Jurusanku: Mahasiswa Psikologi Universitas Bina Nusantara, Muliawan Ilham

Dalam seri Jurusanku, kamu bisa kenal serba-serbi suatu jurusan kuliah. Kali ini yuk kenalan dengan jurusan Psikologi bersama Muliawan Ilham.

Muliawan Ilham adalah mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara. Selain kuliah, Ilham juga punya beberapa hobi yaitu basket, motoran, dan main musik. Mau tahu seperti apa serba-serbi kuliah di jurusan Psikologi? Yuk simak!

Deskripsi umum jurusan psikologi: 

"Psikologi adalah ilmu untuk mempelajari pikiran dan perilaku, yang memiliki aneka ragam cabang keilmuan lain, seperti perkembangan manusia, olahraga, kesehatan, klinis, perilaku sosial, proses kognitif, dan lain sebagainya."

Alasan memilih jurusan:

"Karena semua yang saya pelajari di psikologi adalah ilmu yang bisa di gunakan sehari–hari dalam hidup, seperti bagaimana kita menyikapi suatu permasalahan sampai menyelesaikan permasalahan tersebut."

Mata kuliah penting:

"Menurut saya, Psikologi Kepribadian. Karena di mata kuliah ini kita mempelajari kepribadian seseorang yang beraneka ragam, dan mempelajari faktor - faktor yang menyebabkan kepribadian itu bisa timbul."

Peminatan dalam jurusan:

"1. Psikologi Industri Organisasi: bisa jadi HRD. Tugasnya seperti, merekrut dan menseleksi karyawan baru, mengembangkan SDM karyawan / pimpinan/ organisasi / perusahaan. Selain itu, bisa juga jadi motivator, trainer, serta konsultan di pemerintahan, rumah sakit, dan lainnya.

2. Sosial: Peminatan ini nantinya cocok kerja di LSM, partai politik, dan lainnya.

3. Pendidikan: bisa jadi dosen, konsultan pendidikan, guru BK (Bimbingan Konseling)"

Tugas kuliah:

"Kebanyakan tugas yang diberikan merupakan proyek atau tugas kelompok. Ada juga beberapa tugas individu seperti membuat makalah. Jadi, hampir semua mata kuliah itu ada kelompoknya."

Kemiripan dengan jurusan lain :

"Banyak mahasiswa yang memilih jurusan psikologi karena mereka tidak diterima di jurusan Kedokteran. Kemiripan kedokteran dan psikologi adalah letak penjurusan psikologi yang bisa mengarah manjedi seorang Psikiater. Seorang psikiater adalah dokter yang sudah mengambil spesialis kedokteran kejiwaan. Psikiater bertugas memberikan konsultasi seputar kesehatan jiwa, sebab mereka dilengkapi dengan kemampuan konseling dan psikoterapi.

Disamping itu psikiater berhak memberikan (resep) obat kepada pasien atau klien. Kalau Psikolog dan konselor sama sekali tidak berhak mengeluarkan resep."

Peluang karier:

"Sebenernya sih banyak, cuma rata–rata kebanyakan lulusannya bekerja di bagian HRD yang menangani sumber daya manusia di perusahaan."

Modal yang perlu dimiliki mahasiswa Psikologi:

"Harus bisa berpikir kritis untuk bisa melihat berbagai femonema yang terjadi di tengah masyarakat"

Studi lanjutan: 

"Salah satu program studi yang bisa dipilih setelah lulus S1 Psikologi adalah Psikologi Klinis.  Secara luas, Psikologi Klinis adalah bidang psikologi yang membahas dan mempelajari kesulitan serta rintangan-rintangan emosional pada manusia, tidak memandang apakah ia abnormal atau subnormal."

Tips untuk anak muda yang ingin kuliah di jurusan Psikologi: 

"Jadilah pendengar yang baik ketika sedang mendengarkan curhat teman. Tanggapi curhat mereka dengan baik. Karena nantinya ketika kita menjadi seorang Konselor, ilmu itulah (menjadi pendengar yang baik) yang nantinya akan sangat penting."

(sumber gambar : Dok. Pribadi Muliawan Ilham)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 15 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 18 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1