Youthmanual Weekly: Serba-Serbi Kuliah, dari UI, ITB, Hingga Luar Negeri

Di Youthmanual Weekly, kami memilihkan artikel seru dan berfaedah selama sepekan,  biar kamu nggak ketinggalan informasi.

Minggu ini, simak berbagai artikel seputar perkuliahan. Mulai dari perbandingan dua Perguruan Tinggi Negeri top Indonesia, Institut Teknologi Bandung‍ dan Universitas Indonesia, hal-hal yang perlu disiapkan untuk kuliah di luar negeri, jurusan kuliah yang berkaitan dengan pelajaran bahasa (kamu yang anak bahasa atau menggemari pelajaran bahasa wajib baca!), hingga tips mencari mentor di kampus.

Baca artikel lengkapnya dengan klik judul.

UI Versus ITB. Mana yang Lebih Unggul?

Siapa yang bercita-cita masuk UI? Siapa juga yang team ITB? Atau kamu galau dan penasaran menentukan yang terbaik di antara 2 PTN top ini?

Nah, kami mencoba “membedah” universitas yang terletak di Depok dan Bandung tersebut dari berbagai sisi seperti beasiswa, acara kampus, tipe mahasiswanya dan lain-lain. Perbandingan ini berdasarkan keterangan dan ulasan dari mahasiswa serta alumninya.

Perhatikan apa kata anak UI dan anak ITB soal kampus mereka. Bisa tebak mana yang terbaik?

8 Pilihan Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Suka Pelajaran Bahasa

ilustrasi bahasa jurusan

Tahu ‘kah kamu bahwa pelajaran Bahasa sangat dekat dengan jurusan Filsafat‍ dan Jurnalistik‍? Dengan memahami bahasa, akan lebih mudah bagi mahasiswa untuk memahami ilmu filsafat.  Jurusan Filsafat memang tidak secara khusus menyiapkan mahasiswa untuk memasuki industri tertentu, tapi membantu para mahasiswanya untuk berpikir secara terstruktur dan mampu memproses informasi secara jernih.

Sedangkan di jurusan jurnalistik, diperlukan kemampuan yang mumpuni dalam menulis (saat menulis materi berita), membaca (mengumpulkan dan memahami data serta melakukan riset), dan berbicara (saat mewawancara narasumber atau reportasi). Masih ada 6 jurusan lain yang nyambung dengan pelajaran bahasa. Cek penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Mau Kuliah di Luar Negeri? Persiapkan 5 Hal Ini dari Sekarang

luar negeri

Berbeda dengan persiapan untuk berkuliah di dalam negeri, persiapan kuliah di luar negeri memiliki proses dan akan memakan waktu yang jauh lebih panjang. Karena itulah, keputusan untuk kuliah di luar negeri pun juga bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan secara instan. Agar dapat berkuliah di universitas impian di negara tujuan, kamu harus mempersiapkan diri dari sekarang.

Pertama, kamu harus memilih negara tujuan, jurusan, sejak universitas yang diinginkan sejak awal. Mulai riset untuk menetapkan pilihanmu. Jangan sampai blank atau asal memilih. Simak juga hal penting lain yang mesti kamu siapkan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri plus tipsnya.

Hai Mahasiswa, Inilah Panduan Buat Kamu dalam Mencari Mentor

mentor

Memiliki mentor bukan lah salah satu kewajiban di kampus. Tapi ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari seorang mentor yang tepat. Di antaranya, Kamu bisa belajar dari pengalaman sukses (bahkan pengalaman gagal mentor, mendapat info peluang kerja, dan curhat seputar masalah perkuliahan dengan merekea.

Dan ternyata mentor itu nggak susah lho, di cari. Mereka nggak jauh dari kehidupan dan aktivitas perkuliahanmu. Cari tahu deh, siapa saja sosok yang cocok buat jadi mentor kamu.

 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 7 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1