Fakta Jurusan Ilmu Komputer & Sistem Informasi BINUS yang Masuk 5 Terbaik di Indonesia

Berdasarkan peringkat perguruan tinggi QS World University Rankings 2020, untuk jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (Manajemen Informatika), BINUS University masuk dalam Top 5 terbaik di Indonesia, lho. Wiih, info  lengkap mengenai hal tersebut plus trivia prodi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi BINUS University bisa kamu cek di bawah ini.

1. Top University merupakan lembaga yang merilis peringkat perguruan tinggi di seluruh dunia setiap tahunnya, yaitu QS World University Rankings 2020. Nah, selain ranking secara keseluruhan, dibuat pula peringkat per bidang dan per subjek prodi/jurusan. Untuk subjek Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, BINUS masuk 5 besar terbaik di Indonesia, dan peringkat 551-600 sedunia. Selain BINUS, adapula ITB, UI, UGM, dan ITS. Yup, BINUS merupakan satu satunya kampus swasta yang berhasil menembus peringkat tersebut. Keren!

2. Ada beberapa penilaian yang menjadi parameter Top University  dalam menyusun QS World University Rankings 2020 by Subject. Salah satu nilai yang menonjol dari BINUS University adalah Employer Reputation.

Jadi, Top University melakukan survei pada perusahaan/orang yang merekrut pegawai. Mereka diminta menyebutkan 10 perguruan tinggi lokal (nasional) dan 30 perguruan tinggi internasional yang lulusannya merupakan yang terbaik untuk direkrut. Employer ini juga diminta memilih jurusan/prodi “favorit” untuk direkrut. Nggak main-main, Top University berhasil mengumpulkan 42 ribu hasil survei. Dari situ, ketahuan bahwa lulusan BINUS termasuk yang memiliki reputasi baik dimata perekrut/perusahaan.

3. BINUS sendiri memang dikenal khususnya untuk studi bidang Komputer dan Sistem Informasi. Ini nggak lepas dari sejarah panjangnya. Cikal bakal BINUS University adalah tempat kursus komputer yang berdiri tahun 1974. Institusi ini terus berkembang hingga akhirnya bertransformasi menjadi perguruan tinggi.

4. Prodi Ilmu Komputer (reguler) sudah ada sejak tahun 1987. Hal yang dipelajari di jurusan Ilmu Komputer BINUS adalah proses, teknik dan alat untuk mengembangkan sistem berbasis komputer, dengan fokus pada intelligent systems, software engineering, teknologi multimedia, sistem database dan teknologi jaringan.

5. Prodi Sistem Informasi BINUS antara lain mempelajari pengembangan analisis sistem informasi, merancang dan mengimplementasikan program (programming), manajemen sistem informasi, analisis dan perancangan proses bisnis, sistem perusahaan, analisis dan perancangan database, serta manajemen proyek sistem informasi.

6. Salah satu alumni Sistem Informasi BINUS adalah Yeremia Lin, Associate Software Engineer ACCENTURE “Saya memiliki kenangan menyenangkan di jurusan Sistem Informasi karena atmosfer yang friendly dan adanya beragam kultur di sana. Karena (materi) perkuliahan dan dosen BINUS yang berkualitas, saya berhasil mendapatkan pekerjaan sebelum lulus.”

7. Syarat masuk prodi Ilmu Komputer adalah lulusan IPA, sementara Sistem informasi boleh dari jurusan (SMA) apa saja. Tes yang diberikan adalah kemampuan belajar, logika, tes verbal dan abstrak non verbal.

8. BINUS memiliki program studi Ilmu Komputer Internasional, di mana mahasiswanya berkuliah di Indonesia serta kampus luar negeri. Lulusannya akan mendapatkan dua gelar (dual degree) dari BINUS dan Bachelor of Science (Hons) from the University of Nottingham, United Kingdom atau BINUS dan Auckland University of Technology.

9. Salah satu alumni prodi Ilmu Komputer Internasional adalah Kornelius Samuel yang saat ini merupakan Product Engineer di Gojek. “Programming membutuhkan bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar dalam studi yang saya ambil (Ilmu Komputer kelas Internasional) merupakan hal yang sangat membantu.  Hal-lain yang aku senangi dari mengambil prodi ini adalah bisa bertemu dengan kawan dari negara lain dan pengajarnya juga sangat hebat,” ungkap Kornelius Samuel.

10. Persyaratan masuk prodi Ilmu Komputer Internasional adalah ijazah SMA/sederajat dan TOEFL minimal 550 atau iBT 80 dan selevelnya.

Baca juga:

(sumber gambar: hitesh choudhary from Pexels)

LATEST COMMENT
Hikma Rizkia | 15 jam yang lalu

Di UGM namanya Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan kak

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial
rahadyan fajar harris | 1 hari yang lalu

FH UNAIR nilai 598 kemaren masih bisa masuk kok lewat sbmptn

Cek Passing Grade Skor UTBK Prodi Hukum pada SBMPTN
Demas Reyhan Adritama | 2 hari yang lalu

Setiap tahun berbeda, tergantung kebutuhan

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©