Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Politik, Yuk!

Apakah kamu seseorang yang menyukai ranah perpolitikan? Apakah kamu seseorang yang aware dengan perpolitikan di Indonesia? Dan, apakah kamu ingin terjun menjadi seseorang yang paham dengan ilmu perpolitikan, baik itu menjadi seorang politikus atau pengamat politik? Kalau jawabanmu adalah “iya” untuk semua pertanyaan ini, maka, kamu perlu lebih mengenal Program Studi Ilmu Politik lebih dekat, gaes!

Kamu harus tahu, nih, kalau Ilmu Politik merupakan disiplin ilmu tertua, lho, gaes.  Karena ilmu ini sudah muncul lebih dahulu dibandingkan disiplin ilmu lainnya, ilmu politik pastinya memiliki berbagai macam gagasan tentang perpolitikan, sistem negara, birokrasi dan sebagainya. Meskipun ilmu ini merupakan ilmu yang sudah lama hadir, akan tetapi, banyak gagasan-gagasan dari Ilmu Politik yang telah di update mengikuti zaman.

Nah, supaya lebih jelas, yuk tanya-tanya tentang Ilmu Politik dari salah satu alumni Program Studi Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, yaitu Axl!

Alasan Mengapa Memilih Program Studi Ilmu Politik?

Axl memilih Program Studi Ilmu Politik karena menurutnya Ilmu politik merupakan induk dari ilmu sosial setelah filsafat. Jadi, setiap grand theory dari ilmu sosial dapat dikaitkan dengan ilmu politik, misalnya nih, gaes, seperti ekonomi politik, politik sosiologis, komunikasi politik dan sebagainya.

Axl juga memilih untuk mempelajari Ilmu Politik karena menurutnya Ilmu Politik merupakan suatu ilmu yang sangat luas. Dengan Ilmu Politik, kamu tidak hanya belajar tentang negara, MPR, DPR dan sebagainya, akan tetapi kamu akan mempelajari tentang seni, relasi, kekuasaan, kepentingan dan juga sebab dan akibat.

Program Studi Ilmu Politik Belajar Apa Saja Sih?

prodi ilmu politik belajar banyak hal

Kata Axl, dengan bergabung di Program Studi Ilmu Politik, kamu akan mempelajari banyak hal, gaes. Sama seperti apa yang sudah dikatakan sebelumnya, Program Studi Ilmu Politik tidak hanya membicarakan tentang negara saja, lho. Dengan Ilmu Politik kamu dapat mempelajari tentang kehidupan sosial, ekonomi, agama dan yang terpenting adalah sistem pemerintahan, ideologi dan sebagainya.

Kerennya lagi, nih, gaes, Ilmu Politik memiliki banyak perspektif atau sudut pandang dalam melihat suatu fenomena perpolitikkan, baik itu dari sudut pandang per individu atau sudut pandang institusi. Dengan hal seperti ini, kamu pastinya memiliki banyak sekali sudut pandang ketika kamu mencoba untuk memahami suatu fenomena.

Program Studi Ilmu Politik Memiliki Kelebihan Apa Saja Sih?

Menurut penuturan dari Axl, Ilmu Politik merupakan suatu ilmu yang tentunya dapat digunakan di setiap aspek. Ketika kamu membicarakan tentang perekonomian, ilmu politik pun juga dapat dibahas dalam aspek perekonomian. Ketika kamu membicarakan tentang kehidupan sosial, ilmu politik itu, lagi-lagi, dengan mudahnya ada di dalam aspek kehidupan sosial.

Bahkan, nih, gaes, Axl memberikan contoh tentang bagaimana politik sangat dapat ditemukan di aspek kehidupan sosial. Axl memberikan contoh yaitu di dalam kehidupan percintaan. Aih, sedap. Kalau ngomongin tentang percintaan, nih, pasti kamu pernah merasakannya, kan? Terus dimana, sih, sebenarnya aspek politik dalam kehidupan percintaan?

adanya relasi kuasa dalam hubungan

Nah, menurut Axl, dalam kehidupan percintaan, nih, ketika seseorang menyukai orang lain maka disitu akan terjadi suatu proses perpolitikan, yaitu membuat relasi. Selain itu, kamu sering dong pastinya, mendengar istilah bucin? Iya, itu lho, budak cinta. Nah, jangan mikir yang aneh-aneh dulu, gaes. Dari fenomena tersebut ternyata tersirat aspek politik juga. Dari fenomena bucin a.k.a budak cinta, disitu kamu akan menemukan tentang kegiatan politik yaitu relasi kuasa. Wah, keren juga, ya, gaes, ternyata cinta-cintaan ada juga perpolitikannya.

Karena perpolitikan dapat ditemukan di setiap aspek kehidupan manusia, menurut Axl, nanti kamu akan terbiasa berpikir kritis dan tidak mudah tersulut oleh berita-berita hoax yang disebarkan dimanapun. Kamu juga nantinya bisa lebih kritis dalam menanggapi segala fenomena perpolitikan yang terjadi di negara ini.

Kalau Lulus dari Program Studi Ilmu Politik, Mau Jadi Apa Ya?

Nah, kalau kamu lulusan dari Program Studi Ilmu Politik, kamu bisa banget menjadi seorang Peneliti Politik, Wartawan, Dosen Ilmu Politik, Konsultan Politik bahkan marketing. Lah, kok, bisa jadi marketing? Well, menurut Axl, dengan bergabung di Program Studi Ilmu Politik, kamu akan belajar tentang cara berkomunikasi yang baik. nah, ketika kamu bekerja pada bagian marketing, komunikasi yang baik itu akan sangat berguna pada pekerjaan ini.

dengan ilmu politik akan menjadikan seseorang pandai berbicara

Ada saran, nih, gaes, dari Axl, dimana pun dan jurusan apapun kamu berkuliah, kamu tentu harus memperbanyak keahlianmu. Kalau kamu merupakan seseorang yang berkuliah di Program Studi Ilmu Politik, maka kamu harus memiliki banyak keahlian sehingga ketika kamu lulus, keahlianmu menjadi nilai tambah agar Ilmu Politik yang kamu punya lebih bersinar di mata para perusahaan.

Program Studi Ilmu Politik Ada di Perguruan Tinggi Mana Saja?

Karena Ilmu Politik merupakan suatu ilmu yang cukup digandrungi, maka banyak universitas-universitas yang menyediakan Program Studi Ilmu Politik. Berikut ini sepuluh perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Ilmu Politik pada program strata satu:

  1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 
  2. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 
  3. Universitas Airlangga 
  4. Universitas Hasanuddin 
  5. Universitas Indonesia 
  6. Universitas Jenderal Soedirman 
  7. Universitas Muhammadiyah Jakarta 
  8. Universitas Nasional 
  9. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya 
  10. Institut Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Jakarta 

***

Nah, kamu kan sudah tahu nih Program Studi Ilmu Politik tuh seperti apa. Apakah sekarang kamu berminat untuk belajar Ilmu Politik lebih lanjut, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: psmag.com, sleekarena.com, familyfirstqld.org.au, cio.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Maksudnya mengulang mata kuliah dengan nilai C+? Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan kampusmu. Untuk memastikan, konsultasi lah dengan pembimbing akademik.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Zanita Safitri | 3 hari yang lalu

Bismillah masuk farmasi

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Naufal Ganteng | 3 hari yang lalu

Sama gua juga ijin ke guru Dan guru nya izinin

Perlu, Nggak, Sih, Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah?
Siti Nur Halimah | 4 hari yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 5 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1