Menu

5 Jurusan Kuliah Terfavorit di BINUS University

Ngomongin Perguruan Tinggi Swasta (PTS), siapa sih yang nggak kenal BINUS University? BINUS University adalah salah satu PTS yang populer di kalangan calon mahasiswa baru. Selain karena memiliki akreditasi yang gemilang, BINUS University juga dikenal sebagai kampus yang kaya prestasi dan deretan alumni yang sukses bin inspiratif.

BINUS University memiliki 7 Fakultas yang menaungi lebih dari 30 program studi sarjana (S1), yaitu Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Sekolah Teknik Informatika, Sekolah Desain, Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Bisnis dan Manajemen, dan Fakultas Humaniora. Dari sekian banyak jurusan terbaik yang ada di BINUS University, kamu wajib banget kenalan dengan jurusan-jurusan terfavoritnya. Siapa tahu, salah satunya adalah jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Without further ado, cekidot!

1. Business Creation

Jurusan Business Creation bisa dibilang cuma ada di BINUS University, yang didesain secara khusus untuk membentuk entrepreneur kreatif dan inovatif di masa depan. Mahasiswa jurusan Business Creation dibimbing untuk membentuk bisnis mereka sendiri dengan konsep pembelajaran teori dan praktik. Kalau kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan terus didorong untuk menggali potensi kewirausahaan dalam dirimu dengan berbagai mata kuliah yang mendukung pengeksplorasian ide-ide kamu.

Singkatnya, kamu akan diajarkan pengetahuan ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen, dan pemasaran, dilengkapi dengan pengetahuan mengenai creative thinking. Ilmu yang diajarkan telah disusun secara komprehensif di dalam kurikulum sehingga di dalam praktiknya kamu dapat menganalisa kesempatan bisnis dan merancang bisnis startup, menguji model bisnis tertentu, menganalisa pasar dan industri, hingga proses bagaimana bisnis baru diluncurkan.

2. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) mengetengahkan pembelajaran tentang interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin secara internasional. Hubungan Internasional tidak hanya mempelajari hubungan diplomasi satu negara dengan negara yang lain, tapi juga tentang konflik, kesejahteraan, ekonomi dan perdamaian dunia. Beberapa kajian yang dipelajari dalam prodi ini adalah diplomasi dan negosiasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, politik internasional, ekonomi internasional, hukum internasional, globalisasi dan banyak lagi.

Di jurusan ini, kamu akan banyak mengkaji dan memahami berbagai isu-isu global, mengenal tokoh-tokoh dan organisasi internasional yang berpengaruh, serta proses kerjasama internasional. Kamu juga akan belajar dinamika sosial politik kawasan berbagai negara di dunia, serta bagaimana cara bernegosiasi dalam proses menyelesaikan konflik internasional.

3. Cyber Security 

Jurusan Cyber Security mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri dan pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack). Cyber Security  dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya. Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains, teori dan tentunya kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini.

Di jurusan Cyber Security, kamu akan mempelajari dasar-dasar ilmu yang sama dengan IT/computer science. Hanya saja ditambahkan dan lebih mendalam mengenai sistem-sistem yang ada di komputer. Kamu juga diajarkan bagaimana ethical hacking atau cara meretas suatu sistem sesuai dengan etika yang berlaku dan hukum yang berlaku.

4. Psikologi 

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Program studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Ilmu psikologi ini seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks.

Di masa awal perkuliahan, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan untuk melakukan penelitian ilmiah Psikologi. Selain itu, mahasiswa dibekali juga dengan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar Psikologi, seperti Psikologi Perkembangan, Psikologi Kepribadian, maupun Psikologi Sosial. Selanjutnya, kamu akan dibimbing untuk memahami penerapan prinsip-prinsip Psikologi dalam area pendidikan, organisasi/industri, maupun komunitas.

5. International Business Management

Jurusan Manajemen Bisnis Internasional dirancang untuk menghadapi era dinamis di dunia bisnis global. Kurikulum di jurusan ini dirancang dengan kombinasi penguasaan dalam konsep teori dan praktik dalam dunia bisnis, sehingga lulusannya akan siap untuk bersaing baik di dunia bisnis nyata, atau untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi.

Menciptakan individu yang mengerti kompleksitas bisnis pada skala internasional bukan hal yang mudah, lho. Kurikulum departemen Bisnis & Manajemen Internasional memiliki titik pengelolaan yang unik mengenai bisnis dan perdagangan secara global, dan dirancang untuk mempersiapkan kesiapan mahasiswa pascasarjana untuk menerapkan pengetahuan mereka dan bekerja di industri yang sesuai, atau menjadi wirausahawan skala internasional.

***

Jangan lupa, jika kamu tertarik untuk berkuliah di salah satu jurusan terfavorit di atas, kenali pula minat dan kemampuan yang kamu miliki dan level kemampuanmu saat ini dan kecocokannya dengan jurusan-jurusan tersebut, ya. Karena nggak ada hal yang lebih nggak enak dibanding salah jurusan! Hihihi.

Baca juga:

(sumber gambar: heroleads.id)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©