Jurusan Kekinian di Bidang Ekonomi dan Bisnis yang Wajib Kamu Ketahui!

Gaes, jurusan di bidang Ekonomi dan Bisnis yang memiliki prospek kerja cerah bukan cuma Akuntansi dan Manajemen aja. Banyak banget jurusan-jurusan lain yang nggak kalah kece dan menjanjikan di bidang ini. Dan jangan salah, jurusan-jurusan berikut juga muncul akibat perkembangan zaman, jadi nggak perlu khawatir soal prospek kerjanya.

Apa aja sih jurusan-jurusan seru di bidang Ekonomi dan Bisnis yang bisa kamu pilih di dunia kuliah nanti?

1. Pemasaran Digital 

Marketing atau pemasaran konvensional biasanya mengharuskan kita untuk bertemu dengan banyak orang, tapi pemasaran yang akan dipelajari di jurusan yang satu ini berbeda.

Yup, Pemasaran Digital, seperti namanya akan mempelajari cara-cara mempromosikan sebuah brand melalui media digital yang mampu menjangkau konsumen secara tepat, cepat, personal, dan relevan. Jurusan ini termasuk langka lho di Indonesia dan hanya ada satu universitas yang menyediakannya, yaitu Sampoerna University. Padahal, profesi digital marketer adalah salah satu pekerjaan yang lagi banyak banget dicari oleh berbagai perusahaan. Nah, kalau kamu tertarik mempelajari dunia marketing sekaligus memperdalam pengetahuan akan teknologi, cocok banget deh masuk jurusan ini!

Oh ya, serunya lagi, jika kamu mengambil jurusan Pemasaran Digital di Sampoerna University, kamu bisa memilih untuk mengikuti program double degree—which is, kamu akan mendapatkan gelar dobel ketika lulus nantinya. Untuk jurusan ini, Sampoerna University sendiri telah bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat. Seru banget nggak sih, gaes?

2. Kewirausahaan 

Profesi sebagai seorang pengusaha lagi in banget nih di kalangan anak muda! Siapa yang nggak mau berbisnis dan menjadi bos bagi diri sendiri—bahkan orang lain?

Nah, sekarang kamu bisa lho belajar tentang serba-serbi berwirausaha di bangku kuliah. Yup! Di jurusan Kewirausahaan, kamu akan diajarkan mulai dari mencari gagasan, melakukan perencanaan, hingga menjalankan usaha. Ilmu dasar kewirausahaan mencakup model bisnis, teori inovasi, perencanaan bisnis, penanganan risiko, investasi dan pendanaan, negosiasi dan legalitas bisnis, perintisan bisnis, dan pengembangan bisnis.

Sama seperti Pemasaran Digital, salah satu kampus terbaik yang memiliki jurusan Kewirausahaan adalah Sampoerna University. Tertarik?

3. Branding 

Jurusan lain yang seru untuk dipelajari di bidang Ekonomi dan Bisnis adalah Branding. Branding adalah kegiatan untuk mengkomunikasikan suatu brand atau merk agar dikenal oleh masyarakat, dan membentuk impresi yang membuat suatu produk atau merk tertentu berbeda dengan produk atau merk serupa lainnya.

Di program studi Branding, kamu akan mempelajari seluruh elemen branding, mulai dari mendesain logo, membuat tagline, mendesain kemasan, jingle, pengiklanan, hingga riset ke masyarakat untuk mengetahui sejauh mana proses branding ini berhasil yang diukur dari bagaimana tanggapan masyarakat terhadap brand tersebut.

4. Green Economy 

Belajar Ekonomi dengan perspektif lingkungan? Emang bisa?

Ya bisa lah, masa ya bisa dong!

Hehe. Nih, gaes, kenalan nih dengan jurusan Green Economy merupakan pengembangan dari ilmu Ekonomi Pembangunan yang menerapkan prinsip berkelanjutan (sustainability). Jadi, Green Economy menerapkan prinsip pembangunan daerah/negara yang tidak hanya mengandalkan sumber daya alam dengan melakukan eksploitasi terus-menerus, dan kegiatan pembangunan yang ramah lingkungan. Dalam studi Green Economy, kegiatan perekonomian lebih mengutamakan kegunaan jangka panjang dibandingkan keuntungan semata, yang tentunya mempertimbangkan faktor lingkungan.

Jadi, buat kamu yang suka ekonomi sekaligus concern dengan lingkungan, jurusan ini bisa banget kamu pertimbangkan.

5. Bisnis Digital 

Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat bergantung pada teknologi. Tercatat pada 2020 nanti transaksi e-commerce di Indonesia bisa melampaui 130 milliar dollar atau 1.755 triliun. Tentunya ini peluang yang besar banget untuk mulai terjun ke dunia bisnis digital. Tertarik untuk belajar lebih lanjut mengenai serba-serbi membangun dan mengelola sebuah bisnis digital? Sekarang ada jurusannya lho!

Yes. Jurusan Bisnis Digital. Baru dibuka tahun ini, Jurusan Bisnis Digital bertujuan untuk merespon kebutuhan global zaman sekarang atas praktisi bisnis yang juga memahami seluk beluk teknologi digital. Selain itu, prodi ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan start up digitalmarket placebig data, hingga artificial intelligence.

 

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 27 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1