Jurusan Kuliah Soshum Terfavorit Versi Youthmanual

Inilah jurusan kuliah sosial humaniora (soshum) menjadi favorit karena paling banyak dilihat dan dicari sepanjang tahun. Apakah salah satunya merupakan program studi pilihanmu? Cekidot!

1. Desain Komunikasi Visual 

Hampir semua bidang usaha membutuhkan desain visual, sehingga  peluang kerja lulusan DKV cukup luas. Pada dasarnya, prodi ini mempelajari bagaimana mengkomunikasikan pesan melalui sebuah desain. Mahasiswa belajar soal dasar seni dan desain, mendesain menggunakan aplikasi, hingga ilmu komunikasi. Jurusan ini terkenal dengan tugasnya yang cukup banyak  dan menantang kreativitas.

Cek plus-minus kuliah di prodi DKV di artikel ini

Kampusnya antara lain: Institut Teknologi Bandung , Universitas Trisakti , BINUS University , Universitas Sebelas Maret , Universitas Pelita Harapan , International Design School 

2. Psikologi 

Perilaku manusia adalah salah satu fokus yang dipelajari di program studi ini. Namun, bukan berarti mahasiswanya bisa membaca karakter atau pikiran manusia, yha. Di perkuliahan, mahasiswa juga mempelajari materi yang berhubungan dengan statistika, sosiologi, komunikasi, hingga tubuh manusia. Jika ingin menjadi seorang psikolog, seorang sarjana Psikologi harus mengambil program profesi. Oya, walaupun  umumnya prodi Psikologi masuk rumpun jurusan soshum, namun beberapa kampus ada yang memasukkan psikologi dalam rumpun saintek.

Tanya jawab soal kuliah di jurusan Psikologi, bisa kamu cek di sini

Kampusnya antara lain: Universitas Indonesia , Universitas Gadjah Mada , Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya , Universitas Muhammadiyah Malang , Universitas Diponegoro 

3. Ilmu Komunikasi 

Komunikasi antarpribadi, komunikasi massa, komunikasi publik, dan komunukasi dalam organisasi dipelajari di jurusan ini. Biasanya, di jurusan Komunikasi ada peminatan komunikasi massa, hubungan masyarakat, dan periklanan. Lulusannya bisa bekerja di media massa, berbagai perusahaan dan instantsi, hingga agensi dan startup. Salah satu tantangan kuliah di prodi ini adalah peminatnya sangat banyak.  Begitupula di dunia kerja. Biasanya lowongan untuk lulusan prodi Komunikasi terbuka juga untuk lulusan prodi lainnya.  

Yuk, bedah prodi Ilmu Komunikasi di sini

Kampusnya antara lain: Universitas Padjadjaran , London School of Public Relations , Universitas Pelita Harapan , Universitas Indonesia , Universitas Andalas , Universitas Esa Unggul 

4. Hubungan Internasional 

Apabila mengambil jurusan Hubungan Internasional, kamu akan mempelajari sejarah, politik, ekonomi internasional. Kamu juga akan belajar mengenai bagaimana hubungan bilateral, multilateral, dan regional  nagara-negara. Mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan komunikasi dan diplomasi.

Kampusnya antara lain: Universitas Katolik Parahyangan , Universitas Indonesia , Universitas Gadjah Mada , Universitas Jayabaya , Universitas Riau , Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta , Universitas Tarumanagara 

Serba-serbi prodi HI bisa dicek di sini

5. Pajak/ Administrasi Fiskal (Perpajakan) 

Sesuai namanya, program studi ini mempelajari berbagai hal mengenai pajak, mulai dari aturan hukumnya, perhitungan, administrasi, serta aspek ekonominya. Di perkuliahan, mahasiswa akan banyak berkutat dengan akuntansi.  Mata kuliahnya antara lain , Akuntansi Negara, Akuntansi Biaya, Pajak Pertambahan Nilai, Pabean dan Cukai, serta Peradilan Pajak.

Lebih lengkap soal jurusan Pajak bisa kamu baca di sini

Kampusnya antara lain: Universitas Lambung Mangkurat , Universitas Indonesia . Universitas Lampung . Universitas Diponegoro 

6. Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) 

Di dalam sebuah bisnis, tentu banyak administrasi yang perlu dijalankan seperti beragam informasi dan dokumen perusahaan, sarana yang dimiliki, SDM, kegiatan pemasaran, dan lainnya. Nah, bagaimana mengatur dan mengelola itu semua dipelajari dalam studi Administrasi Niaga.

Apa perbedaan prodi Administrasi Niaga dengan Administrasi Negara? Cek di sini

Kampusnya antara lain: Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya , Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 

7. Sastra Inggris 

Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya mempelajari bahasa dan ilmu linguisik, tapi juga sastra, budaya, hingga sosial politik. Studi Sastra Inggris mencakup bangsa yang berbahasa asli Inggris yaitu Inggris, Amerika, dan Australia. Penting diingat bahwa kuliah di jurusan Sastra Inggris nggak menjamin kamu menguasai bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Kamu harus proaktif untuk meningkatkan skill bahasamu.

Informasi lebih lengkap tentang prodi Inggris/Sastra Inggris bisa kamu cek di sini

Kampusnya antara lain: Universitas Negeri Jakarta , BINUS University , Universitas Gadjah Mada , Universitas Indonesia 

8. Administrasi Publik (Administrasi Negara) 

Lembaga pemerintah, sistem pemerintahan, kebijakan negara, serta masyarakat dipelajari di prodi ini. Lulusannya diharapkan bisa memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat.  Peminatan yang bisa dipilih antara lain Pemerintahan Daerah, Kebijakan Publik, dan Adminsitrasi Pembangunan.

Simak pengalaman mahasiswa Admini

Kampusnya antara lain: Universitas Nasional Universitas Jenderal Soedirman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Universitas Sumatera Utara Universitas Jayabaya

9. Ilmu Hukum 

Seluk beluk hukum dipelajari di prodi Ini. Materi utamanya tentu adalah hukum resmi yang berlaku di Indonesia, baik perdata maupun pidana. Selain itu mahasiswa juga mempelajari hukum lain yang terkait dengan hukum negara, seperti hukum internasional, hukum agama, dan hukum adat. Hukum merupakan sesuatu yang dinamis dan mengikuti perkembangan manusia, maka mahasiswa hukum perlu update dengan informasi dan kemajuan zaman.

Tertarik kuliah di jurusan Hukum? Ketahui dulu 5 hal ini

Kampusnya antara lain: Universitas Airlangga, Universitas Trisakti, Unika Atma Jaya, UGM, Undip, UI

10. Ilmu Kesejahteraan Sosial 

Permasalahan masyarakat dipelajari di jurusan ini. Masyarakat dianalisa, diteliti, dan dievaluasi hingga ditemukan pemikiran dan metode solusi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Dipelajari pula bagaimana pemecahan untuk mengatasi problem yang terjadi di tengah masyarakat. Ilmu komunikasi, statistika, sosiologi, dan psikologi diterapkan dalam studi Kesos.

Selengkapnya tentang prodi Kesejahteraan Sosial bisa kamu baca di sini

Kampusnya antara lain: Universitas Syiah Kuala Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  Universitas Indonesia Universitas Padjadjaran Universitas Negeri Padang 

Prodi favorit lainnya

11. Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) 

12. Kriminologi 

13. Desain Interior 

14. Akuntansi 

15. Manajemen 

16. Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan) 

17. Manajemen Pendidikan Islam 

18. Manajemen Bisnis 

19. Ekonomi Pembangunan 

20. Ilmu Pemerintahan 

Dari berbagai jurusan kuliah favorit di atas, apakah ada prodi yang kamu minati?

 

 

Baca juga:

(sumber gambar: pexels.com)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 18 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1