10 Artikel Terpopuler Youthmanual Sepanjang November 2017

Inilah 10 artikel Youthmanual yang seru, berfaedah, dan populer sepanjang bulan September lalu. Klik judul untuk membaca artikel lengkapnya!

1. Cerita Si Krimi, Mahasiswa Bertabur “Prestasi” Akademik Dengan Segala Kecurangannya

1

Cerita bermula dari kultwit seorang dosen yang menceritakan Krimi (nama samaran, of course), eks-mahasiswa Universitas Indonesia yang di-DO sejak tahun pertama kuliah karena ketahuan mencurangi ujian selama 2 semester berturut-turut. The drama starts when Krimi tetiba ngaku-ngaku jadi exchange student dari Universitas Indonesia di tahun kedua, dan magically berhasil menamatkan kuliahnya di Peguruan Tinggi di negara tetangga. Jadi mahasiswa teladan, lagi.

Sayangnya, pencapaian Krimi yang bak bintang betaburan di langit malam ini ternyata diwarnai berbagai kecurangan. Baca di sini pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari cerita Si Krimi, dan bagaimana prestasi tanpa integritas nggak bakal bikin kamu menjadi individu yang lebih baik.

2. Jurusan-Jurusan Paling Kompetitif dan Sulit Ditembus di SBMPTN

2

Inilah rangkuman jurusan berbagai PTN yang paling sulit ditembus di SBMPTN, karena sangat diminati dan kompetitif. Kami menggabungkan berbagai data, di antaranya program studi paling banyak dipilih, PTN yang jadi incaran, persentase peluang masuk, hingga kampus dengan rata-rata skor SBMPTN pendaftar tertinggi. Daftar kampus paling sulit ditembus versi Youthmanual ini bisa jadi gambaran persaingan SBMPTN 2018 mendatang. Kira-kira, jurusan di Perguruan Tinggi idamanmu termasuk salah satunya. nggak, nih?

3. Tips Efektif Belajar Mandiri dengan Latihan Soal, Untuk Para Pejuang SBMPTN yang Mau Tembus SBMPTN Tanpa Bimbel!

3

Ngomong-ngomong persiapan SBMPTN, bisa dibilang persiapan SBMPTN ini identik banget sama ikutan bimbingan belajar alias bimbel. Seakan-akan udah jadi hal yang lumrah kalau menjelang “ujian akbar” kudu ikutan bimbel biar ngerjain ujiannya lancar. Padahal, nggak semua dari kamu cocok sama sistem pembelajaran di bimbel, dan nggak semua dari kamu berkesempatan untuk ikutan bimbel. Duh!

Menurut survei kecil-kecilan yang Youthmanual lakukan, 90% dari Pejuang SBMPTN mengaku bahwa melakukan latihan soal secara rutin adalah salah satu kunci sukses mereka dalam menembus SBMPTN. That’s why kali ini Youthmanual mau bagi-bagi tips efektif belajar mandiri dengan latihan soal untuk kamu Pejuang SBMPTN Soshum, Saintek, IPC, lintas jurusan, bahkan para ronin agar kamu bisa punya peluang untuk menembus SBMPTN yang sama dengan mereka yang ikutan bimbel.

4. Bedah Jurusan Psikologi Soshum (IPS) dan Psikologi Saintek (IPA) Beserta Pilihan Kampusnya

4

Pada dasarnya, Psikologi merupakan program studi yang mempelajari manusia, khususnya seputar perilaku, pikiran, dan emosi. Kenapa kok, prodinya ada yang saintek ada yang soshum? Nah, perkuliahan Psikologi menyangkut ilmu sains, sosial, dan humaniora. Jadi mahasiswanya belajar hal-hal yang terkait dengan hitung-hitungan, biologi, sosiologi, dan lainnya.

Di SBMPTN dan SNMPTN, jurusan Psikologi tergolong unik karena ada yang masuk rumpun Sosial Humaniora /IPS dan ada yang masuk Sains Teknologi/IPA. Karena yang dipelajari cukup luas, ada kampus yang memasukkan Psikologi dalam rumpun jurusan soshum dan ada pula perguruan tinggi yang mengelompokkan prodi ini dalam rumpun saintek. Kuy simak perbedaannya!

5. Hal-Hal yang Nggak Boleh Menjadi Alasan Ketika Memilih Jurusan dan Kampus untuk Pendidikan Kamu

5

Memilih jurusan dan kampus memang bukan perkara mudah. Sayangnya, kebanyakan anak muda malah asal memilih jurusan kuliah dan kampus ketika kebingungan mengenali keinginan dan passion yang sebenarnya.

Padahal, ada banyak cara untuk mengidentifikasi jurusan dan kampus yang benar-benar cocok sama kamu, lho. Misalnya, coba mengambil gap year setahun, mencari tahu soal beberapa jurusan dan kampus yang kamu incar, atau mengenali diri sendiri dan passion kamu lewat tes minat bakat komprehensif gratis dari Youthmanual.

Intinya, kalau kamu kebingungan, jangan jadikan hal-hal berikut ini sebagai alasan untuk memilih jurusan atau kampus untuk pendidikan kamu ya, gaes!

6. Biar Nggak Galau Berkepanjangan, Jawab 25 Pertanyaan Singkat Ini Untuk Mulai Mengenal Dirimu Dengan Lebih Baik

6

Setiap harinya, Youthmanual ketemu banyaaak banget anak muda yang galau. Tapi jarang banget ada anak muda yang sadar bahwa jawaban dari jutaan kegalauan tersebut ada di dalam dirinya sendiri. Itulah alasan mengapa kamu harus mengenal baik dirimu sendiri untuk dapat menggali jawaban yang kamu butuhkan.

Meskipun mengenali diri sendiri terkadang butuh waktu yang nggak sebentar, kamu nggak akan kunjung menemukan jawaban dari kegalauanmu kalau kamu nggak segera memulainya, lho.  Anon-anon di ask.fm aja pada kepo sama kamu, masa’ kamu nggak kepo sama dirimu sendiri?

So, let’s get to know yourself, like, right now.

7. Sulit Bersosialiasi di Kampus? Kuasai Dulu 4 Kemampuan Interpersonal Ini!

7

Lingkungan kampus adalah lingkungan yang jauh lebih luas dan diverse dibanding lingkungan sekolah. Nah, nggak semua mahasiswa baru (maba) mampu bersosialiasi dengan baik di lingkungan baru. Alesannya, sih, bermacam-macam. Ada yang masih malu-malu kucing, culture shock, atau bahkan “menyalahkan” kepribadian kamu yang menyulitkanmu bertemu orang-orang baru. Yaduh.

Makanya, nih, ada social skill tertentu yang harus kamu kuasai untuk dapat bersosialiasi dengan baik di lingkungan barumu, bagaimanapun situasi dan kondisi yang kamu hadapi di kampus. Lebih spesifiknya lagi, kamu butuh menguasai kemampuan interpersonal agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan siapa pun di kampus ataupun di lingkungan kerja nanti (ahay). Apa aja, tuh?

8. Bicara Tentang Stereotipe dari Masing-Masing Tipe Kepribadian Myers-Briggs (MBTI)—Kamu Yang Mana Nih?

8

Sebagai salah satu klasifikasi kepribadian yang paling banyak digunakan di dunia, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) memainkan peran besar dalam berbagai aspek kehidupan. Dari mulai menentukan gaya belajar yang tepat, pilihan karier, hingga memberi insight akan bagaimana cara kita memperlakukan orang lain.

Eh, tapi tahu nggak, sih, kalau masih banyak orang yang masih sering memberikan stereotipe tentang 16 tipe kepribadian yang satu ini? Beberapa stereotipe itu mungkin benar adanya, tapi yang nggak sesuai ternyata juga nggak sedikit, nih, gaes! Bukannya makin memahami, bisa-bisa ini malah bikin kita salah mempersepsi orang dengan tipe tertentu. Padahal, sih, faktanya…

9. Indonesia Negara "Termalas" di Dunia Menurut Penelitian Universitas Stanford. Kenapa?

9

Indonesia merupakan negara termalas di dunia? Ternyata, menurut penelitian yang dilakukan Stanford University, Indonesia “malas” dalam hal… Jalan kaki! Yup, malas gerak alias mager, gaes.

Ceritanya, akademisi dari Universitas Stanford Amerika Serikat bikin penelitian soal aktivitas fisik dengan melihat berapa banyak langkah kaki yang dilakukan 717,527 orang di berbagai negara.  Pengamatan dilakukan selama sekitar 95 hari dan datanya diperoleh dari aplikasi pada smartphone yang bisa menghitung langkah kaki penggunanya. 

Hasil studi yang dimuat di jurnal ilmiah Nature ini pun menyita perhatian media internasional. Hong Kong menempati urutan pertama paling “rajin” berjalan kaki dengan rata-rata 6,880 langkah per hari, sementara rata-rata langkah kaki di dunia adalah 4,761 langkah per hari. Tapi beneran Indonesia paling “malas”, nih?

10. 20 Pilihan Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Suka Berbicara dan Punya Bakat Public Speaking

10

Bukan hanya jurusan Komunikasi aja lho, yang cocok untuk kamu yang suka berbicara dan berbakat public speaking. Banyak jurusan lain yang bisa kamu pilih, termasuk prodi Sains dan Teknologi.

…Ah, yang bener?

Iya, dong. ada banyaaak banget pilihan jurusan untuk kamu yang jago ngomong dan bakat publick speaking, yang nggak cuma berada di rumpun sosial humaniora aja. Jurusan-jurusan seperti Kedokteran dan Keperawatan juga ternyata bisa masuk dalam pertimbanganmu ketika memilih jurusan!

(sumber gambar: toneworksmusictherapy.com, chirpstory.com, sbmptn.ac.id, stuff.co.nz, artofthestart.com, inspirationalsteve.com, verateller.com, 16personalities.com, speechworkshop.com, youthmanual)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1