Youthmanual Weekly: Gap Year Versi Anak SMK, Media Sosial dan Kesehatan Mental, Sampai Wacana Pelaksanaan UN Dimajukan ke Februari 2018

Gaes, udah tahu kalau ada wacana pelaksanaa Ujian Nasional (UN) tahun 2018 mendatang bakal dimajukan ke bulan Februari, belum?

Belum tahu? It’s okay, nggak perlu panik. Minggu ini, Youthmanual membahas lengkap seputar isu terbaru UN 2018 dan hal apa yang harus kamu lakukan (sebagai anak kelas 12 yang baik dan benar) untuk mengantisipasinya. Selain itu, ada juga artikel-artikel nggak kalah ketje seperti infografik mengenai pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental anak muda dan pilihan kegiatan terbaik untuk kamu anak SMA yang memutuskan untuk menjalani Gap Year tahun ini atau tahun-tahun selanjutnya.

Simak rangkuman artikel pilihan nan hitz (yang tentunya juga menambah wawasanmu) di Youthmanual Weekly. Untuk membaca artikel lengkapnya, silakan klik judul, ya!

Pilihan Gap Year Paling Tepat untuk Anak SMK Sebelum Melanjutkan Kuliah: Bekerja, Yuk!

1

Gap year, tuh, nggak melulu soal apa yang dilakukan anak SMA yang masih bingung dengan masa depannya aja, lho. Anak SMK pun pastinya juga ada yang merasakan hal yang sama, dan bisa banget memilih opsi gap year untuk memantapkan diri mau dibawa kemana ilmu pengetahuan dan kemampuan yang kamu miliki sebagai anak SMK ini. Aih.

Belajar dari pengalaman dan beberapa wawancara dengan para alumni SMK, sudah seharusnya anak SMK memutuskan untuk mengambil gap year. Dan pilihan yang paling tepat untuk mereka adalah… BEKERJA. Kenapa? Soalnya selain mewujudkan tujuan SMK itu sendiri, ternyata banyak manfaat mengisi gap year dengan bekerja. Baca di sini berbagai keuntungan dan keseruannya!

6 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik yang Bisa Kamu Ambil di Bidang Pendidikan

2

Barangkali ada diantara kamu yang punya passion besar di di bidang tapi masih ragu untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang ini. Soalnya, bidang pendidikan seringkali dianggap nggak memiliki prospek yang menjanjikan karena pilihan kariernya yang “mentok” sebagai guru.

Duh, padahal nggak, kok.

Saat ini, bidang pendidikan di Indonesia membutuhkan “angin segar”, gaes. Negara kita butuh banget anak-anak muda yang kreatif dan inovatif untuk membentuk sistem pendidikan yang lebih efektif, efisien, dan pastinya mampu mengatasi masalah tingkat pendidikan berbagai daerah yang kurang merata. So, berikut pilihan 6 jurusan kuliah terbaik yang bisa kamu ambil di bidang pendidikan versi Youthmanual, yang tentunya juga memiliki prospek cerah.

Infografik: Media Sosial, Anak Muda, dan Kesehatan Mental

3

Di awal tahun 2017, Royal Society of Public Health (RSPH), London melakukan survei kepada 1.500 anak muda berusia 14-24 tahun dari seluruh penjuru Britania Raya. Survei yang bertajuk #StatusOfMind ini bertujuan untuk mengkaji tentang media sosial dan dampaknya terhadap 14 isu kesejahteraan dan kesehatan—khususnya kesehatan mental di kalangan anak muda.

Hasilnya cukup menarik nih, sob. Sebagian besar responden masih merasa media sosial lebih banyak memberikan dampak negatif pada kesehatan mental mereka. Dan yang paling bikin mencengangkan adalah… media sosial favorit kids jaman now (termasuk kamu) ternyata menyandang predikat sebagai platform media sosial dengan dampak paling buruk bagi kesehatan mental anak muda!

Hint: It's all about photo and stuff.

10 Hal Kecil Ini Menentukan Kamu Diterima Atau Gagal Saat Melamar Kerja

4

Adakah diantara kamu yang sedang ditengah-tengah usaha mencari kerja? Kalau ada, pastinya kamu nggak boleh melewatkan artikel satu ini.

Soalnya, pasti ada hal-hal kecil yang luput dari perhatian, namun bisa aja menentukan nasib kamu saat melamar kerja: diterima atau ditolak. Selain, CV, surat lamaran, portofolio, dokumen penunjang, serta performa wawancara, psikotes  dan tes, inilah yang jadi penilaian saat kamu saat melamar pekerjaan. Apa aja, tuh?

Mengantisipasi Wacana Ujian Nasional Dimajukan ke Februari 2018, Ini Hal yang Harus Dilakukan Anak Kelas 12 Dari Sekarang

5

Baru aja kemaren dibikin deg-degan sama isu seputar penerapan UN berbasis komputer (UNBK) secara massal dan format soal UN yang akan “divariasikan” a.k.a berbentuk esai, sekarang ada lagi isu mengenai wacana jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun depan akan dimajukan ke bulan Februari. Alamaak!

Emang, sih, belum ada sumber resmi yang mengkonfirmasi isu ini, Tapi, sebagai anak kelas 12 yang mampu merancang masa depannya dengan baik dan benar, tentu nggak ada salahnya jika kamu berinisiatif untuk mengambil langkah antisipasi dari sekarang. Daripada panik sendiri mikirin 4 bulan lagi mau UN, ada baiknya kalau kamu melakukan hal-hal berfaedah ini mulai dari sekarang juga.

(sumber gambar: navarrocollege.edu, halseynews.com, gethiredrdh.com, dreamersradio.com)

LATEST COMMENT
Dwi Prasetyo Wijanarko | 8 jam yang lalu

Aturannya cuma buat tahun ini kaaan gara gara darurat dan tesnya cuma tps doang kan?... Aku smk teknik rencana mau linjur taun depan. Kalo dah terlanjur belajar soshum trus gabisa daftar kan ya monangees

Lintas Jurusan SBMPTN 2020: IPS Sulit Ambil Saintek, IPA Bebas Pilih Prodi
Fiki Roudhotul | 1 hari yang lalu

anak ipa mau ambil psikolog, peluangnya dikit ya?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Novi Yani | 1 hari yang lalu

Hai, bantu Jawab. Setau ku buat daftar jalur mandiri harus ada nilai utbk sbmptn, jadi jika tidak ikut maka tidak bisa

Info Lengkap Seleksi Mandiri ITB 2020
ucianraini ang | 1 hari yang lalu

beneran bisa campuran ya kak? aku pil.1 saintek pil. 2 soshum, aku dari ips

Lintas Jurusan SBMPTN 2020: IPS Sulit Ambil Saintek, IPA Bebas Pilih Prodi
Imeldara Imelda | 1 hari yang lalu

Kak saya jurusan IPA bisa ambil jurusan manajemen apa tidak kak???

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1