Main Gadget sebelum Tidur Sah-Sah Aja, Asal Kamu Perhatikan 5 Hal Ini!

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau main gadget sebelum tidur itu berdampak negatif buat tubuh dan kehidupan manusia.

Masalahnya, di era kecanduan gadget seperti sekarang, kamu pasti susah kalau harus lepas begitu aja dari kebiasaan memegang gadget, termasuk sebelum tidur. Apalagi buat kamu yang demen banget ngulik media sosial, chatting, dan main mobile game yang harus update level setiap waktu. Dan jam-jam malam sebelum tidur biasanya adalah me-time yang paling mesra antara kamu dan gadget kesayanganmu.

Terserah, sih, kalau memang nggak mau langsung lepas total dari main gadget sebelum tidur, asalkan perhatikan hal-hal berikut ini, agar kegiatan tersebut nggak terlalu fatal buat tubuh dan kehidupan kamu.

1. Perhatikan jarak pandang mata ke gadget
Sama seperti membaca buku, jarak antara mata dengan layar gadget harus disesuaikan, lho. Meskipun layar gadget kamu nggak terlalu besar, bukan berarti kamu harus melihatnya dekat-dekat. Kata ahli syaraf asal New York, Allan Towfigh, supaya mata nyaman, jarak yang ideal antara mata dengan layar gadget adalah sekitar 35 cm. Itu adalah jarak yang cukup pas agar mata nggak cepat capek, dan terlalu banyak terkena paparan radiasi layar.

2. Pastikan ada sumber cahaya lain


Hal yang bisa merusak mata bukan cuma jarak mata ke gadget, tetapi juga sumber cahaya lain (selain dari gadget tersebut) yang minim. Dengan kata lain, jangan main gadget sambil gelap-gelapan!

Maka kalau kamu mau menggunakan gadget sebelum tidur, tetap hidupkan lampu kamar atau sumber cahaya lainnya. Kalau sudah benar-benar mau tidur, baru matikan semuanya, ya. Kalau bisa, sih, termasuk gadget-nya, dong.

3. Perhatikan durasi bermain gadget

Bicara soal durasi main gadget, kayaknya nggak ada patokan pastinya, ya. Hanya diri kamu sendiri yang benar-benar bisa mengontrol jangka waktunya. Sebenarnya, sih, situasi yang dijamin bakal bikin kamu berhenti main gadget adalah ketika batrenya mau habis, hehehe, tapi ‘kan jangan begitu juga, ah.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Proseeding National Academy of Science, studi kasus yang dilakukan oleh 12 orang yang membaca e-book selama empat jam sebelum tidur selama lima hari berturut-turut menyebabkan hormon melatonin dalam tubuh mereka berkurang. Nah, padahal melatonin adalah hormon yang bertugas untuk bikin kamu merasa ngantuk.

Artinya, durasi penggunaan gadget yang berlebihan bisa bikin hormon melatonin kamu nggak stabil dan akhirnya mengurangi waktu tidur. Selain itu, masih berhubungan dengan poin 1 dan 2, terlalu lama menatap layar gadget bisa bikin retina mata jadi tegang sehingga berpotensi menyebabkan katarak.

Jadi, bermain gadget sebelum tidur itu sebaiknya jangan lama-lama, sob. Palingan 15 menitan, lah, untuk kepentingan atur jadwal buat besok dan me-review kegiatan seharian. Setelah itu, langsung bobok aja. Soal durasi main gadget ini, kamu memang harus tegas ke diri kamu sendiri, ya!

4. Jangan jadi kebiasaan


Setelah durasi penggunaan gadget sebelum tidur bisa dikontrol, PR berikutnya adalah mengerem kebiasaan mengutak-atik gadget sebelum tidur. Ingat, gaes, kebiasaan bagus sebelum tidur itu hanya sikat gigi dan cuci kaki. Sementara ngutak-ngatik gadget-nya pas mendesak atau pas lagi butuh aja, ya. Selebihnya, jangan jadikan mainan gadget menjadi suatu ritual sebelum masuk ke dunia mimpi!

5. Pilih mode pesawat
Gadget bisa digunakan untuk banyak kegiatan di dunia maya, mulai dari browsing, membaca e-book, main game, sampai ngedit tugas. Maka kalau sudah malam—khususnya menjelang waktu tidur—lebih baik hape atau gadget kamu disetel menjadi Mode Pesawat alias Airplane Mode aja, deh. Lebih baik lagi, dimatikan sekalian. Toh sinyal internet dan radiasi gadget juga nggak baik untuk kesehatan tubuh dan otak.

Kalau memang ada hal yang membutuhkan koneksi internet, tunggulah sampai besok pagi, kecuali kalau urgent sekali. Karena sekali kamu konek ke jaringan internet, bisa-bisa kamu kebablasan browsing sampai berjam-jam.

***

Dengan memahami semua konsekuensinya, semoga kegiatan main gadget sebelum tidur bisa kamu minimalisir, dan diganti dengan kegiatan lain yang nggak bersinggungan dengan teknologi. Gadget memang bisa membantu kehidupan manusia, tapi jangan digunakan berlebihan sampai merusak kehidupan itu sendiri, ya.

(sumber gambar: anehpisan.com, jalantikus.com, papasemar.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 20 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1