Jurusanku: Sistem Informasi Binus University, Kinandya Deryan

Sistem Informasi (Manajemen Informatika) termasuk jurusan yang banyak diminati, tapi orang masih sering salah kaprah dan menyamakannya dengan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Jadi, apa sih yang sebenarnya dipelajari di program studi Sistem Informasi? Kinandya Deryan yang mengambil studi S1 Sistem Informasi Di BINUS University  berbagi cerita mengenai jurusannya.

Jurusanku:

“Prodi Sistem Informasi mempelajari mengenai:

1. Akuntansi, yaitu bagaimana membuat jurnal penyesuaian, buku besar, neraca keuangan, laporan arus kas, laporan pemasukan, rekonsiliasi saldo bank, analisa laporan keuangan, dan lainya.

2. Statistika, yaitu belajar statistik deskriptif, peluang, analisis varian, regresi, korelasi, analisa kuantitatif, dan lainnya.

3. Merancang dan menganalisa sistem.

4. Topik terkait sistem informasi, seperti digital forensics, internet of things, dan sebagainya.

5. Programming.

Nah, lulusan prodi Sistem Informasi akan memiliki keahlian seperti menganalisa data dan sistem digital, membuat dan mengembangkan program, merancang website, mengelola data , mengelola dan menganalisa database, digital marketing, menganalisa SEO, hingga mengelola media sosial.”

Alasan memilih prodi ini:

“Sistem Informasi mengkolaborasikan informasi teknologi dengan aspek bisnis. Pada era serba digital ini, aktivitas pengguna internet semakin lama semakin meningkat, ditandai dengan berbagai platform website, aplikasi, atau software.

Namun awalnya, aku nggak sengaja itu mengambil prodi SI di BINUS University. Sebelumnya, aku ingin kuliah di PTN, tapi takdir berkata lain. Beruntung sekali, sebagai Binusian (mahasiswa BINUS University), aku memperoleh banyak koneksi (networking) dan menjalani berbagai aktivitas.”

mahasiswa binus

Mata kuliah yang menarik:

“Semua mata kuliah menantang, tapi ada mata kuliah yang menurutku paling pas untukku seperti Pengembangan Sistem Informasi, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Analisa dan Perancangan, serta  Sistem Informasi Lanjutan. Di ketiga mata kuliah tersebut, praktikum dan final project-nya, hanya membuat diagram dan membuat ilustrasi tabel. Maka, harus benar –benar membaca (serta memahami) soal dan studi kasusnya.

Selain itu, mata kuliah Object Oriented Programming. Saat praktikum, mahasiswa diminta membuat program komputer menggunakan Java.”

Peminatan prodi Sistem Informasi di BINUS University:

“Peminatan bisa dipilih pada semester 3, yaitu:

1. Applied ERP. Dalam peminatan ini ada dasar dalam mata kuliah System Analysis and Design, yang menjadi acuan untuk digunakan dalam sistem yang disebut SAP..

2. Applied Database. Peminatan ini menggunakan modul Oracle G series. Dibutuhkan pengetahuan dari mata kuliah Algorithm and Programming dalam perkuliahannya.

3. Business Intelligence. Yang dipelajari serupa dengan peminatan Applied Database. Namun peminatan Business Intelligence lebih fokus pada pengelolaan data seperti data mining, text mining concept, rancangan database, datawarehouse, dan sebagainya.

4. E-business. Mempelajari bagaimana membuat website dengan interaksi semenarik mungkin. Peminatan ini cocok untuk mereka yang ingin masuk dunia startup seperti marketplace, e-learning, e-governance dan lainnya.

5. Strategic Information Systems. Dipelajari bagaimana modul sistem informasi dapat terintegrasi dan menjadi sebuah keunggulan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut.”

Prodi yang memiliki kempiripan dengan Sistem Informasi:

“Teknik Informatika. Bedanya, Teknik Informatika lebih menekankan pada logika berhitung dan analisa berhitung.

Sistem Informasi juga memiliki kemiripan dengan prodi Manajemen. Namun manajemen di prodi Sistem Informatika hanya sekadar penerapannya pada teknologi informasi. “

Tantangan kuliah di prodi Sistem Informasi:

“Kebetulan latar belakang aku adalah IPS di SMAN 30 Jakarta. Untuk bebrapa mata kuliah aku agak kaget dan merasa nggak nyambung, seperti mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman. Jadi, tantangannya harus belajar lagi.

Saran aku, bagi yang mengalami hal serupa (dari IPS masuk jurusan teknologi/teknik), coba ikut UKM yang mendukung perkuliahan atau kegiatan mentoring seperti BSLC. Atau bisa juga ikut kursus tambahan di luar kampus.”

Bidang pekerjaan lulusannya:

“Untuk karir, lulusan Sistem Informasi bisa menjadi seorang analis bisnis, analis program, analis sistem, perancang sistem, konsultan (teknologi informasi), IS strategic, hingga menjadi CIO (Chief Information Officer) yang setingkat dengan CEO.

Namun jika ingin merambah dunia startup, bisa menjadi founder atau co-founder dan menduduki posisi CEO, CTO/CIO, CMO, COO di startup yang dimulainya. Aku sendiri berencana merintis usaha, dan baru lulus program S2 Magister Manajemen di BINUS University.”

Perbedaan Sistem Informasi di BINUS University dengan di kampus lain:

“Di BINUS University, mahasiswa Sistem Informasi lebih diarahkan menjadi entreprenur di bidang teknologi, atau technopreneur. Di kampus, diajarkan mengenai teori entrepreneurship, membuat business plan sampai eksekusi ke konsumen.”

Pengalaman kuliah di BINUS University:

Benefit-nya banyak. Di antaranya, banyak banget program yang bisa diikuti, seperti bergabung dengan komunitas dan UKM.

Aku sendiri adalah salah satu alumni BSLC (Binus Studies Learning Club). Bagi mahasiswa yang merasa kesulitan dengan materi kuliah, bisa bergabung di situ. Akan ada mentor (senior) yang bisa mengarahkan dan memberikan solusi. Di sana, aku pernah menjadi mentee, mentor, dan terlibat di kepengurusan BSLC. Aku juga bergabung di BNCC (Bina Nusantara Computer Club), semacam UKM komputer, di sini banyak belajar praktek dari perusahaan-perusahaan.

Kelebihan lain dari Binus University yang aku rasakan adalah  adanya kesetaraan, baik senior maupun junior. Saat orientasi, Binus University nggak mengadakan ospek, melainkan program pembentukan karakteristik dan kepemimpinan.

Di kelas, semua bahan kuliah menggunakan bahasa Inggris. Namun, nggak harus selalu berbicara dengan bahasa Inggris, kok.”

Pesan untuk anak muda yang ingin mengambil prodi Sistem Informasi:

Saranku, pilih teman yang berkualitas (di bangku kuliah), seperti teman yang kutu buku, menyukai duduk di depan, dan sebagainya. Karena berdasarkan pengalaman, akan agak susah memahami materi kuliah Sistem Informasi kalau duduk dibelakang.

Selain itu, lakukanlah hal yang terbaik dalam menciptakan inovasi dan juga transformasi yang berkelanjutan.

Terakhir, janganlah berhenti dan takut bermimpi besar, suatu saat mimpimu pasti terjawab dengan sendirinya, hehehe.”

Baca juga:

(sumber gambar: dok. pribadi)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 27 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1