Profesiku: Human Capital, Rachma Arofani

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi Human Capital bareng Rachma Arofani.

Apa sih, pekerjaan seorang Human Resources? Rachma Arofani Human Capital/ Spesialis Sumber Daya Manusia dari PriceWaterhouseCoopers Indonesia (PwC) membagi pengalamannya. Rachma merupakan alumni SMAN 28 Jakarta dan lulusan jurusan PsikologiUniversitas Indonesia

Profesiku:

“Sebagai Human Capital di PwC. Human Capital (HC) itu sama saja dengan Human Resources (HR), hanya berbeda sebutan aja. HC atau HR merupakan bagian dari organisasi yang berfungsi mengatur semua aktivitas yang terkait kepegawaian. Tujuannya, membantu mencapai target organisasi."

Tugasku sehari-hari:

“Menangani hal-hal yang terkait dengan staf di perusahaan. Ada beberapa area yg di-handle, antara lain:

1. Rekrutmen, termasuk on-boarding activity (merekrut pegawai masuk ke perusahaan), pengembangan pegawai (misalnya, pelatihan pegawai), evaluasi performa pegawai, sampai off-boarding activity (mengeluarkan pegawai dari perusahaan)

2. Employee relation. Jadi, kalau pegawai perlu konsultasi mengenai hal-hal terkait kebijakan human capital/resources perusahaan, mereka bisa langsung tanya ke bagian HR/HC."

Modal yang diperlukan untuk menjadi seorang Human Capital:

“Biasanya, sih, lulusan jurusan Psikologi atau Manajemen Sumber Daya Manusia. Lulusan jurusan lain juga boleh, kok, bekerja di bagian HR/HC, asalkan dia punya pengalaman atau exposure di HR/HC.

Sebenarnya, kalau membahas (divisi) human capital/resources secara luas, HC/HR justru butuh staf dari berbagai latar belakang pendidikan, lho, selain Psikologi atau Manajemen Sumber Daya Manusia.

Contohnya, divisi HC/HR System perlu orang yang punya background teknis, misalnya lulusan Teknik Informastika atau Sistem Informatika. Sementara divisi HC/HR Payroll (Gaji) justru perlu lulusan Akuntansi."

hrd

Tahapan untuk menjadi human capital:

"Tahapannya dimulai dari ketika kita baru lulus kuliah, dan mulai bekerja di bidang human capital. Kebanyakan lulusan Psikologi pertama kali mencoba bekerja sebagai recruiter, walaupun nggak selalu.

Setelah mulai meniti karir, kita juga bisa mulai membangun kemampuan spesifik (dalam bidang HC/HR) sesuai minat kita. Misalnya, di bagian Training, Kompensasi, atau Rekrutmen. Kita bisa juga jadi generalis, yaitu mengerti semua area HC/HR, namun nggak terlalu mendalam. Saya sendiri seorang staf HC yang generalis."

Prospek dan jenjang karier human capital:

"Prospek karir di HC/HR sebenarnya cukup oke. Di internal organisasi HR sendiri, pasti ada tangga kariernya, sampai mencapai level kepala departemen HC/HR.

Memang, kebanyakan orang menganggap HC/HR hanyalah bagian dari perusahaan yang mengurusi rekrutmen, karena saat seorang karyawan baru masuk perusahaan, bagian yang pertama kali ditemui, ya orang rekrutmen dulu.”

Saran untuk anak muda yang tertarik menjadi human capital:

"Pertama, ambil jurusan kuliah yang sesuai. Ingat, area HC/HR itu luas. Jadi kamu nggak harus kuliah jurusan Psikologi, kok. Jurusan lain juga bisa, asalkan kamu punya pengalaman di bidang human capital/resources.

Cara mendapatkan pengalamannya, misalnya, magang atau terlibat dengan proyek di HC/HR sejak kuliah. Trus, banyak-banyak membaca dan cari wawasan mengenai area di dalam HC/HR."

(sumber gambar: dokumentasi pribadi, conexus.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Faris Nadhir | 1 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 14 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 22 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Fatimah Ibtisam | 22 hari yang lalu

Hai Ronny, kamu bisa mendaftar FSRD ITB apabila kamu mengambil program IPA atau IPS.

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
andi regina wulan lestary nadim | 26 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig : @reg.wulll_ bayar seikhlas nya, minat? DM

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1