Menu

7 Cara Untuk Menjaga Semangat Kuliah Sambil Berpuasa

Gaes, nggak terasa, ya, kita sudah satu minggu menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Nggak bisa dipungkiri, selama bulan Ramadhan, otomatis jadwal dan aktivitas kita juga sedikit berubah. mulai dari jadwal sarapan pagi yang berubah menjadi makan sahur, hilangnya asupan energi dari makan siang beralih ke berbuka saat maghrib tiba, hingga jadwal ibadah malam yang bertambah lebih panjang karena melaksanakan shalat tarawih berjamaah.

Meskipun demikian, aktivitas seperti kuliah harus tetap berjalan dengan baik dan penuh semangat. Jangan sampai ibadah puasa justru membuat semangatmu untuk menuntut ilmu jadi menurun.

Nah, berikut ini ada 7 cara sederhana untuk menjaga semangat kuliah meskipun kamu sedang berpuasa.

1. Memakai baju kuliah yang nyaman

milih baju

Baju adalah salah satu item yang memengaruhi aktivitas dan mood kamu ketika berpuasa. Kalau kamu hobi banget ke kampus menggunakan baju yang agak ribet dan bahannya itu panas, mending kamu tinggalin dulu, deh, kebiasaan itu.

Soalnya menggunakan pakaian yang ribet dan berbahan  panas. membuat, akan membuat suhu badanmu semakin panas dan semakin letih akibat energi yang terkuras. Mulailah memilah pakaian yang adem untuk dipakai ke kampus. Usahakan mengenakan pakaian yang nyaman namun tetap nggak melupakan etika kesopanan dan kerapian, ya, gaes.

2. Pilih waktu yang pas untuk mengerjakan tugas kuliah

tugas

Kuliah pada takdirnya itu memang penuh dengan deadline tugas yang bikin pusing tujuh keliling. Untuk meminimalisir kelelahan pada bulan puasa, cobalah cari waktu yang pas buat ngerjain deadline tugasmu.

Mungkin kamu bisa kerjakan tugasmu setelah sholat terawih. Ingat, ya, jangan bergadang seperti biasanya, gaes! Kalau tugasmu belum selesai juga, kamu bisa melanjutkannya usai sahur aja. Fyi, menurut penelitian, pagi hari itu bisa membuat pikiranmu lebih segar dan fokus, lho.

3. Jauhi teman-teman yang sukanya ghibah

gossip

Gaes, puasa itu bukan hanya menahan makan dan minum aja, tapi juga menahan hawa nafsu serta amarah. Yups, saat bepuasa, kamu juga harus menahan ghibah atau membicarakan orang lain di belakang.

Sayang sekali, ‘kan, kalau kamu sudah puasa, ibadah wajib dan sunah juga nggak lupa. Eh, di kampus kamu malah ngomongin orang.

4. Minum air putih 2-4-2 gelas

minum air puth

Minum air putih mungkin adalah hal sepele yang sering dilupakan ketika kamu berpuasa. Kebanyakan orang akan memilih minuman dengan perasa manis untuk melepas dahaga.

Padahal Point penting yang nggak boleh diabaikan saat berbuka dan sahur tentunya adalah minum air putih. Soalnya, minum air putih itu paling penting untuk menjaga kesehatan serta ion di tubuh kamu—apalagi buat kamu yang menjalankan puasa tapi memiliki segudang rutinitas yang padat. Ubah pola tersebut dengan mengonsumsi air mineral menggunakan pola 2-4-2, gaes.

Yang dimaksud dengan pola tersebut adalah dua gelas saat buka, empat gelas saat menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Pola ini akan memaksimalkan kadar air di dalam tubuh sehingga tubuh tetap prima. Dengan demikian, badan nggak akan cepat lemas dan siap beraktivitas kembali di hari berikutnya.

5. Pilih makanan yang tepat untuk sahur dan berbuka

sahur dan buka

Biar tubuhmu nggak lemas di siang hari, menu sahur yang dipilih harus sehat dan mengandung nutrisi yang lengkap, gaes. Pilihlah menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah. Baca selengkapnya di sini.

Saat waktu berbuka tiba pun janganlah kamu jadikan ajang untuk balas dendam setelah seharian nggak makan dan minum. Tetaplah jaga porsi dan kadar makananmu sesuai dengan semestinya. Jangan berlebihan atau condong ke salah satu jenis makanan aja. Soalnya, komposisi makanan yang tepat tetap diperlukan oleh tubuh—apalagi setelah berjam-jam kamu berpuasa.

6. Hindari tidur setelah solat subuh

tidur setelah sahur

As we know, saat bulan bulan puasa, umat muslim dituntut bangun lebih awal dari biasanya untuk melaksanakan sunah, dan hal itu seringkali membuat kebanyakan orang mengantuk pada pagi harinya.

Kalau kamu ada jadwal kuliah pagi, sebisa mungkin hindari tidur setelah solat subuh, gaes. Karena selain membuat tubuhmu lemas dan lebih mengantuk, kamu juga bisa terlambat untuk kuliah kalau kamu nggak bisa bangun tepat waktu.

Alhasil, kamu jadi terburu-buru pergi ke kampus, konsentrasi di kelas pun menjadi berkurang, bahkan kamu bisa jadi kehilangan semangat untuk belajar. Tentunya kamu nggak ingin hal itu terjadi bukan? Jadi, cobalah untuk menghindari tidur setelah solat subuh dan menggantinya dengan hal lain yang lebih bermanfaat, seperti mengerjakan tugas dan sebagainya.

7. Perbanyak ibadah

ibadah

Selain menambah pahalamu di bulan yang berkah ini, memperbanyak ibadah juga dapat membuat hatimu lebih tentram, sejuk, serta tahan dari segala godaan yang ada, lho, gaes.

Apalagi saat ada jam kosong, dosen terlambat, atau nggak ada kelas, kamu bisa memanfaatkan waktu itu dengan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat. Mulai dari memperbanyak bacaan Al-qur’an, berdzikir, atau mencicil pengerjaan tugas esok hari. Of course, itu semua lebih bermafaat, ‘kan, ketimbang kamu ghibah sama teman-teman atau sekedar malas-malasan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

***

Itulah cara yang bisa kamu lakukan biar tetap semangat kuliah selama bulan Ramadhan. Jadi, jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk nggak kuliah, ya, gaes!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: aboutislam.net, completewellbeing.com, vija.si, usatoday.com, lifehacker.com, shopee.co.id, lifealth.com, aboutislam.net)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©