Hal-Hal yang Sebaiknya Nggak Mahasiswa Baru Lakukan di Tahun Pertama Kuliah

Oleh Ananda Vickry Pratama

Ketika baru menginjakan kaki di kampus sebagai mahasiswa baru, ada hal-hal penting yang sebaiknya kamu lakukan di tahun pertama kuliah, seperti membuka rekening baru dan rajin masuk kelas.

Tapi kalau ada hitam, pasti maka ada putih. Kalau lagi bokek, mie instan pun jadi (#gaje). Bukan, deng! Maksudnya, kalau ada hal-hal yang harus kamu lakukan di tahun pertama kuliah, ada juga hal-hal yang JANGAN kamu lakukan. Seperti...

1. Bolos kuliah dan terlalu leha-leha

Ketika baru masuk kuliah sebagai maba, kamu cuman perlu waktu sekitar 1-2 minggu untuk beradaptasi dengan proses belajar di perkuliahan. Masa adaptasi ini penting, karena bisa menentukan pola belajar kamu untuk seterusnya.

Nah, dalam masa adaptasi ini, hindari, deh, yang namanya cabut kuliah dan mager-mageran saat belajar. Takutnya, kamu akan terjerumus ke kebiasaan buruk tersebut dan terbawa sampai tahun-tahun berikutnya. Soalnya, ketika kuliah, nggak ada yang peduli sama kamu selain dirimu sendiri, sob!

2. Ikut kegiatan secara berlebihan

Setiap perguruan tinggi pasti menyediakan wadah untuk mengembangkan minat-bakat mahasiswanya, dengan sekian banyak organisasi/UKM/komunitas di kampus. Sebagai maba yang punya rasa kepo tinggi, mungkin kamu penasaran ingin coba ikutan salah satu—atau langsung banyak sekalian sekalian!—aktivitas-aktivitas di kampus tersebut. Iya, ‘kan?

Boleh aja ikutan, asal jangan ‘menggila’ ya, gaes. Maksudnya, jangan sampai kalap dan lupa diri, sehingga kamu cap cip cup gabung ke sekian banyak organisasi, tanpa pikir panjang ke depannya. Lebih baik kamu pilih kegiatan ekstra yang sesuai minatmu, dan yang nggak mengganggu kuliahmu. Harus pandai-pandai atur waktu, lah!

3. ‘Mencemari’ nama kampus dan almamater

Jangan lupa, mahasiswa bawa nama kampus, lho. Kalau kamu berbuat hal-hal yang, ehem, nggak mencerminkan jati diri mahasiswa, kamu akan mencoreng namamu sendiri dan nama almamater.

Misalnya, kamu ikut hura-hura di sebuah acara, lalu minum-minum alkohol sampai mabok dan masuk medsos. Atau kalau kamu tawuran atau ikut demo dan bikin rusuh, pakai jaket almamter pula! Wah, kelar, deh. Salah-salah, kamu bisa di-DO.

Jadi sebagai maba yang unyu, mending main aman aja, deh. Jangan macam-macam. Macam-macamnya pas udah mau lulus aja #lho #nggakdeng

4. Mager cari tahu tentang seluk beluk kampusmu dan lingkungan sekitarnya

Berkuliah, tuh, seperti mengembara di hutan belantara. Kamu perlu amunisi yang cukup supaya bisa tetap survive selama di perjalanan. Nah, sebagai maba, kamu perlu mengumpulkan “amunisi” yang mendukung perkuliahanmu tersebut.

Amunisinya berbentuk apa? Informasi! Yang paling penting, sih, info-info dasar seputar kampus kamu. Dengan mengetahuinya, hidup kamu sebagai mahasiswa akan terbantu. Misalnya, kamu jadi tahu letak fokopian yang murah meriah ada di mana, atau password wifi dan letak perpustakaan yang penting banget diketahui mahasiswa.

Kalau kamu ogah-ogahan mengulik informasi dasar tentang kampusmu, percaya, deh, kamu bakal kerepotan sendiri.

5. Menganggap diri kamu sebagai yang ‘paling’

Kampus adalah tempat berkumpulnya banyak orang dengan beragam latar belakang. Jadi, sudah pasti kamu bakal kenalan dengan banyak orang, entah itu teman seangkatan, kating (kakak tingkat), dosen, karyawan kampus, dan sebagainya. Sebagai maba, baiknya kamu memberi kesan ‘baik’ dengan nggak menganggap kamu yang paling-paling dari segala hal.

Misalnya, kamu merasa sudah pintar dan berwawasan luas. Pada suatu kondisi, seorang kating lagi sharing ke kamu tentang sifat dosen tertentu. Dari mulai cara beliau ngajar, sampai cara beliau memberikan nilai. Tapi kamu merasa informasi dari kating tersebut nggak berfaedah, karena kamu merasa sudah tahu. Jangan begitu, ya, gaes. Pintar boleh, tapi rendah hati tetap perlu. Lagipula sesuatu yang berlebih itu nggak baik, sob!

Baca juga:

(sumber gambar: admisi.ipb.ac.id, wartakota.tribunnews.com, hipwee.com, picturepush.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1