Youthmanual Weekly: Kasus Pengeroyokan Siswi di Makassar Hingga Dihapusnya Ujian Nasional

Tiap minggu, Youthmanual merangkum lima artikel seru dan berfaedah untuk kamu. Kalau minggu lalu Youthmanual sudah menampilkan 5 Artikel dan Kuis Seru Untuk Mengetahui Kepribadianmu, minggu ini, kami mengkompilasi kabar dan berita terkini. Mulai dari kasus pengeroyokan siswi di Makassar yang dipicu media sosial, hingga kabar dihapuskannya ujian nasional.

Untuk melihat artikel lengkapnya, klik judul!

1. KASUS KEKERASAN DI MAKASSAR AKIBAT MEDIA SOSIAL DAN INILAH SERBA SERBI BIJAK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

pengeroyokan makassar

Lagi-lagi muncul berita miris tentang anak muda. Pada tanggal 2 November 2016 lalu, seorang siswi dianiaya teman-temannya di Makassar. Dia didorong, dipukuli, dan bajunya dilucuti paksa. Semua kejadian tersebut sengaja divideokan oleh para pelaku.

Kenapa sampai terjadi kekerasan dan pengeroyokan begini? It was all started with social media! Waduh! Baca kejadian lengkapnya, dan apa yang bisa kamu pelajari dari kasus tersebut.

2. UJIAN NASIONAL AKHIRNYA DIHAPUS!

Hari Jumat lalu (25/11), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan bahwa Ujian Nasional akan ditiadakan sementara (dimoratorium) mulai tahun 2017. Menurut Pak Menteri, hal ini sudah disetujui oleh Presiden Jokowi, hanya tinggal menunggu formalitas berupa Instruksi Presiden (Inpres).

Maksudnya apa sih, dihentikan sementara? Trus, pelajar bakal bebas dari segala ujian? Simak deh, artikelnya!

3. GONJANG-GANJING UJIAN NASIONAL DIHAPUS PER 2017: PRO-KONTRA MORATORIUM UN DAN GIMANA KELANJUTANNYA?

Mendikbud Muhadjir sudah optimis UN bakal dihapus sementara mulai tahun depan, tapi apa tanggapan Pak Jokowi?

“Masih proses, belum dirataskan (rapat terbatas). Belum. Memang, Menteri Pendidikan menyampaikannya (moratorium UN), tapi tentu saja harus ada rapat terbatas dulu yang nantinya akan kita putuskan.”

Gimana nih, kelanjutan gonjang-ganjing UN? Program apa yang akan dilakukan pemerintah? Simak juga sisi pro dan kontra mengenai penghapusan ujian nasional.

4. ANGGAPAN KAMU TENTANG GURU VS KENYATAANNYA

Tanggal 25 November lalu diperingati sebagai Hari Guru Nasional, lho! Kamu tahu nggak? Jangan cuma tahu hari konser Coldplay, dong (yang tiketnya udah kayak lotere, susyeh banget didapat, sob!).

Mungkin selama ini kamu sering menganggap pekerjaan dan kegiatan guru gampang. Masuk kelas pas jam pelajaran, kasih materi dan ujian, mengoreksi, trus masukin, nilai deh!

Eits, lihat dulu nih, kenyataan yang dihadapi guru di artikel ini. Dijamin kamu langsung pengen sungkem sama bapak ibu guru. Kalau masih penasaran, baca juga tulisan tentang 25 Curahan Hati Guru.

5. ALANDA KARIZA MENANYAKAN PERTANYAAN PENTING KE PERDANA MENTERI KANADA, DAN INI JAWABANNYA

alanda pm kanada

Awal tahun ini, Alanda Kariza menghadiri acara World Economic Forum di Davos, mewakili komunitas Global Shapers. Di sebuah sesi diskusi yang bertema "kesetaraan gender", Alanda bertanya kepada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, sebuah pertanyaan yang menarik…

“Indonesia adalah negara yang sudah pernah punya kepala negara seorang perempuan, sebelum Amerika Serikat, setelah merdeka 70 tahun.

Tapi Indonesia juga merupakan negara yang memiliki nilai-nilai agama yang menyatakan, misalnya, begitu kamu menikah, seorang perempuan harus melayani suaminya.

Saya ingin bertanya ke PM Trudeau, sebagai pemimpin negara yang multikulturan dan multi-keyakinan. Bagaimana rencana Anda mendorong rakyat, khususnya perempuan, untuk merengkuh agenda persamaan gender? Tanpa mengkompromosikan nilai-nilai agama yang mereka pegang sejak lama sekali.”

Jawaban sang perdana menteri muda dan kharismatik ini menarik banget. Baca deh, artikelnya!

(sumber gambar: wronghands1.wordpress.com, pojoksatu.id, post-gazette.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1