk menunjukan rasa cintanya kepada Indonesia.

Eittss… jangan salah! Produk-produk asli Indonesia juga nggak kalah keren dengan buatan luar negeri, lho. Bahkan, beberapa produk seperti tas, sepatu baju atau make up berhasil dipasarkan ke luar negeri.

Selain bangga produk asli buatan Indonesia bisa go internasional, kita juga ikut serta memajukan perekonomian dan lebih menghargai produk buatan negara sendiri.

Nggak melupakan budaya dan tradisi Indonesia

Di tengah derasnya arus globalisasi, otomatis akan memudahkan masuknya segala hal ke dalam negeri. Ironisnya adalah sekarang ini budaya dan tradisi khas Indonesia mulai tergerus dengan budaya asing, seperti K-Pop, dan sebagainya.

Of course, menurut saya belajar budaya atau bahasa asing itu penting. Tapi, jangan sampai lupa, sebagai generasi penerus bangsa yang baik sudah selayaknya kita terus melestarikan budaya dan tradisi kita. Karena budaya dan tradisi asli Indonesia yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita itu sangat banyaakk sekali—mulai dari Sabang hingga Merauke.

Jadi, jangan sampai pernah melupakan tradisi dari Indonesia meskipun saat ini kamu sedang menempuh jurusan kuliah Sastra Inggris, Arab, Jerman, Korea atau Cina, ya.

Tetap menjaga persatuan dan kesatuan negeri tercinta

Yang terakhir dan paling penting adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan pernah lupakan semboyan negara kita yang begitu indah yaitu Bhinneka Tinggal Ika, Berbeda-Beda Tapi Tetap Satu Jua.

Fyi, masa depan bangsa Indonesia ini ada di tangan kita. Sebagai generasi muda, kita harus menghargai setiap perbedaan yang ada. Jangan biarkan perbedaan tersebut membuat kita terpecah belah. Justru harus membuat semakin kuat, karena itulah yang membuat negara kita istimewa.

***

Itu dia beberapa cara sederhana menurut saya yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda untuk menunjukan rasa cinta kepada negara. Nggak usah muluk-muluk, yuk, coba cara sederhana di atas untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Baca Juga:

 

(Sumber gambar: publicholidays.co.id, busy.org, youtube.com, wallpapersku.blogspot.com, indospecialculture.wordpress.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 5 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1