Jurusan Kuliah Sepi Peminat di UI, UGM, dan Unpad Untuk SBMPTN

Perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada‍, Universitas Padjadjaran‍ ‍ termasuk most wanted alias paling diincar calon mahasiswa. Tapi ada juga jurusan yang sepi peminat di UI, UGM, dan Unpad, karena yang mendaftar lebih sedikit dibanding jurusan yang lain.

Berdasarkan data peminat SBMPTN serta kuota yang ditawarkan, diperoleh info jurusan-jurusan yang tergolong sepi peminat. Walaupun nggak mainstream dan kurang populer, tapi jurusan berikut ini punya prospek yang bagus, lho. Siapa tahu kamu berminat.

Universitas Indonesia

Sastra Jawa. Mempelajari mengenai sastra dan budaya Jawa. Lulusannnya berpotensi untuk bekerja di bidang kebudayaan dan pariwisata.

Arkeologi‍. Fokusnya adalah bidang arkeologi di Indonesia, dan yang dipelajari antara lain kepurbakalaan, museologi (mengenai museum), metode penelitian arkeologi, dan lainnya. Sarjana Arkeologi UI bisa bekerja di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah daerah, museum, cagar budaya, dan sejenisnya.

Fisika. Jurusan ini memiliki peminatan Fisika Nuklir dan Partikel, Fisika Material, Fisika Material Terkondensasi, Fisika Instrumentasi Elektronika, Geofisika, Fisika Medis, dan Biofisika. Lulusan Fisika UI banyak dibutuhkan di LIPI, BMKG, serta perusahaan minyak, tambang, dan telekomunikasi.

Kimia. Kalau kamu tertarik mendalami ilmu Kimia, kamu cocok, nih, masuk jurusan ini. Peminatan yang bisa diambil mahasiswanya adalah Kimia Hayati, Kimia Non-Hayati, dan Bioteknologi Industri. Bidang kerja lulusannya cukup luas, lho, antara lain bidang penelitian, industri, hingga pendidikan dan jasa.

Ternyata di Universitas Indonesia, kebanyakan jurusan yang peminatnya nggak terlalu banyak ada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Tapi sebenarnya, kuliah di jurusan yang peminatnya nggak banyak itu menguntungkan, lho!

Keuntungan ini dirasakan Ajeng, alumni jurusan Arkeologi UI. “Karena lingkupnya kecil (nggak banyak mahasiswa) hubungan antara dosen dan mahasiswanya dekat. Semua kompak dan sering kerja bareng. Selain itu, karena ilmu Arkeologi tergolong unik (dan masih jarang), mahasiswanya jadi punya banyak kesempatan untuk berkembang dan berkarya. Misalnya, dapat tawaran beasiswa, ikutan seminar, pertukaran pelajar, atau field work. Pokoknya selama kuliah, banyak benefit yang gue peroleh dengan menjadi mahasiswa Arkeologi.”

jurusan kuliah

Universitas Gadjah Mada

Filsafat‍.  Fakultas Filsafat UGM berdiri tahun 1967 dan mulai menerima mahasiswa di tahun 1968. Ilmu Filsafat merupakan hal yang penting dalam ilmu pengetahuan. UGM sendiri punya pendidikan Filsafat hingga jenjang S3.

Sastra Nusantara. Jurusan ini sejalan dengan misi UGM untuk menjadi pusat sastra, bahasa, dan budaya nusantara, terutama untuk tradisi lisan dan tulisan. Alumni Sastra Nusantara UGM ada yang menjadi dosen, bekerja di pusat bahasa, televisi dan radio, badan pemerintahan di bidang budaya, bekerja di perusahaan serta menjadi anggota DPR.

Budidaya Perikanan. Jurusan Budidaya Perikanan masih jarang dan lulusannya pun masih sedikit, sedangkan potensi perikanan di dalam negeri sangat besar dan belum tergarap maksimal. Makanya, prospek lulusan Budidaya perikanan itu bagus, sob!

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Uniknya, jurusan ini mempelajari mengenai ilmu komunikasi dan humas, tapi spesifik dalam bidang pertanian. Jurusan ini termasuk dalam bidang Sosial Ekonomi Pertanian di Fakultas Pertanian.

Kalau di UGM, jurusan yang sepi peminat beragam. Ada jurusan yang peminatnya di SBMPTN hanya 165 calon mahasiswa, seperti Penyuluhan dan Komunikasi Perikanan. Tapi daya tampungnya juga sedikit, yaitu 8. Sehingga peluang lulus pun nggak sampai 5 persen. Kalau jurusan Filsafat jumlah peminatnya sekitar 500. Namun tergolong sepi jika dibandingkan dengan daya tampungnya yang cukup banyak yaitu 45. Jadi, peluang lolosnya lebih besar, yaitu 9 persen.  

Universitas Padjadjaran

Geofisika‍ . Peminat jurusan Geofisika Unpad termasuk kecil dibandingkan jurusan lainnya. Jurusan ini banyak membahas ilmu Fisika dan Matematika dalam mempelajari bumi dan lingkungan.

Fisika  Seperti di UI, peminat jurusan Fisika di Unpad juga belum banyak. Pembagian studi Fisika di Unpad agak beda dengan UI, yaitu Fisika Instrumentasi, Fisika Energi, dan Fisika Material.

Sejarah . Di program studi yang berdiri sejak tahun 1958 ini, mahasiswa dididik supaya bisa merekonstruksi hal yang terjadi di masa lampau. Mulai semester enam, mahasiswa dapat memilih sejarah teoretis dengan pendekatan sosiologi, ekonomi, politik, kebudayaan, dan penulisan biografi, atau sejarah praktis dengan konsentrasi kepariwisataan.

Sastra Rusia‍ . Minat terhadap jurusan Sastra di Unpad beragam. Ada yang banyak peminat dan adapula yang sepi peminat seperti Sastra Rusia. Uniknya, program studi Sastra Rusia hanya ada dua lho, di Indonesi, yaitu di UI dan Unpad. Saat ini lulusan program studi Rusia bekerja di Kementerian Luar Negeri, Badan Intelejen Negara, Bank, BUMN, serta industri pariwisata dan media.

Walau peminatnya belum banyak jangan sepelekan jurusan-jurusan ini. Apalagi asal mengambilnya demi masuk Unpad. Kalau kamu nggak niat dan nggak minat dengan jurusan tersebut, akan sulit menjalaninya. Apalagi tantangan perkuliahannya juga lumayan. Seperti yang dialami Asri salah satu alumninya, “Setiap minggu, mahasiswa Sejarah di kampus saya (Unpad) harus membuat makalah minimal sepuluh lembar.”

***

Jurusan-jurusan sepi peminat di atas bisa kamu pertimbangkan jika memang kamu berminat. Nggak perlu kok, mengambil jurusan populer karena ikut-ikutan.

Nah, walau peminatnya nggak begitu banyak dan persaingannya nggak seketat yang lain, bukan berarti masuknya gampang. Peluang jurusan ini di SBMPTN (jika dibandingkan antara peminat dan jumlah kursi yang tersedia) adalah 5-10 persen. Waduh, tetap sulit juga ya? Hehehe.

Ngomong-ngomong, buat kamu yang lagi bingung memilih jurusan, Youthmanual punya kabar baik nih. Kami telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, dan kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Eksplorasi ribuan informasi program studi, karier dan profesi, dan kampus selengkapnya di sini.

Baca juga:

(sumber gambar: sbmptn, landano.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1