Kabar Gembira Untuk Kita Semua! UGM Kini Berikan Kuliah Gratis Buat Para Pekerja di Bidang Peternakan

Bagimu Petani Kami Mengabdi, begitu tajuk kuliah gratis yang diberikan oleh Universitas Gadjah Mada‍ khusus untuk para peternak, petani, serta profesional di bidang peternakan. Program kuliah gratis ini diresmikan 16 September lalu.

Dalam siaran persnya, dekan Fakultas Peternakan‍, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA menjelaskan bahwa kuliah gratis ini diselenggarakan dalam rangka membantu petani mengembangkan pertanian, khususnya di bidang perternakan. Menurutnya, penting bagi para petani dan peternak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih mendalam soal bidang pekerjaannya agar dapat mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

“Tanpa ilmu pengetahuan, usaha yang dijalankan oleh peternak tidak akan berkembang,” jelas Prof. Ali dalam siaran persnya.

Peternakan: Peluang  Besar bagi Indonesia

Salah satu yang melatarbelakangi adanya program kuliah gratis ini adalah peluang usaha di sektor peternakan yang sangat besar. Menurut Prof. Ali, ini dikarenakan jumlah masyarakat Indonesia yang terus meningkat membutuhkan kualitas makanan yang semakin tinggi pula.

Kebutuhan akan hasil ternak yang meningkat ini tentunya memerlukan peternak yang andal, dong, buat memenuhi demand yang ada. Maka itu, Indonesia butuh banget, nih, peternak-peternak yang memiliki pengetahuan luas dan mendalam akan bidang yang ditekuninya.

Udah bukan zamannya nih, profesi peternak dan petani dipandang sebelah mata. Negara kita kaya akan potensi hayati dan hewani lho, sob! Kalau kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, sektor pekerjaan di bidang ini nggak bakalan kalah menghasilkan daripada pekerjaan-pekerjaan kantoran.

Prof. Ali sendiri berharap dengan adanya perkuliahan ini, peternak di seluruh Indonesia dapat meningkatkan kualitas usahanya, baik yang langsung terkait dengan ternak maupun turunannya alias produk ternak. Misalnya, pengembangan bakso sapi bergizi tinggi atau produk-produk lainnya.

Perkuliahan gratis ini menawarkan 10 materi yang akan dibawakan setiap pekan, yaitu:

Minggu 1: Sapi Potong, Sapi Perah

Minggu 2: Unggas Petelur, Unggas Potong

Minggu 3: Ransum Ternak Berkualitas, Penyembelihan Halal dan Butchering

Minggu 4: Kambing dan Domba Potong, Kambing dan Domba Perah

Minggu 5: Integrated Farming, dan Diversifikasi Hijauan Pakan.

Jadi totalnya adalah 5 minggu perkuliahan. Sementara itu, untuk jadwal kuliahnya sendiri akan dilaksanakan setiap hari Sabtu, pukul 09.00 – 12.00, materi yang ditawarkan nggak cuma soal teori, lho! Tapi juga ada sesi kunjungan lapangan yang pastinya faedah banget buat ningkatin skill para pesertanya. 'Ntaps, lah.

Minat yang Besar

Untuk saat ini, data dari Fakultas Peternakan UGM mencatat sudah ada 190 orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti perkuliahan gratis ini. Para peserta kebanyakan berasal dari berbagai daerah sekitar Yogyakarta dan juga Madura.

Banyaknya peserta yang mendaftar ini merupakan indikasi yang baik, karena selain untuk memperoleh ilmu, kuliah gratis ini juga bertujuan untuk menciptakan forum bagi para petani dan peternak dalam bertukar informasi.

“Forum ini dapat menjadi proses pertambahan pengetahuan dan relasi,” jelas Prof. Ali lebih lanjut.

Nah, gaes buat kalian yang tinggal di area Yogyakarta, berkecimpung bidang peternakan/pertanian atau mau meneruskan usaha keluarga, bisa langsung mendaftar dengan mengirim email ke [email protected]. Jangan lupa sebarkan kabar gembira ini kepada teman-teman atau saudara kalian yang bekerja di bidang peternakan ya.

Program Sarjana di Fakultas Peternakan

Selain perkuliahan gratis tadi, Fakultas Peternakan juga memiliki satu jurusan S1, yaitu program studi Ilmu dan Industri Peternakan. Prodi ini mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, lho. 

Pada SBMPTN tahun lallu prodi ini membuka 96 kursi dengan perkiraan keketatan 7,18 persen. Jadi 7 persenan dari pendaftar SBMPTN berhasil masuk jurusan ini. Ada 4 cabang peminatan di jurusan ini, yaitu konsentrasi Nutrisi dan Makanan Ternak,  konsentrasi Sosial Ekonomi Peternakan, konsentrasi Produksi Ternak, serta konsentrasi Teknologi Hasil Ternak. Kamu berminat?

Baca juga:

(Sumber gambar: tribunnews.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Siti Kholilah | 16 hari yang lalu

Permisi kak Bolehkah mengajukan cuti setelah pengajuan judul skripsi udah mepet bgt mau sempro tapi ada kendala yg buat saya gk bisa mengikuti sempro karna mau nuntasin nilai akademik Mohon solusinya bagaimna kak?

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1