Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Menonton Film

Oleh Nisa Istiqomah

Waktu kuliah, saya punya teman yang jago banget berbahasa Inggris. Saking jagonya, bahasa Inggrisnya selancar bahasa Indonesianya, lho.

Saya jadi penasaran, apa, sih, rahasianya? Sampai suatu ketika, saya melihat dia nonton film sambil menirukan dialog dari film tersebut. Katanya, dia sering melakukan hal ini. Hmmm... ternyata belajar bahasa Inggris juga bisa lewat film, ya.

Sejak itu, saya pun mulai mencontek metode teman saya itu.

Nah, kalau kamu juga tertarik belajar bahasa Inggris lewat film, saya mau sharing beberapa langkahnya, nih, supaya “proses belajar” kamu efektif meningkatkan skill, dan kamu nggak sekedar hanya nonton.

1. Ganti subtitle bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris

Mungkin kamu sudah terbiasa nonton film dengan subtitle bahasa Indonesia, agar kamu bisa paham betul dengan jalan ceritanya (by the way, kamu bisa download aneka subtitle film di subscene.com, ya).

Nah, sekarang coba, deh, tonton film—yang sudah pernah kamu tonton sebelumnya, dengan subtitle bahasa Indonesia—dengan subtitle bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu akan belajar pengucapan berbagai kata dalam bahasa Inggris, terutama kata-kata yang jarang kamu dengar dalam percakapan standar sehari-hari. Kamu juga jadi bisa memperbaiki pengucapan kata yang selama ini salah kamu ucapkan, karena kamu melihat contoh pengucapan dari sang aktor.

Selain itu, dengan membaca subtitle dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa mencatat kosakata yang belum kamu tahu artinya, lalu kamu cari tahu artinya setelah menonton.

2. Coba tonton film tanpa subtitle

Saat pertama kali mencoba nonton film Barat tanpa subtitle, mungkin rasanya seperti lost in space, ya. Bingung banget! Tapi jangan langsung menyerah ya, gaes, karena langkah ini adalah bagian dari pembelajaran kamu. Dengan menonton film tanpa subtitle sama sekali, otak kamu jadi dipaksa untuk memahami dialog tanpa bantuan.

Awalnya, mungkin kamu hanya sanggup menangkap 1-2 kata dalam satu kalimat. Nggak apa-apa, gaes. Kamu bisa ulang dialognya berkali-kali sampai kamu betul-betul paham apa yang dikatakan oleh sang aktor. Kamu juga bisa menggunakan earphone, supaya dialognya lebih jelas.

3. Terapkan cara yang sama untuk berbagai genre film

Film bergenre romantis biasanya lebih mudah dipahami, karena dialog-dialognya menggunakan kata-kata yang umum. Berbeda dengan film action atau science fiction yang seringkali menggunakan kosakata yang lebih formal atau spesifik.

Selain itu, dialog dalam film action juga seringkali nggak begitu jelas, karena bercampur dengan berbagai efek suara.

Artinya, setiap genre film akan memberikan kamu tantangan yang berbeda-beda. Kalau mau betul-betul meningkatkan skill kamu, rutin tonton film dengan genre yang beraneka macam ya, gaes.

***

Dengan menonton film, ternyata kamu nggak hanya bisa terhibur, tetapi juga belajar. Jangan lupa, langkah-langkah ini bisa kamu praktekkan untuk film-film berbahasa asing lainnya, lho, nggak hanya bahasa Inggris.

Kamu punya tips belajar bahasa asing yang nggak kalah seru? Tulis di kolom komentar, ya!

(sumber gambar : forbes.com, wikipedia.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1