14 Bidang Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2018 (Bagian 2)

Kemarin, Youthmanual udah bikin 14 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2018 (Bagian 1). Nah, selanjutnya, akan dibahas profesi-profesi di bidang apa aja yang punya gaji tertinggi selama tahun 2018, gaes. Check this out!

7. Teknologi Informasi dan Komunikasi

 Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seiring berkembangnya teknologi, profesi di bidang satu ini semakin tumbuh secara pesat. Dalam dunia kerja, kamu bisa memilih ingin fokus di apa aja, gaes—mulai dari perangkat lunak, perangkat keras, sistem informasi, dan IT business development.

Sebagai Software Engineering, kamu bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 15 juta (bergantung pengalaman kerja juga, sih). Seorang Manager Proyek IT memiliki gaji Rp 15 juta hingga Rp 35 juta. Sementara untuk seorang Country Manager ​bergaji Rp 125 juta hingga Rp 250 juta.

8. Konsultan Keuangan

Konsultan Keuangan

Salah satu pekerjaan yang banyak diincar orang dalam bidang ini adalah posisi Auditor. Kamu bisa memulainya dengan menjadi Konsultan Audit—yang salah satu tugasnya adalah memeriksa bukti-bukti transaksi yang ada.

Gaji yang kamu dapatkan sebagai fresh graduate atau pengalaman 1-3 tahun sebesar Rp 5 juta hingga Rp 15 juta. Bahkan kalo kamu sukses meniti karier, kamu bisa menjadi seorang Direktur dengan penghasilan sekitar Rp 80 juta hingga Rp 160 juta, lho.

9. Perpajakan

Bidang Perpajakan

Nggak beda jauh dari konsultan keuangan, di bidang perpajakan, kamu bisa memulainya dengan menjadi Payroll Officer. Kamu akan bertugas membuat laporan bulanan gaji karyawan, kontrol absensi karyawan seluruh departemen, dan lain-lain.

Fresh graduate atau pengalaman 1-2 tahun akan mendapatkan gaji mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 4,5 juta. Kamu bisa naik jabatan hingga Direktur dengan penghasilan Rp 80 juta hingga Rp 130 juta.

10. Departemen Sumber Daya Manusia

Departemen Sumber Daya Manusia

Sebagai langkah awal bekerja dalam bidang ini, kamu bisa melewati tahap Manajer Sumber Daya Manusia atau Human Resources Officer (HRO). Secara struktural, HRO merupakan posisi tingkat staf yang dipersiapkan untuk mendukung pelaksanaan fungsi Human Resources Development (HRD) secara umum, gaes.

Kamu yang mempunyai kualifikasi minimal pendidikan S1 dengan pengalaman 3-6 tahun, akan mendapatkan gaji sekitar Rp 8 juta hingga Rp 20 juta. Setelah mendapatkan pengalaman di atas 10 tahun, kamu bisa menjadi Direktur Sumber Daya Manusia dengan penghasilan sekitar Rp 135 juta hingga Rp 250 juta.

11. Staf Perbankan

Staf Perbankan

Di antara banyak kesempatan kerja, sampai saat ini lowongan kerja di bank selalu terbuka untuk semua sarjana. Kamu bisa memilih posisi awal sebagai Teller, Petugas Operasional, dan Pemeriksa Keuangan . Biasanya, besaran gaji di tahap awal sama dengan UMR masing-masing daerah hingga mencapai Rp 5 juta, gaes.

Untuk profesi Manajer Keuangan bisa memilik gaji sekitar Rp 70 hingga Rp 110 juta. Sementara yang menjabat Direktur bergaji sekitar Rp 120 juta Rp 250 juta.

12. E-Commerce

E-Commerce

Di era serba digital ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara daring. Pekerjaan ini sangat diminati, terutama untuk generasi muda.  Misalnya menjadi seorang Spesialis Media Sosial atau Data Scientist.

Sebagai pemula, kamu bisa mendapatkan gaji berkisar Rp 3,5 juta hingga Rp 10 juta. Tapi setelah sukses menguasainya, kamu bisa menjadi Content Strategist dengan penghasilan sebesar Rp 20 juta Rp 40 juta.

13. Dokter Spesialis

Dokter

Gaji sebagai seorang Dokter Spesialis di Indonesia emang nggak memiliki standar yang sama. Seorang Dokter Spesialis di Rumah Sakit pemerintah, rata-rata hanya mendapatkan gaji sebesar Rp 10 juta per bulan dan ini udah termasuk gaji pokok, insentif, dan jasa kunjungan pasien.

Sedangkan, gaji Dokter Umum per bulan hanya Rp 4,8 juta. Berbeda dengan Dokter Spesialis di Rumah Sakit swasta yang gajinya bisa mencapai minimal Rp 50 juta per bulannya.

14. Wirausaha

Wirausaha

Majunya dunia digital juga membuka berbagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis dengan lebih mudah dan cepat. Buktinya, seorang Pengusaha/Wirausahawan bisa mendapakan penghasilan setara dengan profesi yang menghasilkan gaji tertinggi di Indonesia.

Walaupun nggak mendapatkan gaji rutin setiap bulannya, tapi wirausaha memberikan kesempatan untuk mendapat penghasilan yang lebih tinggi lagi. Selain mendapatkan gaji setara atau bahkan lebih dari profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia, kamu juga akan memiliki jam kerja yang lebih bebas dan mengkontrol sepenuhnya untuk usaha yang kamu jalankan.

Jadi, kalo kamu tertarik untuk memulai bisnis, mulailah dari sekarang, ya, gaes! Karena semua keinginan hanya akan terwujud melalui sebuah action yang real.

***

Gimana, gaes, kamu udah menentukan mau bekerja di bidang apa? Atau kamu lebih tertarik untuk membangun perusahaan sendiri, nih?

 

Baca juga:

(Sumber gambar: ghanatalksbusiness.com, naureenkonsultan.com, bitcoinmagazine.com, ruidoso-nm.gov, forbes.com, telko.id, blog.ipleaders.in, elpnow.org)
 

LATEST COMMENT
Dasri Dsr | 2 hari yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 3 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 3 hari yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 4 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1