Menu

Infografik: Media Sosial, Anak Muda, dan Kesehatan Mental

Pada awal tahun 2017 Royal Society of Public Health (RSPH), London melakukan survei kepada 1.500 anak muda berusia 14-24 tahun dari seluruh penjuru Britania Raya. Survei yang bertajuk #StatusOfMind ini bertujuan untuk mengkaji tentang media sosial dan dampaknya terhadap 14 isu kesejahteraan dan kesehatan—khususnya kesehatan mental di kalangan anak muda.

Hasilnya cukup menarik nih, sob. Sebagian besar responden masih merasa media sosial lebih banyak memberikan dampak negatif pada kesehatan mental mereka. Meningkatnya level kecemasan dan depresi, cyber-bullying,  penurunan kualitas tidur, hingga soal body image adalah segelintir permasalahan yang berasal dari penggunaan media sosial.

Serunya lagi, survei ini juga mengurutkan media sosial mana yang memiliki dampak paling buruk bagi kesehatan mental anak muda. Tebak medsos apa yang mendapat predikat tersebut? Yep. It’s our favorite photo-sharing platform; Instagram.

Yuk, simak infografik berikut untuk tau lebih lanjut soal media sosial dan dampaknya bagi kesehatan mental kids zaman now.

Nah, sob, kalau menurut kamu gimana? Apakah setuju dengan hasil survey tersebut?

Kalau saya sih setuju, karena jika nggak digunakan dengan bijak, Instagram memang bisa jadi monster yang bisa menyerang insecurity kita tepat di titik terlemahnya. Sering liat ‘kan, banyak netizen yang meninggalkan komentar-komentar nggak sopan dan bahkan nggak senonoh di akun seorang public figure? Nah, begitu lah kira-kira gambarannya.

Kalau orangnya tahan banting menghadapi hal tersebut, tentunya ini bukan masalah besar. Tapi, bagaimana mereka yang nggak kuat? Dampaknya pasti bahaya banget. Nggak cuma bikin kepercayaan diri turun, tapi bisa juga orang itu jadi stress, depresi, dan bahkan di kasus-kasus terburuknya, kekejaman netizen bisa bikin seseorang menghabisi dirinya sendiri.

Maka itu, selain rekomendasi-rekomendasi yang sudah ditawarkan RSPH tadi, saya rasa penting juga bagi kita sebagai netizen untuk menjaga norma dan attitude di dunia maya. Ingat, meski akun medsosmu adalah milik pribadi, tapi platform media sosial sendiri adalah ‘tempat umum’ yang juga digunakan oleh banyak orang lain di seluruh dunia.

So, bijak-bijak dalam ber-medsos ya, guys! Saya yakin kok, jika digunakan dengan semestinya, media sosial akan bisa memberi lebih banyak dampak positif bagi hidup kita.

Baca juga:

LATEST COMMENT
Miltato | 16 jam yang lalu

apa bisa anak ipa masuk ke ilmu komunikasi?

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Nanda Abdullatif | 19 jam yang lalu

Setauku sttn bayar, tapi lebih murah dari ptn dan banyak beasiswa yang tawarkan

Ini Dia 7 Perguruan Tinggi Kedinasan Yang Nggak Kalah Kece Dari Perguruan Tinggi Negeri!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©