Menu

3 Pilihan Program Studi Bidang Ekonomi dan Bisnis Anti-Mainstream Berprospek Cerah

Yang disini berencana untuk melanjutkan kuliah di bidang ekonomi dan bisnis, cung tangan!

Yup, bidang ekonomi dan bisnis emang nggak pernah sepi peminatnya di kalangan calon mahasiswa. Selain karena ilmunya yang dapat digunakan di berbagai aspek kehidupan, prospek karier di bidang ini juga nggak akan pernah redup dikarenakan inovasi dan perkembangan teknologi yang sedikit banyak sangat mempengaruhi bidang ekonomi dan bisnis.

Ketika bidang ekonomi dan bisnis yang kamu minati sudah mengikuti perkembangan zaman, kamu pun juga nggak boleh kurang update soal pilihan program studi dan kariernya, dong. Kamu harus tahu bahwa di luar sana ada buanyaaak banget pilihan program studi kekinian di bidang ekonomi dan bisnis yang nggak cuma mampu menjawab tantangan di masa depan, tapi juga membuat para ahlinya sangat dibutuhkan.

Intinya, kamu harus tahu kalau pilihan program studi kuliah di bidang ekonomi dan bisnis tidaklah Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan aja. Di bawah ini ada 3 pilihan program studi kekinian dan anti-mainstream yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam menentukan pilihan program studimu. Yuk, simak!

1. Branding 

program studi branding

Di dunia ini, ada ratusan—bahkan ribuan!—perusahaan yang menawarkan produk dan jasa yang bentuk dan jenisnya sama. Kebayang, nggak, kalau sampai nggak ada pemasar yang jago branding produk dan jasa? Bisa-bisa ribuan perusahaan ini kalah saing di pasaran gara-gara mereka nggak punya keunggulan dan keunikan yang bikin produk dan jasa mereka beda dari yang lain.

Buat yang belum tau, branding adalah kegiatan untuk mengkomunikasikan suatu brand atau merek agar dikenal oleh masyarakat, dan membentuk impresi yang membuat suatu produk atau merek tertentu berbeda dengan produk atau merek serupa lainnya.

Di program studi Branding, kamu akan mempelajari seluruh elemen branding, mulai dari mendesain logo, membuat tagline, mendesain kemasan, jingle, pengiklanan, hingga riset ke masyarakat untuk mengetahui sejauh mana proses branding ini berhasil yang diukur dari bagaimana tanggapan masyarakat terhadap merek tersebut. Dengan branding yang baik, suatu brand dapat membentuk citra yang baik dengan mengambil hati masyarakat yang merupakan konsumennya.

Prospek karier yang menjanjikan: Brand Manager, Corporate Communication Specialist, Analis Riset dan Spesialis Pemasaran

2. Hukum Bisnis Internasional

program studi hukum bisnis internasional

Globalisasi membuat dunia jadi nggak berbatas, dan bidang ekonomi dan bisnis pun nggak terkecuali. Perkembangan bisnis di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir tergolong sangat pesat, dan transaksi internasional yang dilakukan oleh para pelaku usaha di negara kita semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Berbisnis pun nggak lepas dari hukum, lho, gaes. Hukum ekonomi dan bisnis yang mengikat masing-masing negara pun berbeda satu sama lain. Di program studi Hukum Bisnis Internasional, kamu akan mempelajari teori dan praktek hukum yang mengatur kegiatan bisnis baik dalam lingkup nasional maupun lingkup internasional.

Selain membahas dasar-dasar hukum dan berbagai studi kasus permasalahan hukum dalam kegiatan bisnis, program studi Hukum Bisnis Internasional juga berfokus pada kajian tentang hak dan kekayaan intelektual, perdagangan internasional, hukum korporasi, e-business, serta kemampuan pada analisis kasus hukum, serta analisa praktek regulasi dan penyelesaian sengketa bisnis internasional di luar pengadilan.

Prospek karier yang menjanjikan: Asisten Legal dan Paralegal, Analis Konflik Bisnis, Konsultan Bisnis

3. Event

program studi event

Anak muda mana, sih, yang zaman sekarang nggak doyan ngunjungin event? Event bisa berupa pertunjukan budaya, sarana hiburan, ajang pengembangan diri, atau sekadar ngopdar bareng komunitas yang semakin berkembang. Apalagi kalau kamu anaknya FOMO banget, rasanya nggak afdol kalau seminggu nggak dateng event yang hits.

Di program studi Event, kamu akan belajar bagaimana menciptakan sebuah event atau acara. Menciptakan sebuah event nggak hanya soal bagaimana merencanakan dan menyelenggarakan acara berskala kecil maupun besar, lho. Lebih dari itu, kamu juga akan belajar bagaimana mengatur orang-orang, anggaran, konseptualisasi, hingga pemasaran sebuah event dengan pengetahuan bisnis dan manajemen yang dapat diaplikasikan dalam pengadaan event.

Event adalah bisnis kreatif jadi tentunya membutuhkan orang-orang yang lebih terlatih dan kreatif dalam menangani event sehingga dapat terus menghasilkan ide-ide segar. Seluk-beluk event yang dipelajari pada program studi ini terbagi dalam 2 industri, yaitu MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) dan special event seperti event budaya, olahraga, pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya.

Prospek karier yang menjanjikan: Manajer Event, Perancang Pameran, Journey Designer

***

Gimana? Seru banget, ‘kan, pilihan program studi di atas? Nah, kalau kamu merasa salah satu program studi di atas cocok banget dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki saat ini, tentunya kamu harus gercep cari tahu kira-kira kampus mana yang menyediakan program studi yang kece ini.

Nah, Universitas Prasetiya Mulya adalah salah satu kampus yang menyediakan ketiga program studi di atas, yang kurikulum ajarnya udah nggak perlu diragukan lagi. Dengan kurikulum yang dirancang sesuai dengan kebutuhan kerja serta kerjasama industri yang kuat, kamu yang berkuliah di Prasetiya Mulya nggak perlu khawatir menghadapi persaingan dunia kerja di masa depan.

Biar nggak penasaran dengan ketiga program studi di atas dan kampus terbaiknya, kamu bisa langsung klik link di bawah ini:

Baca juga:

(sumber gambar: bbc.co.uk, behance.net, emle.org, geventm.com)

LATEST COMMENT
Muhammad Akbar | 12 jam yang lalu

Kak masuk jurusan ini harus hobbi baca buku gak??

Jurusanku: Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia, Alwansyah Nawal
Beby Nurdiana Rohman | 2 hari yang lalu

Sudah coba unduh aplikasi rencanamu belum? Coba deh, disitu kamu bisa tes minat dan potensi kamu. Siapa tau kalo udah unduh bisa kejawab pertanyaannya. Hehe :D

5 Jurusan dari Pendidikan Vokasi yang Lulusannya Banyak Dicari di Dunia Kerja
Beby Nurdiana Rohman | 2 hari yang lalu

Sudah coba unduh aplikasi rencanamu belum? Coba deh, disitu kamu bisa tes minat dan potensi kamu. Siapa tau kalo udah unduh bisa kejawab pertanyaannya. Hehe :D

5 Jurusan dari Pendidikan Vokasi yang Lulusannya Banyak Dicari di Dunia Kerja
Fadhilla Inayah | 3 hari yang lalu

OPEN PAID PROMOTE / ENDORSEMENT @fadhillanyhhh_ check bio

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©