Profesiku: Human Capital, Rachma Arofani

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi Human Capital bareng Rachma Arofani.

Apa sih, pekerjaan seorang Human Resources? Rachma Arofani Human Capital/ Spesialis Sumber Daya Manusia dari PriceWaterhouseCoopers Indonesia (PwC) membagi pengalamannya. Rachma merupakan alumni SMAN 28 Jakarta dan lulusan jurusan PsikologiUniversitas Indonesia

Profesiku:

“Sebagai Human Capital di PwC. Human Capital (HC) itu sama saja dengan Human Resources (HR), hanya berbeda sebutan aja. HC atau HR merupakan bagian dari organisasi yang berfungsi mengatur semua aktivitas yang terkait kepegawaian. Tujuannya, membantu mencapai target organisasi."

Tugasku sehari-hari:

“Menangani hal-hal yang terkait dengan staf di perusahaan. Ada beberapa area yg di-handle, antara lain:

1. Rekrutmen, termasuk on-boarding activity (merekrut pegawai masuk ke perusahaan), pengembangan pegawai (misalnya, pelatihan pegawai), evaluasi performa pegawai, sampai off-boarding activity (mengeluarkan pegawai dari perusahaan)

2. Employee relation. Jadi, kalau pegawai perlu konsultasi mengenai hal-hal terkait kebijakan human capital/resources perusahaan, mereka bisa langsung tanya ke bagian HR/HC."

Modal yang diperlukan untuk menjadi seorang Human Capital:

“Biasanya, sih, lulusan jurusan Psikologi atau Manajemen Sumber Daya Manusia. Lulusan jurusan lain juga boleh, kok, bekerja di bagian HR/HC, asalkan dia punya pengalaman atau exposure di HR/HC.

Sebenarnya, kalau membahas (divisi) human capital/resources secara luas, HC/HR justru butuh staf dari berbagai latar belakang pendidikan, lho, selain Psikologi atau Manajemen Sumber Daya Manusia.

Contohnya, divisi HC/HR System perlu orang yang punya background teknis, misalnya lulusan Teknik Informastika atau Sistem Informatika. Sementara divisi HC/HR Payroll (Gaji) justru perlu lulusan Akuntansi."

hrd

Tahapan untuk menjadi human capital:

"Tahapannya dimulai dari ketika kita baru lulus kuliah, dan mulai bekerja di bidang human capital. Kebanyakan lulusan Psikologi pertama kali mencoba bekerja sebagai recruiter, walaupun nggak selalu.

Setelah mulai meniti karir, kita juga bisa mulai membangun kemampuan spesifik (dalam bidang HC/HR) sesuai minat kita. Misalnya, di bagian Training, Kompensasi, atau Rekrutmen. Kita bisa juga jadi generalis, yaitu mengerti semua area HC/HR, namun nggak terlalu mendalam. Saya sendiri seorang staf HC yang generalis."

Prospek dan jenjang karier human capital:

"Prospek karir di HC/HR sebenarnya cukup oke. Di internal organisasi HR sendiri, pasti ada tangga kariernya, sampai mencapai level kepala departemen HC/HR.

Memang, kebanyakan orang menganggap HC/HR hanyalah bagian dari perusahaan yang mengurusi rekrutmen, karena saat seorang karyawan baru masuk perusahaan, bagian yang pertama kali ditemui, ya orang rekrutmen dulu.”

Saran untuk anak muda yang tertarik menjadi human capital:

"Pertama, ambil jurusan kuliah yang sesuai. Ingat, area HC/HR itu luas. Jadi kamu nggak harus kuliah jurusan Psikologi, kok. Jurusan lain juga bisa, asalkan kamu punya pengalaman di bidang human capital/resources.

Cara mendapatkan pengalamannya, misalnya, magang atau terlibat dengan proyek di HC/HR sejak kuliah. Trus, banyak-banyak membaca dan cari wawasan mengenai area di dalam HC/HR."

(sumber gambar: dokumentasi pribadi, conexus.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1