Exam Hacks: 18 Tips Belajar Anti-Mainstream Untuk Nilai Ujian yang Lebih Tinggi

Sudah mendekati akhir tahun nih, gaes. Nggak berasa ya? Tahun depan bakal banyak banget ujian yang harus kamu hadapi—apalagi kalau kamu adalah anak kelas 12. Mulai dari UN, Ujian Sekolah, SBMPTN, sampai Ujian Mandiri menanti kamu di ambang 2018.

Udah deg-degan? Tenang dulu, Youthmanual punya sepaket tips dan trik khusus nih buat kamu yang bakal menghadapi ujian-ujian besar di tahun depan. Tips-tips ini jika digabungkan dengan tekad belajar yang serius bakal meningkatkan rasa percaya diri kamu dalam mengerjakan soal-soal, dan membantumu untuk dapetin nilai yang lebih tinggi. Simak baik-baik ya!

H-30 Ujian

Mumpung masih sebulan lagi, yuk lakukan hal-hal di bawah ini untuk mempersiapkan mental dan otakmu dalam menghadapi ujian yang akan datang.

tips belajar sbmptn

* Belajar sambil dengerin musik emang trik yang jadul, tapi masih efektif untuk dilakukan. Tapi, biar waktu belajarmu nggak berubah jadi karaoke session, pastikan musik yang kamu dengerin itu bukan berupa lagu-lagu yang bisa dinyanyiin ya!

Coba dengerin soundtrack videogame atau musik-musik yang jadi scoring film deh, kedua jenis musik itu dipercaya membantu kamu untuk lebih fokus karena mereka dirancang memang sebagai musik pendamping.

* Udah coba teknik Pomodoro? Teknik ini membagi waktu belajar menjadi interval bernama “jendela kerja” selama 25 menit. Setelah 25 menit, “jendela kerja” ini berakhir, lalu diselingi interval waktu istirahat.

Baca lebih lanjut soal teknik pomodoro lebih lanjut di sini

* Kurangi konsumsi medsos! Kamu bisa menggunakan beberapa restriction apps yang berfungsi untuk mengontrol  frekuensi kamu buka medsos seperti: SelfControl, Cold Turkey, atau Freedom.

* Gunakan teknik Seinfield X untuk membentuk kebiasaan belajar. Komedian Jerry Steinfield, penemu dari teknik ini, terbiasa ‘memaksa’ dirinya untuk menulis 1 lelucon setiap harinya dengan 2 alat sederhana: kalender dan spidol merah.

Setiap hari, setelah ia menyelesaikan ‘tugas’ tersebut ia menyilang tanggalannya dengan spidol merah. Nah, motivasi untuk tetap melanjutkan rantai silangan merah itulah yang membantu kita untuk membentuk sebuah kebiasaan belajar. Nggak asyik banget ‘kan kalau rantainya bolong ditengah-tengah?

* Belajar sambil olahraga? Kedengarannya mungkin aneh, tapi penelitian telah membuktikan bahwa hal ini ternyata efektif lho untuk meningkatkan daya ingat dan memahami materi! Yang perlu diperhatikan di sini adalah intensitas dari olahraga yang dipilih, maka itu olahraga ringan jadi pilihan yang paling tepat. Lari di treadmill atau ‘gowes’ di sepeda statis sambil baca buku bisa kamu coba nih, gaes!

* Ganti suasana belajarmu yuk! Dalam sebuah penelitian tentang psikologi kognitif yang dilakukan oleh Robert Bjork, didapatkan hasil bahwa mahasiswa yang mempelajari kata-kata baru di dua tempat yang berbeda mampu mengingat 20% lebih banyak kata-kata daripada mereka yang hanya melakukannya di satu ruangan.

Tapi, ada yang harus kamu perhatikan nih pada poin ini. Hindari belajar di atas kasur atau sofa yang terlalu empuk, karena dua tempat ini berpotensi bikin kamu ngantuk dan ujung-ujungnya malah nggak jadi belajar.

H-1 Ujian

Besok ujian? Jangan panik! Kamu bisa menerapkan tips-tips ini untuk menenangkan diri agar nggak nervous nanti di hari H.

tips sbmptn

* Nonton video-video lucu terbukti bisa meningkatkan kemampuanmu untuk fokus. Jadi, kalau kamu penat belajar, inilah saatnya buat mengeluarkan koleksi video kucing main air atau anak anjing lucu di hard disk-mu.

* Konsumsi protein! Otak kita membutuhkan asam amino untuk bekerja mentransfer informasi, dan salahsatu cara untuk mendapatkan asupan asam amino yang memadai adalah dengan mengkonsumsi protein.  Telur, daging asap, oatmeal, dan keju, bisa kamu masukkan ke menu makananmu untuk meningkatkan kinerja otak jelang ujian.

* Buat checklist barang-barang apa aja yang harus kamu bawa di hari H ujian. Nggak lucu banget ‘kan kalau pas kamu datang ke lokasi ujian esok hari, taunya kamu lupa membawa pensil 2B atau bahkan kartu peserta?

* Hindari belajar dengan Sistem Kebut Semalam, apalagi kalau ujian yang akan kamu hadapi adalah ujian-ujian berat sekelas SBMPTN dan UN. H-1 ujian adalah waktunya otakmu istirahat agar materi-materi yang udah kamu pelajari dari jauh-jauh hari bisa lebih meresap dan nggak menguap kemana-mana karena ditambah asupan materi baru.

* Kalau kamu masih belum yakin, kamu bisa membaca-baca sedikit di pagi hari sebelum ujian. But that’s it. Jangan terlalu memaksa otakmu untuk bekerja keras dalam waktu se-sempit ini.

* Pastikan kamu mendapat waktu tidur yang cukup karena ini dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk fokus dan mengurangi stress. Selain itu tidur yang cukup juga bisa menjaga stabilitas mood, meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif otak, So, jangan begadang ya—apalagi kalau tiada artinya.

* Tidur yang cukup memang penting, tapi ingat kamu tetap harus bangun pagi biar nggak terlambat masuk ruang ujian. Apalagi kalau kamu anaknya susah banget bangun pagi, pastikan kamu memasang alarm berlapis di ponsel agar tetap bisa bangun tepat waktu dan nggak panik duluan gara-gara kesiangan.

Hari H Ujian

It’s here! Ujian yang sudah kamu persiapkan dari jauh-jauh hari akhirnya datang juga. Ini hal-hal yang perlu kamu lakukan agar makin lancar dalam mengerjakan soal:

tips belajar sbmptn

* Lakukan Brain Dump. Sebelum masuk masuk ke ruang ujian, tuliskan semua materi yang udah kamu hafalkan sebelumnya di atas sebuah kertas. Ini bakal menjaga informasi yang udah kamu simpan tetap fresh dan membuat otak kamu nggak ‘sesak’.

Tapi, kertasnya jangan dibawa masuk ke ruangan, ya. nanti bisa-bisa kamu terciduk sama pengawas gara-gara dikira bawa contekan.

* Makan permen karet dipercaya bisa membuat kamu lebih fokus. Sekiranya memungkinkan, kamu boleh banget nih mengunyah permen karet sambil mengerjakan soal-soal ujianmu.

* Kalau soal ujianmu pilihan ganda, coba deh untuk memprediksi jawaban sebelum melihat option yang tersedia. Sebenernya ini nggak mengurangi kemungkinan jawaban kamu salah, tapi kalau ternyata jawaban prediksimu itu benar ada di option, ‘kan lumayan kamu jadi bisa menghemat waktu pengerjaan meski hanya semenit-dua menit.

* Posisi duduk ternyata berpengaruh lho terhadap kondisi psikologis kamu selama ujian. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Harvard, posisi duduk yang tegak selama ujian bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri dalam mengerjakan soal.

* Ngerasa nggak kalau habis mikir keras, kamu pasti laper? Nah, hal ini terjadi karena setelah dibawa berpikir keras memecahkan soal-soal yang sulit, otakmu mulai kehabisan “bahan bakar” glukosanya. Maka itu, di hari H ujian, kamu bisa banget nih bawa bekal berupa permen yang bisa kamu konsumsi ketika jeda antar mata ujian berlangsung.

* Last but not least, don’t forget to take a deep breath. Kalau kamu anaknya gampang nervous coba deh untuk menarik napas selama 3-5 detik, dan menghembuskannya selama 8-12 detik. Teknik ini membantu kamu untuk menenangkan syaraf-syaraf kamu yang tegang dan membuat kamu lebih relaks sebelum masuk ruangan.

Baca juga: 

(sumber gambar: pinterest.com, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1