Cagub Ahok, Anies Baswedan, Agus Yudhoyono, Serta Wagub DKI Jakarta 2017: Prestasi Akademik dan Fakta Seru Mereka

Jumat kemarin (23/9) tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI telah mendaftar untuk pilkada DKI Jakarta 2017: Basuki "Ahok" Purnama - Djarot, Anies Baswedan - Sandi Uno, serta Agus Yudhoyono - Syviana Murni.

Kabar baiknya adalah mereka pintar (minimal lulusan S2, cuy!), relatif muda, penuh semangat, dan (mudah-mudahan) amanat.

Yuk, kenalan dengan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta 2017 dari sisi akademik plus fakta-fakta seru tentang masa muda mereka.

Basuki Tjahaja Purnama

ahok

* Gubernur incumbent alias yang sedang menjabat tersebut, lahir dan besar di Belitung Timur. Namun pas SMA, beliau pindah ke Jakarta dan sekolah di SMA PSKD 3.

* Pak Ahok melanjutkan pendidikan ke Universitas Trisaktijurusan Teknik Geologi‍. Berbeda dengan putra sulungnya, Nicholas Purnama yang sekarang jadi maba Kedokteran Universitas Indonesia‍ 

* Pssst, sebenarnya Pak Ahok sempat masuk Fakultas Kedokteran di Universitas Kristen Indonesia‍, sesuai keinginan ayah beliau. Tapi karena nggak sesuai passion, jadi cuma bertahan 10 HARI AJA, dan memutuskan pindah haluan ke Fakultas Teknik.

Gara-gara, pindah dari FK sang ayah pun sempat nyuekin Pak Ahok selama 7 bulan, lho!

* Beliau banting setir dengan mengambil Magister Manajemen  di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mulya‍.

* Sejak muda Pak Ahok sudah relijius. Ia aktif di kegiatan gereja. Bukan aktif dugem, sob! Bahkan doi, ketemu sama Ibu Veronica, sang istri, karena sama-sama aktif di gereja.

Bagi kamu yang masih jomlo, mungkin sudah saatnya gabung di kegiatan keagamaan anak muda. Siapa tau, nemu jodoh kayak Pak Ahok. Hihihi!

Djarot Saiful Hidayat

djarot saifulah

* Pak Djarot ini adalah mantan anggota DPRD dari partai PDIP. Beliau adalah lulusan Universitas Brawijaya, Malang, di Fakultas Ilmu Administrasi.

* Selanjutnya, Pak Djarot meneruskan S2 di Universitas Gadjah Mada.

* Beliau sempat menjadi dosen di Universitas 17 Agustus Surabaya.

* Pak Djarot sebenarnya kelahiran Gorontalo, tapi pernah menjabat sebagai Bupati Blitar.

Anies Rasyid Baswedan

anies baswedan

* Aktivis pendidikan ini sudah aktif di OSIS sejak SMP. Waktu di SMAN 2 Yogyakarta Pak Anies malah sempat dikirim ke kongres ketua OSIS se-Indonesia, dan beliau terpilih menjadi ketuanya.

* Di SMA, beliau juga sempat ikutan pertukaran pelajar AFS ke Amerika Serikat selama setahun. Pak Anies merasa pengalaman ini sangat berharga dan memperluas wawasan. Oya, anak beliau, Mutiara Baswedan juga mengikuti jejaknya ikut pertukaran pelajar pas SMA.

* Tahun 1989, Pak Anies diterima di Fakultas Ekonomi UGM. Beliau termasuk mahasiswa yang “kura-kura” (kuliah-rapat, kuliah-rapat), soalnya ia sempat menjadi ketua senat UGM, dan aktif di organisasi mahasiswa islam. Nggak heran kalau Pak Anies muda jadi salah satu cowok idola. Ihiy!

* Beliau kemudian dapat beasiswa dari Fullbright untuk melanjutkan kuliah di University of Maryland, College Park mengambil bidang bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi. Kabarnya, Pak Anies termasuk salah satu mahasiswa berprestasi di sana.

* Ia kemudian meneruskan kuliah S3 di bidang Ilmu Politik di Northern Illinois University pada tahun 1999. Pak Anies, berhasil mendapat beasiswa Gerald S. Maryanov Fellow, penghargaan yang hanya diberikan kepada mahasiswa berprestasi.

Sandiaga Salahuddin Uno

sandiaga uno

* Pengusaha muda ini lahir di Pekanbaru, namun besar di Jakarta. Ia sekolah di SMPN 12 Jakarta dan SMA Pangudi Luhur, Jakarta.

* Pak Sandi Uno muda, dan sampai sekarang, sih, adalah cowok yang hobi olahraga basket dan anak pecinta alam.

* Beliau adalah lulusan Wichita State University, Amerika Serikat, dengan gelar Bachelor of Business Administration dan predikat summa cum laude. Kemudian ia meneruskan S2 di George Washington University, Amerika Serikat. Pak Sandi Uno lulus dengan IPK 4.00 ajahhh! Busyet, makannya apaan, Oom?!

* Waktu remaja, Pak Sandi Uno juga pernah jadi model majalah. Jiyeee!

Agus Harimurti Yudhoyono

* Siapa yang nggak nggak kenal Kak Agus, eh Pak Agus (hihihi, masih muda, sih!)? Dia adalah anak Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

* Lulus dari SMPN 5 Bandung, Pak Agus masuk ke SMA Taruna Nusantara. Itu lho, sekolah berasrama dengan pendidikan semi-militer. Di sana, ia menjadi ketua OSIS dan lulusan terbaik. Wih, satu lagi nih, anak muda yang membanggakan (dan bikin minder para cowok, hihihi).

* Ia kemudian masuk Akademi Militer Magelang, dan lagi-lagi lulus dengan predikat terbaik. Pak Agus sempat kuliah di National Technology University, Singapura dan Public Administration di Harvard University. Kuliahnya banyak juga, ya!

* Ia sempat ikutan berbagai misi militer, sebelum akhirnya terbang ke Amerika Serikat untuk kembali belajar. Di sana, Pak Agus mendapat dua gelar.

Pertama, dari US Army Command and General Staff College (CGSC), Fort Leavenworth, Kansas. Kedua, gelar Master  bidang Leadership and Management dari Webster University. Keduanya diraih Pak Agus dengan dengan IPK 4.00. Prok…prok…prok!

* Ia menikah dengan Annisa Pohan, model dan seleb yang juga punya pencapaian akademik cemerlang.

* Agus turut merintis berdirinya Universitas Pertahanan di Indonesia.

Sylviana Murni

sylviana murni

* Ibu Sylvi adalah seorang birokrat di Pemda DKI. Beliau sempat menjadi walikota Jakarta Pusat dan Deputi Gubernur bidang Pendidikan dan Pariwisata.

* Semasa muda, putri Betawi yang juga alumni SMAN 12 ini, aktif di karang taruna.

* Bu Sylvi muda juga terpilih sebagai None Jakarta, lho!

*Setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Jayabaya Jakarta. Kemudian  S2 Manajemen Kependudukan di Universitas Indonesia, Jakarta, serta S3 Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.

***

Kalau melihat “CV” 3 pasangan Cagub dan Cawagub DKI, saya jadi merasa bangga dan berharap siapapun yang terpilih bakal membawa Jakarta dan Indonesia jadi lebih baik.

Yang penting, kita sebagai anak muda, mesti jadi pemilih yang cerdas, sob! Jangan gampang terprovokasi, apalagi memprovokasi. Yuk, bareng-bareng jaga pilkada biar demokratis, damai, dan lancar jaya!

Baca juga:

(sumber gambar: viva.id, pojoksatu.com, rmol.com, tempo,com, mediajakarta.com, alchetron.com, millionaireasia.com, bintang.com, republika.co.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1