Menu

6 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik yang Bisa Kamu Ambil di Bidang Pendidikan

Gaes, disini ada yang punya passion di bidang pendidikan?

Barangkali ada diantara kamu yang punya passion besar di di bidang tapi masih ragu untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang ini. Soalnya, bidang pendidikan seringkali dianggap nggak memiliki prospek yang menjanjikan karena pilihan kariernya yang “mentok” sebagai guru.

Duh, padahal nggak, kok.

Dalam artian yang sempit, emang, sih, tujuan utama mendalami keilmuan di bidang pendidikan adalah agar dapat menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang berkualitas. Tapi, lebih luas daripada itu, bidang pendidikan juga meliputi peran manajemen serta pendekatan psikologi dan komunikasi.

Kenapa pilih bidang pendidikan?

Saat ini, bidang pendidikan di Indonesia membutuhkan “angin segar”, gaes. Negara kita butuh banget anak-anak muda yang kreatif dan inovatif untuk membentuk sistem pendidikan yang lebih efektif, efisien, dan pastinya mampu mengatasi masalah tingkat pendidikan berbagai daerah yang kurang merata.

Setiap tahunnya, ada sekitar 75 ribu guru yang pensiun. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, jumlah usaha bidang pendidikan di Indonesia mencapai 619,947 usaha, yang kebanyakan adalah usaha mikro dan kecil, seperti tempat kursus dan startup. Belum lagi berdasarkan data Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP), rasio perbandingan antara guru dan murid di Indonesia adalah 1: 15, sedangkan UNESCO menetapkan setidaknya perbandingan 1:26 guru. Artinya, kondisi ini menjadi lahan subur bagi lulusan bidang pendidikan.

Trus, jurusan apa, nih, yang sebaiknya kamu ambil jika ingin meneruskan pendidikan tinggi di bidang pendidikan? Menurut Youthmanual, inilah 6 jurusan kuliah terbaik yang bisa kamu ambil di bidang pendidikan, yang tentunya juga memiliki prospek cerah.

1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Bisa dibilang jurusan ini adalah jurusan favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di sini, para kamu bakal mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Nggak cuma pemahaman akademis, para mahasiswa juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.

Dari namanya aja, udah ketahuan banget kalau prospek kariernya adalah menjadi guru SD. Nah, profesi ini tentunya nggak boleh kamu anggap remeh, karena Guru SD memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya dan bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Sosiologi

Prospek karier: Guru SD, Tutor

2. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 

2

Jurusan PAUD akan mempersiapkan kamu menjadi menjadi pendidik dan pembimbing anak-anak usia dini atau pra sekolah. Untuk menjadi guru PAUD, mahasiswa harus memahami dan menguasai profil perkembangan fisik dan psikologis anak usia dini yang sangat kompleks. Nggak cuma itu, kamu akan mempelajari juga bagaimana Metode, Strategi dan Model Pembelajaran bagi Anak Usia Dini (konsep Playing and learning for Early Childhood Education) secara umum.

Pendidikan anak di usia dini akan sangat mempengaruhi pembentukan karakter dan sikap anak sebagai fondasi menuju kedewasaan. Dengan pertumbuhan penduduk yang cukup cepat, populasi anak di bawah umur pun meningkat. Nah, kamu bisa memilih jurusan ini jika kamu ingin berperan serta dalam membentuk generasi masa depan bangsa yang berkualitas.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Sosiologi

Prospek karier: Guru TK, Tutor 

3. Pendidikan Bimbingan Konseling 

3

Pada dasarnya, di jurusan ini kamu akan mempelajari apa pun yang berkaitan dengan cara pembelajaran yang digunakan sebagai dasar dalam melakukan bimbingan bagi dunia pendidikan. Mayoritas materi yang kamu dapatkan adalah Ilmu Psikologi, karena Bimbingan Konseling merupakan cabang dari ilmu psikologi. Ilmu psikologi yang didapat meliputi pemahaman kepribadian, ilmu perilaku manusia, teori psikologi, dan lain-lain.

Kamu yang memiliki minat di dunia psikologi khususnya di pendidikan dan perilaku anak muda pastinya cocok banget dengan jurusan ini. Tentunya kamu harus memiliki kepribadian yang senang bersosialisasi dan memberikan solusi pada sebuah permasalahan. Lagipula, nggak hanya di dunia pendidikan, bimbingan konseling juga dibutuhkan di masyarakat secara keseluruhan.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Sosiologi

Prospek karier: Psikolog Konseling, Guru BK

4. Manajemen Pendidikan

4

Kamu yang ingin mendalami jurusan ini akan dibekali ilmu-ilmu yang mempelajari penguasaan bidang perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan proses dan infrastruktur pendidikan supaya berjalan dengan baik. Hal ini meliputi kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, teknologi informasi, sampai pengembangan kurikulum.

Mahasiswanya sudah pasti dituntut untuk terbiasa berpikir kritis dan taktis, sehingga bisa melakukan perubahan yang baik untuk program pendidikan di sekolah. Jika berkarier di sekolah atau lembaga pendidikan, lulusan jurusan ini memang nggak langsung berhadapan dengan para siswa secara formal, melainkan lebih pada manajemen sekolah dan program-programnya.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: Ekonomi

Prospek karier: Konselor Edukasi, Pengarahan, Sekolah dan Vokasi 

5. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan 

5

Jurusan ini spesifik membekali kamu mengenai pemahaman tentang kurikulum sehingga para lulusan mampu menyiapkan solusi dan mengembangkan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia. Nggak cuma itu, lulusannya juga akan dipersiapkan agar fasih dalam menggunakan teknologi dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar untuk membantu proses belajar mengajar lebih lancar dan efisien.

Kalau kamu punya ketertarikan dalam bidang pendidikan sekaligus teknologi praktis, jurusan ini bisa menjadi prioritas pilihanmu. Antusiasmemu terhadap teknologi dan kepedulianmu pada pengembangan kualitas pendidikan nggak akan terbuang sia-sia apabila kamu bisa memanfaatkannya untuk kelancaran proses belajar mengajar dan pengembangan kurikulum secara tepat guna.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: TIK

Prospek karier: Rekruter, Manajer Pelatihan dan Pengembangan

6. Ilmu Perpustakaan 

6

Ilmu perpustakaan melibatkan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, Manajemen dan Pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. Kamu akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Juga melatih mahasiswanya dalam melakukan pengelolaan arsip dan record.

Jurusan ini tentunya pas banget untuk kamu yang memiliki kesenangan terhadap penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan serta penyimpanan data dan teknologi. Dengan mendalami keilmuan ini, kamu diharapkan untuk bisa menjadi peneliti yang terampil dan memiliki daya saing dalam manajemen perpustakaan dan informasi, serta memiliki kompetensi khusus dalam pengelolaan sumber-sumber primer ilmu pengetahuan.

Cocok untuk kamu yang menyenangi mata pelajaran: TIK

Prospek karier: Pustakawan, Administrasi, Sekretaris Eksekutif 

(sumber gambar: halseynews.com, learningearly.net educationdegree.com, hesston.edu, northampton.ac.uk, mobileworldcapital.com, tqn.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 3 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©