Pejuang SBMPTN: Iffahra Nazhmiyati, Bisnis Islam Universitas Indonesia

Dalam seri Pejuang SBMPTN, kamu bisa mendapatkan tips dan trik lulus SBMPTN dari mereka yang sudah melaluinya. Kali ini, yuk simak cerita Iffahra yang berhasil menembus SBMPTN dengan pilihan program studi Bisnis Islam Universitas Indonesia!

Gaes, meet Iffahra Nazhmiyati, pejuang SBMPTN kita minggu ini yang berhasil menembus jurusan Bisnis Islam Universitas Indonesia meski ia berasal dari jurusan IPA di SMA.

Sulitnya mengejar materi hingga dijauhi oleh teman-teman IPS pernah dialami oleh Iffahra selama perjalanannya menyiapkan diri untuk SBMPTN. Tapi, apa dengan itu dia menyerah? Oh, tentu nggak! Yuk simak obrolan Youthmanual dengan Iffahra yang membocorkan pengalamannya menjadi pejuang SBMPTN hingga bisa masuk ke jurusan yang menjadi impiannya kini.

Halo Iffahra! Boleh diceritain nggak gimana awalnya kamu memilih prodi Bisnis Islam pas SBMPTN?

“Hai! Oke, jadi cerita sedikit, dulu tuh aku IPA dan pengen masuk psikologi. Tapi, setelah aku research ternyata psikologi yang saintek tuh cuma Universitas Padjadjaran sama Universitas Sebelas Maret kalo nggak salah. Mau nargetin UNPAD tapi aku ngerasa nggak sanggup, soalnya selain passing grade-nya mepet FK akunya juga kayak udah nyerah gitu sama pelajaran IPA.

Setelah berbagai pertimbangan, nyari info sana-sini, dan ada semacam “panggilan hati” gitu akhirnya aku mantep untuk milih Psikologi UI di pilihan pertama terus Bisnis Islam UI di pilihan kedua. Sementara pilihan ketiganya aku pasrahin aja sama ortu dan wali kelas di bimbel, jadinya aku taro Antropologi UNPAD. Ini otomatis bikin aku langsung pindah haluan dari saintek ke soshum.

Awalnya aku nggak tau samasekali apa itu prodi Bisnis Islam, belajarnya tentang apa. Terus aku akhirnya nanya ke kakak kelas aku yang di FEB UI; mending Bisnis Islam atau Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah), dan dia bilang mending pilih Bisnis Islam aja karena lingkupnya nggak terlalu luas.

By the way, aku udah nentuin pilihan ini kayak dari 4 atau 5 bulan sebelum SBMPTN gitu haha jadi biar waktu persiapannnya bisa lebih banyak.”

Nah, kamu ‘kan lintas jurusan nih berarti, persiapan belajar apa aja sih yang kamu lakukan untuk menghadapi SBMPTN ini?

“Hmm jadi aku tuh belajar soshum mulai bulan Januari, terus yaa gitu lah ngikutin silabus dari bimbel sama ikut sesi intensif selama satu bulan sebelum SBMPTN. Semuanya dijalanin gitu aja sih, tapi kalo waktunya intensif buat UN, USBN, dan ujian-ujian sekolah lainnya, ya aku kesampingin dulu pelajaran soshumnya dan berubah lagi jadi anak IPA. Haha.

Untuk kiat belajarnya sendiri aku sih dengan cara ngelengkapin catetan selengkap-lengkapnya sambil ngerjain modul semua mata pelajaran soshum. Terus aku cari mata pelajaran yang paling mungkin dikejar dan aku  mantepin sampe bener-bener paham. Misalnya sejarah, ‘kan di IPA belajar juga tuh paling tinggal nambah materi yang belom. Aku juga kencengin belajar Sosiologi karena nggak tau kenapa aku kayak gampang aja memahami pelajaran itu.

Cara aku mantepin materinya itu pake latihan soal. ‘Kan di awal udah nyatet mater-materinya tuh nah abis itu kita latihan soal deh sampe paham. Oh iya, jangan lupa perbanyak diskusi sama orang, baik itu guru, anak IPS-nya sendiri, atau anak-anak sesama lintas jurusan.”

Terus, kendala apa aja sih yang kamu rasain sebagai seorang pejuang SBMPTN lintas jurusan selama proses belajar ini? Dan apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kendala itu?

“Kendala paling utama itu sih pikiran yang kebagi dua; belajar soshum buat SBMPTN, dan belajar IPA buat UN dan ujian-ujian akhir.

Terus aku juga ngerasa kekurangan bahan catetan. Kadang, kalo aku minta catetan ke anak IPS-nya langsung mereka kayak pelit gitu—susah dimintain catetan atau ditanya-tanya. Apalagi kalo pilihan jurusan dan universitas kita sama kayak mereka. Beuh, itu malah dijauhin kitanya.

Nah, siasatku kalo soal bahan catetan ini akhirnya aku cari-cari dari sumber lain. ‘Kan masih ada guru tuh di sekolah, jadi bisa lah tanya-tanya materi sedikit. Terus di bimbel juga ‘kan ketemu anak-anak dari sekolah lain juga, jadi ya bisa lah ketemu 1-2 orang yang klop buat diajak belajar bareng.

Di sekolah sebenernya juga ada yang sama-sama lintas jurusan, dan kadang kita juga suka ngobrolin soal pelajaran soshum bareng-bareng.

Kalo soal UN dan ujian-ujian akhir lain, aku memotivasi diri aku dengan terus ngingetin diri aku sendiri bahwa sebodoh-bodohnya aku, aku nggak akan nggak lulus ujian itu. Soalnya ‘kan udah 3 tahun selama SMA belajar IPA terus, keterlaluan kalo nggak ada materi yang nyangkut samasekali. Haha.”

Kamu ada pengalaman unik nggak selama mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN?

“Pengalaman uniknya tuh waktu intensif SBMPTN di bimbel sih. Jadi yang sekelas sama aku tuh rata-rata baru mulai kepikiran buat lintas jurusan sebulan sebelum SBMPTN ini ‘kan, nah sedangkan aku udah sekitar 4-5 bulan lebih awal jadi mereka sering banget nanya-nanya ke aku. Lucu deh, serasa paling pinter gitu padahal hasil TO aku aja masih pas-pasan. Haha”

Apa pesan-pesan dan tips and trick kamu untuk para pejuang SBMPTN berikutnya, berdasarkan pengalaman kamu yang udha berhasil lolos SBMPTN?

“Yang pasti sih mantepin dulu tujuannya mau kemana, biar punya target untuk ngukur effort kita udah cukup atau belum untuk bisa lolos ke jurusan itu. Terus kalo persiapannya sendiri sebenernya bisa dimulai dari kapan aja sih—mau sebulan sebelumnya, mau abis UN baru nyiapin, atau dari awal kelas 12, itu mah bebas yang penting saat hari H nanti target progress-nya udah sesuai sama pilihan yang dipengenin.

Ah iya, aku juga nyaranin kalian untuk hapus instagram, snapchat, atau apapun itu media sosial yang kalian punya. Nggak perlu lah update-update udah sejauh apa effort kamu, atau se-stress apa kamu ngejalaninnya. Itu nggak ada gunanya sih dan nggak ada efeknya juga ke SBMPTN nanti. Lagian ‘kan nggak ada mata ujian “How to make a good story on instagram”. Hehe.

Agak aneh sih, tapi menurut aku proses tuh belum pantes aja untuk diumbar-umbar, dan orang-orang pun sebenernya lebih peduli sama hasilnya. So, jalani aja tiap prosesnya, dan kejar target pilihannya. Pamernya bisa belakangan.”

***

Itu dia tadi cerita dari Iffahra. Kamu pejuang SBMPTN dan punya pengalaman yang nggak kalah seru selama mempersiapkan diri untuk ikutan tes masuk universitas yang satu ini? Yuk bagikan kisahmu di sini, dan jadilah inspirasi untuk ribuan pejuang SBMPTN lainnya!

(sumber gambar: dok. pribadi)

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1